Lifestyle   

Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya!


Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya! 1

Apakah kalian adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kecanduan sosmed? Apakah kalian ingin berhenti kecanduan sosmed? Tidak ingin dikuasai oleh sosial media lagi? Menag, sosial media itu asyik, tapi udah mulai nggak asyik kalau kita udah kecanduan sosial media. Kita jadi kayak nggak punya hidup. Hidup kita kayak ada di aplikasi aja. Padahal kehidupan nyata kita itu juga penting banget lho!

Tenang, nih, ogut kasih tahu cara biar nggak kecanduan sosmed, atau biar kalian sembuh dari kecanduan sosmed.

Baca juga  Aman Nggak Sih Potong Rambut Ketika Corona Begini?

Cek Seberapa Sering Kalian Posting

Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya! 3

Hal pertama yang perlu kalian lakuin adalah ngecek seberapa sering kalian pakai sosmed. Kalau di iPhone ada aplikasi untuk mengecek seberapa lama kalian buka aplikasi itu dalam sehari. Kalau waktunya terlalu lama, seenggaknya kalian tahu berapa lama waktu kalian ada di sosmed dan bisa menguranginya. Itu bisa jadi cara untuk sembuh dari kecanduan sosial media. Ketahui dulu seberapa parah kamu kecanduan. Selanjutnya cek, seberapa sering kalian posting dan sepenting apa postingan kalian. Kalau udah terlalu sering dan gak penting, bisa jadi kalian kecanduan.

Baca juga  Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial

Uninstall Aplikasinya

Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya! 4

Cara kedua cukup ekstrim. Caranya adalah dengan uninstall aplikasi itu dari hp kalian. Itu adalah cara paling ekstrim sekaligus paling sulit. Itu bisa jadi akan berefek pada psikis kalian kalau kalian kecanduan banget. Biasanya kalian akan gelisah. Tapi, gak masalah, paksa aja. Biar nggak kecanduan lagi. Tapi kalau kalian juga kerja disana gimana?

Batasi Penggunaan Harian

Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya! 5

Ini yang perlu kalian lakukan. Batasi penggunaan hariannya. Kan kalian udah tahu berapa lama kalian menggunakannya dalam sehari. Katakanlah kalian menggunakannya 5 jam dalam sehari. Sekarang kurangi. Jadikan 3 jam dalam sehari. Atau gunakan hanya untuk pekerjaan saja.

Baca juga  Bahaya Mana, Rokok atau Polusi Udara ? Yang Lebih Meningkatkan Resiko Kanker Paru - Paru

Cari Kegiatan Lain

Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya! 6

Cara terakhir adalah menyibukkan diri dengan kegiatan lain. Kalian bisa ngegame, kalian bisa olahraga, bisa ngobrol sama keluarga, masak, atau apapun. Cari kegiatan lain yang menjauhkan diri kalian dari sosial media. Ingat, sosial media itu hannya alat yang seharusnya kalian lah yang mengontrol mereka, buka mereka yang mengontrol kalian.

Itu tadi beberapa cara untuk bisa sembuh dari kecanduan sosial media. Ingat lagi, sosial media itu alat doank. Kalian yang harus memiliki kendali atas alat itu, bukan sebaliknya.

Kecanduan Sosmed? Ini Cara Mengatasinya! 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.