Lifestyle   

Janda Bolong Bukan Tanaman Mahal & Langka


janda bolong

Janda Bolong – Di masa pandemi banyak pekerja yang dirumahkan, Namun ketika kita harus bekerja terus menerus dirumah hal ini akan membuat seseorang menjadi suntuk, Nah untuk memanfaatkan waktu yang kosong ini berbagai kalangan mulai mengisi waktunya dengan berkebun atau bercocok tanam

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan bahwa dengan mengisi waktu luang dengan berkebun ternyata dapat mengurangi resiko terkena penyakit demensia hingga 36 persen. Disisi lain berkebun ternyata dapat meningkatkan Mood, Membuat tubuh aktif bergerak serta membantu mengatasi rasa bosan dan kesepian. Kita dapat memulai bercocok tanam dihalaman rumah kita atau kebun dan kita dapat merogoh kocek mulai dari yang berharga murah hingga berharga mahal.

Nah di artikel ini saya akan membahas tentang tanaman yang bernama Janda Bolong atau bernama Monstera banyak orang telah salah kaprah dalam memilih tanaman ini pasalnya kesalahan ini bukanlah hal kecil namun harga janda bolong ini yang melambung meroket.

Janda Bolong adalah genus tumbuhan yang disebut para ahli Biologi sebagai monstera. Diluar negeri julukannya adalah Swiss Cheese Plant, Julukan ini diberikan lantaran daunnya bolong bolong seperti keju swiss. Padahal tumbuhan ini sudah lama dipelajari dan diteliti oleh para Ilmuan sampai akhirnya menjadi tanaman hias yang populer pada saat ini.

Janda Bolong Bukan Tanaman Mahal & Langka 1

Nah sebelum kita masuk ke Inti nya yaitu penyebab tanaman janda bolong ini harga nya meroket. Alangkah baiknya kita membaca Spesifikasi nya terlebih dahulu ya.

Asal Muasal Nama

Dikutip dari web the sill, Monstera adalah nama genus dari tanaman berdaun lebih besar dibandingkan daun pada umumnya, Nah dari sinilah lahir nama monstera.

Monstera telah diteliti para ahli botani sejak awal abad ke-20. Dimasa modern, Monstera menjadi tanaman hias yang di Indonesia dinamai dengan nama Janda Bolong dan diluar negeri diberi julukannya adalah swiss cheese plant karena daunnya yang bolong bolong.

Asal Janda Bolong

Menurut Plants Of the World yang dikelola Royal Botanic Garden Kew, Habitat asli tanaman Monstera ini adalah Di Amerika Tengah yang beriklim tropis. Tanaman ini tersebar dari Meksiko, Panama, Kolombia, Venezuela, Sampai utara brazil.

Baca juga  12 Manfaat Kesehatan dari Biji Teratai, Bisa Memperlambat Penuaan

Karena aslinya tumbuhan ini hidup didaerah Tropis, Jadi tidak heran kalau tumbuhan ini dapat hidup dan berkembang Indonesia.

Jenis

Para ahli botani telah mencatat sampai saat ini ada 45 spedies Monstera. Yang menjadi populer menjadi tanaman hias adalah Monstera Deliciosa yang memiliki ciri ciri daunnya lebar dan seperti sobek sobek, Dan monstera Adansoni yang ukurannya lebih kecil dan daunnya berlubang. Dan ada juga Monstera Obliqua yang memiliki bolong daun lebih besar

Sifat Unik Monstera

Monstera dihabitat aslinya yaitu diAmerika tengah adalah tumbuhan pemanjat inangnya. Dia bersifat Hemefit atau separuh Epifit. Artinya dia hidup menumpang dulu pada inangnya seperti epifit lain, Lalu ia menumbuhkan akar gantung. Nah bila akar gantung ini sudah sampai tanah barulah ia akan mengambil nutrisi pada tanah.

Monstera bisa memanjat membelit pohon sampai 20 meter. Jika kamu mau memelihara monstera alangkah baik nya kamu menyediakan tiang agar ia dapat memanjat naik dan terlihat lebih indah.

Tanaman Beracun

Menurut ProFlowers monstera adalah tanaman beracun yang disebabkan kalsium oksalat pada getahnya oleh karena itu hati hati jika batang atau daunnya sobek dan mengeluarkan getah.

Getah pada monstera bisa menyebabkan sakit perut jika termakan dan menyebalkan iritasi kulit jika menyentuh getahnya. Buat kalian para ibu akan repot jika memiliki hewan peliharaan atau anak kecil yang suka terlalu aktif dan pecicilan dirumah. Alangkah baik nya para ibu meletakkan tanaman ini ditempat yang tidak dapat dijangkau si kecil Moms.

Cara Perawatan

Monstera sesuai habitat alami nya membutuhkan cahaya matahari secara tidak langsung. Karena bila tanaman ini terkena matahari secara langsung hal ini dapat membuat tanaman kepanasan dan menguning. Karena daunnya yang lebih tanaman ini tidak perlu disiram terlalu sering. Tetapi cek saja tanah dipot nya kalau tanah nya masih basah atau lembab sebaiknya kamu tidak menyiramnya karena tumbuhan ini bisa tumbuh dalam suhu normal didalam ruangan atau halaman dalam iklim tropis seperti di Indonesia.

Harga

Tanaman hias monstera harga nya bisa mahal sekali ya. Yang normalnya saja dapat monggoroh kocek sebesar mulai dari puluhan ribuan rupiah saja. Tapi yang benar benar mahal yang tidak dalah kaprah adalah tipe variegata, Variegata?apa jenis itu?

Baca juga  7 Manfaat Penting Minyak Esensial Ganja, Bisa Melawan Kanker

Janda Bolong Bukan Tanaman Mahal & Langka 2

Menurut Plantophiles, Variegata adalah kondisi daun yang belang karena sebab alami yaitu mutasi genetik yang menyebabkan daun kekurangan klorofil. Jadi bukan belang karena cahaya matahari ya. kemungkinan terjadinya mutasi ini adalah 1:100.000 tanaman.

Selain itu dengan adanya belang ini Monstera variegata ini menjadi semakin cantik dan elegan antara perpaduan warna hijau dan krem. Mutasi genetik ini sangat jarang dan langka karena belum tentu keturunannya juga mengalami mutasi genetik dan mengalami belang warna antara hijau dan krem. Monstera Deliciosa Variegata atau Monstera Adansonii Variegeta seperti gambar diatas tersebut bisa dijual dan merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah.

Nah jika kamu semua sudah membaca Spesifikasi Monstera diatas, Sekarang kita akan membahas tentang janda bolong dengan harga selangit! Padahal Tanaman ini tidak mahal dan langka.

Saat ini janda bolong menjadi primadona dimasa Pandemi Covid-19. Dan Pecinta tanaman hias tidak ragu untuk merogoh kocek hingga Rp.100 juta untuk membeli tanaman hias janda bolong, Dan tanaman ini dihargai tidak ragu ragu pasalnya kostumer percaya dan tertarik untuk membeli 15 juta untuk per daun janda bolong.

Namun, peneliti Sismatik dan Taksonomi LIPI Yuzammi menilai harga janda bolong tidak masuk akal. Dan dia menilai masyarakat telah salah kaprah karena menganggap tanaman Janda Bolong yang memiliki nama ilmiah Monstera Adansonii. Pasalnya janda bolong bukan lah tanaman yang langka dan bisa didapatkan dengan mudah.

” Harga ini tidak masuk akal lagi. Perlu saya garis bawahi disini bahwa masyarakat jangan sampai terkecoh dengan tanaman janda bolong ini. Monstera Adansonii buknalah termasuk tanaman langka, Hanya karena banyak digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yg bolong bolong” Kata Yuzammi.

Yuzammi menjelaskan janda bolong dan tanaman monstera pada umumnya dapat dengan mudah dikembangbiakkan karena tergolong sebagai tanaman merambat. Memperbanyak daun janda bolong dapt dilakukan dengan cara Stek batang dan ditanam kembali ditempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Menurut Yuzammi, Fenomena tanaman janda bolong yang mahal ini disebabkan karena beberapa hal seperti nama tanaman ini yang sangat sensasional, Bentuk yang unik dan masyarakat yang gemar berkebun dirumah selama pandemi Covid-19. Situasi ini dimamfaatkan oleh sekelompok orang untuk mencari keuntungan

Baca juga  13 Manfaat Kesehatan Lavender, Bukan Sekedar Bunga yang Indah

” Hal ini sering dimamfaatkan oleh para pialang untuk mendapatkan keuntungan. Masyarakat kita seharusnya sudah bisa berfikir dengan cerdas dalam melihat suatu fenomena. Saya melihat ini adalah suatu permainan dengan memanfaatkan kebiasaan masyarakat kita yang suka ikut ikutan ” Kata Yuzammi

Situasi tanaman hias yang memiliki harga meroket ini juga bukan pertama kalinya terjadi di indonesia. Pada 2007 peristiwa seperti ini juga pernah terjadi pada saat tanaman Anthurium yang dikenal dengan “Gelombang Cinta” yang sukses mengecoh seperti yang terjadi saat ini dan para artis dan papan atas yang memiliki tanaman ini membuat harganya meroket.

Disisi lain ada salah satu tanaman monstera yang terbilang langka dan tanaman ini mirip dan serupa dengan tanaman janda bolong. Tanaman langka ini bernama Monstera Obliqua.

Janda Bolong Bukan Tanaman Mahal & Langka 3

“Nah monstera Obliqua ini baru mahal, Kenapa tidak, Karena tanaman ini termasuk kedalam tanaman langka dan bentuknya sangat mirip dengan janda bolong, ” Ucap Yuzammi.

Sebenarnya bentuk tanaman ini hampir serupa dengan Monstera Adansonii. Tetapi Monstera Obliqua memiliki sejumlah perbedaan yang spesifik.

  • Pertama, Pertumbuhan adansonii tergolong cepat sedangkan monstera obliqua sangat lambat
  • Kedua, bentuk bolong bolong pada adansonii melonjong sedangkan monstera Obliqua bentuk bolong bolong nya membulat dan lebih banyak.
  • Ketiga, Saat daun adansonii diraba terasa seperti kulit sedangkan monstera obliqua bila dipegang terasa seperti kertas
  • Keempat, Monstera adansonii tidak memiliki sulur sedangkan Monstera Obliqua terdapat sulur yang keluar dari batangnya

Nah dari artikel ini kamu dapat mengambil hikmah bahwa sebelum membeli sesuatu jangan langsung percaya, Nah jadi sebelum membeli tanaman kalian harus memperhatikan secara detail ya apakah itu Original atau tidak karena dimasa pandemi banyak para penjual yang mencari untung besar yang tidak sesuai dengan produk seperti monstera yg telah kamu baca tadi semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan lebih jeli lagi dalam membeli sebuah produk ya.

Janda Bolong Bukan Tanaman Mahal & Langka 4

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !