Kebiasaaan Suka Ngomong Sendiri ? Ternyata Punya Manfaat Bagi Kesehatan

2 menit


73
73 upvote
Kebiasaaan Suka Ngomong Sendiri ? Ternyata Punya Manfaat Bagi Kesehatan 1

Bagi sebagian orang biasanya akan melakukan atau suka bicara sendiri saat sedang sendiri. Tanda itu orang biasanya menyebut sebagai tanda gila. Tetapi tahukah kamu, berbicara dengan diri sendiri ternyata punya manfaat untuk kesehatan. Mungkin terkadang, kita sering melakukan hal seperti ini, tidak terucap dalam ucapan langsung tetapi terlintas di benak pikiran dan tanpa sadar kita melakukan kebiasaan seperti itu.

Kebiasaaan Suka Ngomong Sendiri ? Ternyata Punya Manfaat Bagi Kesehatan 3

Dilansir dari Reader’s Digest bahwa kebiasaan suka berbicara sendiri malah membantu kamu menghadapi masa sekarang dan masa depan dengan lebih baik nantinya. Begitupun seperti yang dikutip dari laman yang sama, seorang pekerja sosial klinis, psikoterapis, Lisa Ferentz mengatakan hal yang sama.

Lisa seringkali menggunakan teknik ini untuk membantu kliennya untuk mengembangkan pikiran mereka untuk hal yang positif pada diri mereka dan untuk masa depan.

Baca juga  6 Bahan Alami untuk Mengatasi Infeksi Vagina

“Rasanya tidak ada yang lebih penting daripada cara kita berbicara terhadap diri sendiri. Sebab monolog batin itu dengan cara halus ataupun tidak halus secara pikiran, emosi dan keputusan kita di masa depan”, kata Lisa.

Seperti halnya jika kamu memikirkan hal – hal dan sikap yang negatif maka kamu akan menghadapi harimu dan sulit untuk menerima hal – hal yang baik dan positif. Salah satu alternatif untuk membangun mental yang sehat yaitu menulis daftar hal – hal yang membuat kamu selalu bersyukur akan hal tersebut, potensi dan kata – kata yang membangun semangat serta positif untuk menyemangatimu.

Menurut studi yang dilakukan di Universitas Lethbridge menemukan bahwa jika mahasiswa diajari suatu materi dengan self – talk yang positif akan dapat merubah sikap, reaksi serta perspektif dari diri mereka sendiri.

Baca juga  Apakah Kita Butuh Tutorial Mendetail Terkait New Normal

Lisa juga mengatakan untuk mendorong orang melakukan hal yang positif seperti membisikan hal yang baik dan positif untuk menghadapi segala sesuatu yang terjadi kedepannya.

“Ketika kita membisikan hal positif pada diri kita sendiri, tanpa sadar itu akan memberi kita tambahan kekuatan dan keberanian sehingga kita bisa menghadapi situasi yang genting sekalipun”, ujar Lisa.

Hal itu bahkan sudah terbukti oleh sejumlah para atlet yang ternyata kebanyakan dari mereka adalah orang yang suka berbicara pada diri sendiri untuk bersiap – siap dalam pertandingan.

Kebiasaaan Suka Ngomong Sendiri ? Ternyata Punya Manfaat Bagi Kesehatan 4

Tetapi sama halnya jika berbicara sendiri dengan hal yang positif, berbicara dengan hal yang negatif juga ada aturannya agar nantinya tidak akan merusakan suasana hati dan pikiranmu.

Baca juga  12 Manfaat Kesehatan dari Biji Teratai, Bisa Memperlambat Penuaan

Lisa mengatakan jika kamu ingin mengatakan hal – hal yang negatif itu tidak apa – apa, asalkan setelah mengatakan hal – hal tersebut kamu dapat mengontrol dan mereflesikan kembali ucapan – ucapan buruk yang baru saja kamu keluarkan. Coba kamu tanyakan pada dirimu sendiri, apakah hal itu berguna untuk tetap berpegang pada pikiran dan hal – hal yang buruk atau apakah itu sesuaty yang bisa kamu kendalikan dan kemudian di lepaskan.

Kesimpulannya, jika kamu ingin mengeluarkan pikiranmu sendiri itu bukanlah suatu masalah, karena itu adalah hal yang umum dan normal, terlebih lagi mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

73
73 upvote
Rendy Ng

Legend