Men   

8 Fakta Menarik Tentang Sperma Wajib Kamu Tahu


8 Fakta Menarik Tentang Sperma Wajib Kamu Tahu 1

Dalam ilmu biologi, tentu kita sering mendengar berbagai istilah ilmiah yang kadang sering membuat kita bingung. Namun penulis yakin, seperti judul yang sudah kita lihat semua. Mayoritas kita pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sel sperma. Eits..! Jangan ngeres dulu ya.. Karena yang akan kita jelaskan disini berupa sudut pandang ilmiah mengenai sperma itu sendiri. Dan mengetahui secara detail fakta menarik tentang sperma ini tentunya akan menambah wawasan dan informasi yang mungkin kedepannya akan bermanfaat bagi kita pribadi, maupun orang lain. Baik, untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak pembahasan kita dibawah ini.

Sperma Mampu Merespon Makanan Yang Dikonsumsi Pria

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sel sperma yang berada didalam tubuh seorang pria, sangat berpengaruh terhadap makanan yang dikonsumsi oleh pria tersebut. Asupan yang masuk kedalam tubuh seorang pria akan mempengaruhi, apakah sel sperma tersebut dapat berkembang dengan baik ataukah tidak.

Hal ini bukan tanpa alasan. Riset membuktikan bahwa DHA yang terkandung didalam asam lemak esensial Omega-3 dan biasa terdapat pada makanan seperti salmon liar alaska, dan minyak ikan cod, telah terbukti mampu meningkatkan pembentukkan sel sperma yang sehat. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam The journal of Biology and Reproduction ditahun 2011, menunjukkan bahwa kandungan DHA dapat meningkatkan morfologi sperma. Dimana sperma yang awalnya memiliki bentuk kepala bundar, dapat berubah menjadi sperma yang sehat dengan bentuk kepala kerucut.

Baca juga  5 Fakta Menarik Orang Yang Lahir di Bulan November

 

Teknologi Nirkabel Dapat Mempengaruhi Kesehatan Sperma

Perkembangan teknologi memang telah banyak memberi kemudahan bagi ummat manusia. Akan tetapi, dibalik manfaat teknologi itu sendiri ternyata menyimpan beberapa fakta yang justru berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, khususnya kesehatan sel sperma. Hal ini dijelaskan dalam sebuah studi Fertility and Sterility pada tahun 2012, dimana studi tersebut menunjukkan bahwa perangkat nirkabel yang kerap digunakan masyarakat kita saat ini seperti ponsel dan laptop yang terhubung dengan Wi-Fi, mampu merusak sel sperma melalui efek non-termal.

Para ilmuwan menjelaskan, besar kemungkinan rusaknya sel sperma didalam tubuh akibat perangkat nirkabel, dikarenakan gelombang elektromagnetik radio frekuensi yang terpancar diterjemahkan oleh tubuh kita sebagai bentuk radikal bebas. Dimana radikal bebas ini akan mengakibatkan kerusakan oksidatif pada seluruh sel yang berada ditubuh kita, termasuk sel sperma dan sel telur wanita. Kerusakan inilah yang mengakibatkan imotilitas pada sel sperma, kematian sel, dan menurunkan integritas DNA. Oleh karenanya, disarankan untuk menghindari penggunaan laptop dengan cara memangku, dan hindari pula kebiasaan mengantongi ponsel dalam keadaan aktif.

 

Progesteron Memberi Kekuatan Pada Sperma

Bisakah kita bayangkan, betapa lelah dan panjangnya perjuangan sel sperma agar bisa bertemu dengan sel telur wanita di saluran tuba. Setelah berenang sekuat tenaga untuk mencapai sel telur, sel sperma masih harus dihadapkan dengan persaingan untuk bisa masuk kedalam sel telur. Nah, setelah perjalanan panjang sel sperma menuju sel telur, tentu telah banyak energi yang dikeluarkan sel sperma, maka wajar jika sperma tersebut membutuhkan energi tambahan untuk bisa menembus sel telur yang membutuhkan perjuangan. Disinilah progesteron yang berasal dari sel telur akan memberi kekuatan bagi sel sperma untuk mendayung / menggerakkan ekornya agar bisa menembus sel telur. Progesteron akan memberikan ledakkan energi pada sperma, sehingga sel sperma lebih semangat untuk mengepakkan ekornya agar bisa sampai kedalam sel telur wanita.

Baca juga  10 Titik Sensitif pada Wanita

 

Sperma Memiliki Kekuatan Super

Tahukah Anda, bahwa sel sperma dapat melelehkan permukaan sel telur wanita? “Jurus” ini mereka lakukan dengan cara melepaskan enzim (akrosom) dari bagian kepala sel sperma. Akrosom inilah yang akan meleburkan membran luar sel telur, sehingga sel sperma bisa masuk kedalamnya. Setelah sel sperma berhasil masuk, plasma sperma pun akan bergabung dengan membran plasma sel telur. Pada saat itulah kepala sperma terputus dari ekor, dan lahirlah konsepsi kehidupan yang baru.

 

Usia Sel Sperma

Penelitian yang diterbitkan dalam Biology of Reproduction tahun 1984 menunjukkan bahwa sel sperma bisa bertahan hidup hingga 5 hari didalam tubuh seorang wanita (tergantung siklus menstruasi). Akan tetapi, secara umum sel sperma biasanya hanya hidup sekitar 2 hari saja didalam tubuh seorang wanita. Jadi pintar pintarlah memilih waktu yang tepat agar istri anda lebih mudah hamil.

Sperma Memiliki “Armor”

Bagi yang sering bermain game perang tentu tahu apa itu armor? Tapi tunggu dulu, jangan bayangkan armor yang dimiliki sperma sama dengan armor yang dimiliki karakter didalam game yang Anda mainkan. Karena yang penulis maksud dengan armor disini adalah pelindung yang akan menjaga sel sperma saat berada didalam tubuh wanita. Mengapa sperma butuh perlindungan? Pertanyaan yang bagus.

Baca juga  Mengkonsumsi Makanan Olahan atau Cepat Saji Bisa Menyebabkan Masalah Kesuburan Pada Pria

Perlu diketahui, ketika sel sperma masuk kedalam tubuh seorang wanita, sistem kekebalan tubuh wanita tersebut akan melihat sel sperma sebagai “benda” asing yang akan memberi pengaruh buruk bagi kesehatan si wanita tersebut. Oleh karena itulah, tubuh si wanita akan melepaskan sejumlah sistem imun untuk menyerang sel sperma tersebut. Nah, dengan “Armor” yang dimiliki sel sperma itulah ia akan terjaga / terlindungi dari ancaman sistem imun si wanita tersebut.

 

Pria Perlu Klimaks Secara Teratur Agar Sperma Sehat

Ejakulasi yang jarang terjadi pada seorang pria akan memicu terjadinya stress oksidatif. Hal ini disebabkan rendahnya intensitas pergantian cairan semen didalam organ seksual pria. Terdapat sebuah studi yang menunjukan bahwa, pria yang mengalami ejakulasi 4 kali atau lebih dalam satu bulan akan memiliki morfologi/bentuk sel sperma yang jauh lebih baik, daripada mereka yang jarang mengalami ejakulasi.

 

Gaya Hidup Yang Buruk Mempengaruhi Kondisi Sperma

Sebuah penelitian pada tahun 2012 yang dituangkan kedalam Biology Reproduksi Dan Endokrinologi membuktikan bahwa pria yang merokok, mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi kafein secara berlebih, serta obesitas, akan mengalami gangguan masalah kesuburan dan kesehatan sel sperma. Pria yang menggunakan nikotin secara teratur telah terbukti memiliki morfologi dan motilitas sperma yang buruk.

 

Bagaimana, Menarik bukan? Itulah 8 fakta menarik terkait sel sperma seorang pria. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan pula artikel ini ke orang-orang terdekat Anda, agar mereka juga mengetahui apa yang Anda ketahui. Terima kasih dan sampai jumpa!

8 Fakta Menarik Tentang Sperma Wajib Kamu Tahu 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Akhbar

   

Nama saya akhbar sanusi. Saya adalah seorang kontributor konten SEO di berbagai media online. Saat ini, saya sedang fokus mendalami dunia desain grafis, tanpa mengesampingkan interesting saya terhadap dunia search engine optimization.