Lifestyle    , Psikologi   

9 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Semangat Hidup


9 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Semangat Hidup 1

Menjaga agar semangat tetap membara sangatlah penting. Sayangnya dalam hidup kita bisa saja menemui hal-hal yang akan membuat semangat hidup kita mengendur. Lalu bagaimana supaya kita bisa meningkatkan semangat hidup kita lagi?

Berikut adalah 9 hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan semangat hidup Anda.

Filter yang Kuat

Ini hal pertama yang harus kamu lakukan. Ciptakan sebuah sistem penyaring yang mampu memfilter hal-hal buruk sebelum itu mempengaruhi pikiranmu. Dengan kata lain, waspadai apa yang kamu baca, lihat dan dengar. Ambil yang buruk namun buang yang jelek.

Jangan biarkan omongan orang mempengaruhi dirimu, khususnya perkataan yang bisa membuatmu terluka. Sebaliknya mulailah mencari bacaan atau tontonan bermutu yang mampu meningkatkan produktivitas dan semangatmu.

Hindari Lingkungan Toxic 

Jauhkan dirimu dari komunitas yang buruk yang justru akan selalu membuatmu tertekan. Percayalah bahwa kamu punya hak untuk memilih dengan siapa kamu bergaul dan seperti apa sahabat yang seharusnya ada di sampingmu.

Baca juga  5 Shinobi Paling Menginspirasi di Anime Naruto

Berkeras untuk bertahan di komunitas yang toxic hanya akan membuang waktumu dan membuat semangat hidupmu melemah.

Teman Baik 

Manusia adalah makhluk sosial, yang berarti manusia tidak akan bisa hidup sendiri. Kamu tak akan bisa menghindar sepenuhnya dari orang-orang yang beraura buruk serta gemar merendahkan orang lain.

Namun kamu bisa memilih siapa saja orang yang pantas menjadi sahabatmu. Cari sahabat-sahabat yang selalu bisa mendukungmu. Mereka akan menjadi inspirasimu, khususnya untuk bisa meningkatkan semangatmu.

Tujuan Hidup

Kamu merasa hampa dan tak bersemangat? Jangan-jangan itu karena kamu tak punya tujuan yang jelas.

Nah kalau sudah begini maka ada baiknya kamu untuk menulis ulang apa tujuanmu. Tuliskan pada sebuah buku apa yang ingin kamu capai dan bagaimana cara kamu mencapainya. Hal ini sangat bagus untuk bisa meningkatkan semangatmu.

Baca juga  5 Film Bertema Bencana Alam yang Mengerikan

Rajinlah Berolahraga

Kapan terakhir kamu berolah raga? Kebugaran tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang.
Untuk itulah jika sebelumnya kamu jarang berolah raga, sekarang saat yang tepat untuk memulainya.

Mulailah melakukan olah raga ringan terlebih dahulu. Jogging atau bersepeda sudah terbukti sangat baik untuk melancarkan peredaran darah serta menjaga tubuh tetap segar.

Perhatikan Asupan Gizi

Semangat hidup yang lemat bisa jadi karena kamu tidak memperhatikan kebiasaanmu. Coba lihat lagi pola hidupmu, termasuk pola makanmu.

Kurangilah karbo dan gula, sebagai gantinya makanlah lebih banyak sayur dan buah. Semua itu akan membantumu menjadi lebih segar dan sehat.

Berpikir Positif

Dunia ini selalu berputar. Ada siang ada malam. Ada baik ada buruk. Maka jangan terlalu khawatir jika harimu ternyata tidak menyenangkan.

Baca juga  5 Film yang Bisa Menginspirasi Kamu Jadi Pria Sejati

Cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang lain. Cari hal yang lucu, menarik atau unik yang membuatmu bisa tetap bersyukur dalam keadaan apapun.

Rutinlah berlibur

Kapan terakhir kamu berlibur? Apakah kesibukanmu membuatmu lupa untuk mencintai dirimu sendiri?
Berhentilah sejenak. Pergilah makan siang bersama sahabatmu. Cari sebuah obyek wisata yang menarik dan kunjungilah. Atau lakukan hobi yang selama ini tidak kamu lakukan.

Jadwalkan me time kamu dengan rutin. Hal ini penting agar bisa membuat dirimu kembali segar dan melepaskan kepenatan yang melingkupi pikiranmu.

Kamu Spesial

Jangan pernah merendahkan dirimu sendiri. Mungkin kamu pernah gagal namun yakinlah selalu ada kesempatan kedua. Selalu tanamkan bahwa kamu orang yang istimewa dan yakinlah kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan.

Demikianlah 9 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat hidupmu. Apakah kamu memiliki tips yang lain?

9 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Semangat Hidup 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.