Olahraga   

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia


5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 1

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat indoensia. banyak sekali stadion yang ada di indonesia, sehingga sudah tidak asing lagi jika kita untuk menyebutkan salaha satu stadion yang ada di indonesia. para pecinta sepak bola mungkin sudah jarang disuguhkan dengan pertandingan yang sangat berkelas karena adanya pandemi ini yang belum juga usai.

Untuk para pecinta sepak boal Indonesia, sudah tidak asing lagi khususnya untuk mengetahui stadion yang menjadi kandang timnas Indonesia. Sepak bola adalah salah olagraga yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia maupun masyarakat diberbagai belahan dunia. Dari beberapa stadion yang ada di Indonesia pastinya kalian tahu dengan Stadion Gelora Bung Karno. Ya stadion ini menjadi ikon bagi persepakbolaan Indonesia karena sudah sering sekali digunakan oleh timnas Indonesia dari berbagai event yang pernah di ikuit.

Nah siapa sangka ternyata timnas Indonesia mempunyai beberapa stadion kandang yang dijadikan sebagai partai pertandingan kala timnas Indonesia berlaga.

Gelora Bung Karno Main Stadium

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 3

Siapa yang tidak tahu mengenai stadion yang satu ini. Stadion ini juga digunakan sebagai kandang klbu asal indonesia yaitu persija Jakarta dan juga sebagai kandang timnas indonesia. Stadion utama gelora bung karno adalah sebuah stadion serbaguna yang ada dijakarta. Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga gelanggang bung karno.

Sebelum menjadi nama stadion utama gelora bung karno stadion ini bernama stadion utama senayan (sampai 24 september 24 sptember 1962). Stadion ini berubah nama kembali menjadi stadion utama gelora senayan tahun 1969 hingga 17 januari 2001. Dengan kapasitas penonton yang mencapai hingga 88.083 penoton menjadikan stadion utama gelora bung karno ini sebagai stadion sepak bola terbesar ke 7 di dunia. Saat ini, stadion ini merupakan stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-28 dunia dan menjadi yang terbesar ke-8 asia. Dalam beberapa even yang pernah dilakukan di stadion ini salah satunya adalah berlangsungnya final piala asia 2007.

Baca juga  Liga Italia: Berjuang untuk Bangkit Malah Dihajar Corona

Tak hanya itu selama berlangsungnya even asian games 2018 di Indonesia, stadion ini menjadi stadion utama untuk acara pembukaan dan penutupan turnamen multieven ini pada asian games 2018. Laga kontra timnas melawan Thailand pada 10 september 2019 dalam lanjutan kualifikasi piala dunia 2022 adalah laga terakhir yang dilakoni timnas di stadion utama gelora bung karno.

 

Kapten I Wayan Dipta Stadium

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 4

Stadion yang dibangun pada tahun 1977 ini dengan kapasitas 22.932 penonto ini yang berada di bali, merupakan salah satu kandang dari timnas Indonesia dan juga klub asal liga 1, bali united FC. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali Ini disebut bakal merombak seluruh isi stadion guna menyambut akbar piala dunia u-20 2021 yang akan datang.

Stadion ini ditunjuk untuk menjadi salah sau dari enam venue yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan piala dunia u-20 yang akan dihelat mei 2021 tahun depan. Laga yang pernah dilakoni timnas senior di stadion ini kala timnas menhadapi Vietnam di ajang lanjutan kualifikasi piala dunia 2022 pada 15 oktober 2019. Kala itu timnas senior harus kalah dari Vietnam dengan skor 3-1 untuk kemenangan Vietnam.

Stadion yang berada di kabupaten gianyar bali ini kini sedang fokus merenovasi setiap bagian stadion demi memuluskan perhelatan akbar piala dunia u-20. Salah satunya Cuma perbaikan-perbaikan memenuhi standar FIFA saja. Single seat bahkan kita tinggal tribun selatan saja, lainnya sudah full.

Baca juga  5 Aplikasi Olahraga Terbaik, Mudah dan Bisa Kamu Lakukan Dirumah

 

Maguwoharjo Stadium

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 5

Stadion yang bermarkas di sleman, Yogyakarta ini juga menjadi salah satu kandang dari timnas Indonesia. stadion yang dibangun pada tahun 2005 memiliki kapsistas 31.700 prnonton. Stadion ini juga merupakan markas dari klubsepak bola dari liga 1, PSS seleman. Stadion ini memiliki tipe stadion sepak bola modern dengan konsep “mini san siro” dengan cirri khas menara yang terletak di empat penjuru stadion dengan tangga berputarnya.

Sama halnya dengan stadion modern yang ada di eropa, stadion ini tidak memiliki lintasan atletik sehingga penonton akan lebih nyaman dalam menyaksikan pertandingan yang berlangsung. Dalam anjutan liga 1 shoope 2020, stadion maguwoharjo di Depok, Sleman bakal jadi markas tiga klub. Terkati hal itu, borneo FC dan persija Jakarta akan menjadikan stadion kembanggan PSS ini sebgai home base nya untuk lanjutan liga 1 shoope yang akan digelar pada bulan oktober mendatang. Laga kontra yang dilakoni di stadion ini adalah kala timnas menjalni laga persahabatan kontra Puerto Rico, 13 juni 2017.

 

Pakansari Stadium

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 6

Stadion yang satu ini bisa disebut sebagai stadion yang tergolong muda, karena stadion baru dibangun 16 januari 2012 dan dibuka sebagai stadion sepak bola tahun 2014. Stadion yang terletak di bogor ini dapat menampung penonto hingga 30.000 penonton. Dilansir dalam situs stadiumdb, stadion pakansari masuk dalam nomine stadion terbaik dunia 2016 bersaing 29 stadion lainnya. Dan juga digunakan sebagai venue piala AFF 2016 yang kala itu menggantikan stadion gelora bung karno yang sedang tahap renovasi.

Baca juga  5 Pemain Top yang Gagal Bersinar di Liga Premier Musim Ini

Pakan sari stadium juga digunakan sebagai venue sepak bola dalam turnamen asian games 2018, juga di gunakan piala asia u-19 pada tahun 2018. Klub yang berlaga di liga 1 shoope 2020 tira persikabo juga menggunakan stadion pakansari sebagai home base nya untuk mengarungi kompetisis liga 1 shoope 2020. Timnas senior juga menggunkan stadion pakansari sebagai kandanganya kala melakoni sejumlah laga yang pernah dilakoni. Laga kontra Myanmar adalah salah satu laga yang pernah dilakoni timnas senior di stadion pakansari pada 21 maret 2017.

Hingga kini stadion pakansari masih digunakan sebagai home base timnas senior maupun junior  dan digunkan juga sebagai home bas klub liga 1 shoope 2020, tira persikabo.

 

Manahan Stadium

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 7

Stadion dengan nama lengkap stadion gelora Manahan ini mulai dibangun pada 1989 dan dibuka 21 februari 1998. Sebagai salah satu kandang dari timnas Indonesia stadion yang berada di Surakarta, jawa tengah ini memilik kapasitas penonton hingga 25.000 penonton. Stadion ini merupakan markas dari klub persis solo. Manahan merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah pada event olahraga difabel terbesar asia tenggara ASEAN Para Games 2011. Stadion Manahan, solo telah banyak mengalami perubahan sejak tahun 2018 setelah ditinjau oleh PSSI.

Kunjungan PSSI dilakukan dalam rangka menyambut piala dunia u20 2021 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Manahan menjadi salah satu vanue dari enam stadion yang ada di Indonesia. laga yang terjadi di stadion Manahan ini adalah ketika timnas senior menghadapi Malaysia pada partai persahabatan 6 september 2016 lalu. Stadion ini menjadi home base timnas senior dan timnas junior.

5 Stadion Kandang Timnas Sepak Bola Indonesia 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Vebriary Rizkizul Pamuji