7 Cara Membersihkan Microwave Dengan Mudah, Agar Aman Dari Berbagai Bakteri dan Virus


Microwave adalah salah satu alat dapur yang hampir setiap orang memilikinya di dapur. Micowave juga berfungsi saat kita ingin memasak sesuatu yang instan seperti nasi atau sup yang ingin dipanaskan lagi. Tetapi, karena seringnya dipakai untuk memasak micorwave bisa menjadi sarang akan kuman dan bakteri jika tidak dibersihkan. Karena itu, kamu harus sering membersihkan microwave jika ingin dipakai, berikut ini ada 7 cara membersihkannya dengan mudah. Yuk simak di bawah ini.

1. Bersihkan Dengan Lemon

Cara pertama adalah siapkan air dan irisan lemon, kemudian campurkan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam microwave selama beberapa menit. Lalu usapkan bagian dalamnya dengan menggunakan kain bersih.

2. Bersihkan Dengan Apel dan Cuka

Langkah – langkah sama seperti menggunakan lemon, hanya kamu bisa menggantinya dengan cuka apel. Masukkan cuka apel ke dalam microwave selama beberapa menit, lalu usapkan bagian dalamnyan baking soda dengan sedikit air, lalu usapkan di bagian dalam microwave dengan kain.

3. Bersihkan Dengan Baking Soda

Untuk bagian dalamnya, kamu juga bisa membersihkannya dengan bakking soda. Caranya adalah siapkan air sedikit, kemudian campurkan bersama baking soda dan aduk sampai merata. Lalu usapkan ke bagian dalam micorwave.

4. Pakailah Baking Soda Jika Tercium bau Gosong di Dalam Microwave

Jika kamu mempunyai microwave yang memiliki bau gosong dan tidak bisa hilang, coba pakailah baking soda. Caranya adalah siapkan wadah dan isilah dengan baking soda, kemudian masukkan baking soda tersebut ke dalam microwave selama 15 sampai 20 menit.

5. Bersihkan Dengan Cairan Aseton

Biasanya microwave yang sudah terlalu sering dipakai, di dalamnya akan memiliki noda kuning bekas makanan yang di panaskan. Untuk menghilangkannya, cukup dengan cairan aseton. Caranya tuangkan aseton ke kapas atau tisu, kemudian gosokkan pada noda kuning yang terdapat pada microwave.

6. Gunakan Kain Kering Setelah Membersihkannya

Jika kamu telah selesai membersihkan dengan bahan – bahan di atas atau menggunakan kain basah, pakailah kain kering sebagai finishing agar bagian dalam microwave tidak cepat rusak karena terkena air.

7. Bersihkan Bagian Luar Microwave Dengan Kain Basah

Dan terakhir adalah jangan lupa untuk membersihkan bagian luar microwave juga dengan menggunakan kain basah yang telah dicampurkan dengan sabun dan air.

Itulah ke – 7 cara membersihkan microwave dengan mudah, agar tidak menjadi sarang bakteri dan kuman. Jangan lupa untuk membersihkannya ya. Semoga bermanfaat !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.