Olahraga   

5 Stadion Termegah Di Dunia


5 Stadion Termegah Di Dunia 1

Sepakbola merupakan salah satu Olahraga terbesar di Dunia. Selain itu seluruh elemen pendukung dalam sepakbola sangatlah luar biasa, mulai dari pendukung fanatik, Perusahaan klub, Sponsor dan lain sebagainya. Salah satu yang menjadi fokus dalam olahraga sepakbola saat ini adalah adanya stadion. Sebuah klub besar dengan pendapatan tinggi biasanya memiliki sebuah stadion andalan yang memang diperuntukan untuk pertandingan dan menampung para supporter secara layak.

Biasanya sebuah klub sepakbola mempunyai banyak cara tersendiri untuk membuat stadionnya terlihat megah, mewah dan mempunyai atmosfer berbeda dalam setiap pertandingan yang mereka jalani. Ditambah dengan dukungan dari para supporter yang biasanya memiliki tingkat fanatisme tinggi untuk menyaksikan langsung tim yang mereka dukung. Perusahaan sepakbola dan para sponsor pun tidak segan- segan menggelontorkan banyak sekali dana untuk membangun setiap fasilitas yang ada dalam satu stadion. Karena euforia yang diciptakan memiliki feedback lebih dari sekedar membangun sarana dan prasarana. Berikut adalah stadion yang dianggap paling megah dalam dunia sepakbola.

Allianz Arena

5 Stadion Termegah Di Dunia 3

Raksasa jerman yang merupakan salah satu tim kuat bernama Bayern Munchen telah banyak mengukir sejarah dan prestasi dalam dunia Sepakbola. Bahkan Klub ini termasuk salah satu pendukung terbesar dalam kesuksesan negara jerman di dunia. Bisa dilihat dari banyaknya pemain jerman yang berlaga di piala dunia atau kompetisi internasional mempunyai pemain yang berasal dari klub bundes liga ini.

Namun tidak hanya berbicara mengenai prestasi tim. Bayern Munchen merupakan salah satu klub dengan fanatisme pendukung paling tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya fasilitas berupa stadion yang mewah dan megah untuk seluruh pendukung mereka di setiap laga.

Allianz Arena merupakan sebuah stadion yang terletak di distrik Fröttmaning di sebelah utara kota Munchen. Stadion ini mempunyai kapasitas yang cukup besar yaitu sekitar 66.000 penonton. Namun rekor tertinggi dalam sebuah laga berjumlah 71,137 penonton. Perancangnya sendiri yaitu firma arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron merancang Allianz Arena dengan menambah beberapa fitur unik. Salah satunya pada kerak bagian luar menampilkan 1056 panel berbentuk belah ketupat, yang masing-masing dapat diterangi dalam warna yang berbeda (merah, biru atau putih), sehingga terlihat seperti suatu pola yang bergerak. Bahkan di stadion ini kita bisa menemukan sebuah restoran dan dapat terhubung langsung ke sebuah stasiun kereta.

Baca juga  Sosok Zlatan Ibrahimovic Bikin AC Milan Ketagihan Menang

 

Juventus Stadium

5 Stadion Termegah Di Dunia 4

Menjadi salah satu Klub paling sukses di Italia sekaligus Klub tertua kedua, menjadikan Juventus termasuk dalam bagian sejarah sepakbola yang luar biasa. Bahkan euforia dari tim- tim italia merupakan salah satu yang paling kental dalam setiap pertandingannya. Adanya skandal calcipoli yang pernah terjadi di pertengahan tahun 2006 menjadi salah satu bukti betapa kentalnya sepakbola di negara Pizza tersebut. Tidak hanya menjadikan sepakbola sebagai sebuah olahraga tahunan tetapi juga mempengaruhi industri bisnisnya.

Juventus yang terkenal sebagai sebuah tim besar pun tidak begitu saja menyepelekan para supporter fanatik mereka. Sebagai salah satu dedikasi klub kepada para pendukung, dibangunlah Juventus Stadium. Dulunya Stadion ini bernama Juventus Arena yang kemudian berganti nama seperti sekarang.

Mempunyai kapasitas sekitar 41.507 penonton, nyatanya stadion ini juga memberikan beberapa fasilitas canggih seperti detektor logam untuk kebutuhan mengantre yang lebih efisien. Selain itu kebutuhan listrik stadion milik Juventus ini di suplai panel surya. Menjadikan stadion ini selain ramah lingkungan juga hemat biaya.

 

Sapporo Dome

5 Stadion Termegah Di Dunia 5

Jepang merupakan negara maju yang terletak di asia timur. Walau merupakan negara kepulauan yang dianggap kecil, nyatanya kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor pendukung negara ini diakui dunia. Hal ini telah dibuktikan dari berbagai kecanggihan teknologi yang ada serta pemanfaatan yang selalu efisien. Bahkan tayangan film dan Anime telah menjadi objek untuk memperkenalkan betapa cerdasnya masyarakat dari negara ini.

Baca juga  Liga Italia: Berjuang untuk Bangkit Malah Dihajar Corona

Di bidang olahraga sendiri, jepang tentunya memiliki beberapa fasilitas yang sangat memadai. Salah satunya adalah stadion sepakbola. Sejak boomingnya anime captain tsubasa di era 2000an, banyak sekali anak muda jepang yang bercita- cita sebagai atlet sepakbola. Dampaknya dapat dilihat dari pembangunan sarana dan prasarana termasuk juga stadion sepak bola.

Salah satu stadion yang cukup megah dan terkenal di dataran asia adalah stadion Sapporo Dome yang menjadi markas klub sepak bola Consadole Sapporo. Yang unik dari stadion ini adalah desain stadion yang dapat diubah- ubah terutama bagian lapangannya yang dapat di bongkar pasang. Tidak jarang stadion ini menjadi salah satu tempat andalan terselenggaranya berbagai macam kegiatan diluar sepakbola seperti olimpiade. Stadion ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 53.845 dan menjadi salah satu yang terbesar di jepang.

 

Doha Port Stadium

5 Stadion Termegah Di Dunia 6

Qatar menjadi salah satu wilayah paling maju dan paling kaya di dunia. Bahkan beberapa orang kaya di sana menginvestasikan hartanya untuk membeli dan mengelola sebuah klub sepak bola. Tidak jarang juga sebuah klub sepakbola yang telah di akuisisi oleh orang- orang kaya dari Qatar ini tiba- tiba melejit pesat menjadi sebuah tim yang hebat. Hal itu menjadi wajar sebab keuangan tim sudah bukan masalah berarti. Ditambah dengan mudahnya sebuah klub sepakbola berbelanja pemain di setiap bursa transfernya.

Namun salah satu yang menjadi kabar mengejutkan di dunia adalah terpilihnya qatar sebagai tuan rumah piala dunia 2022. Qatar pun telah mempersiapkan stadion – stadion megah sebagai bagian dalam penyambutan perhelatan bergengsi tersebut. salah satunya adalah membangun Doha Port Stadium. Stadion ini mempunyai sebuah fasilitas canggih berupa pengatur suhu.

Baca juga  3 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Sepanjang Masa

Tidak main- main fitur canggih yang dimiliki stadion ini bisa membuat hawa panas di stadion berubah menjadi sejuk seperti sebuah pergantian musim. Jadi jangan membayangkannya seperti sebuah pendingin biasa. Desain dari stadion ini juga sangat futuristik dan kental dengan nuansa yang mewah. Persis menggambarkan daerah Qatar yang terkesan glamor. Doha Port Stadium ini mempunyai kapasitas lebih dari 44.000 penonton.

 

Santiago Bernabeu

5 Stadion Termegah Di Dunia 7

Menjadi salah satu klub terkaya di dunia menjadikan Real madrid seperti diatas angin. Tidak hanya sarat akan prestasi sepak bola, dari sisi bisnis pun klub tersebut termasuk salah satu yang di perhitungkan. Walau terkenal boros dan selalu mengumpulkan pemain bintang dalam satu klub, nyatanya euforia para pendukung madrid menjadi salah satu sisi fanatisme tertinggi di dunia. Madrid adalah sebuah klub besar dalam segala sisi.

Pembiayaan dan dukungan infrastruktur pun terbilang tidak main- main. Klub ini mempunyai sebuah markas di ibu kota spanyol bernama Santiago Bernabeu. Stadion ini merupakan salah satu yang terbesar dan termegah di dunia. Kapasitanya sendiri mencapai 81.000 penonton saat ini. Bahkan di tahun 1953 stadion ini menjadi salah satu yang terluas dengan kemampuannya menampung lebih dari 120.000 penonton.

Yang unik dari stadion ini adalah fasilitas buka tutup atap stadion yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat bertanding. Selain itu Santiago Bernabeu juga mempunyai beberapa fasilitas lain diantaranya adalah Mall, Restoran dan juga Hotel.

Itulah tadi beberapa stadion sepakbola termegah di dunia. Sepakbola telah menjadi budaya dan sejarah panjang yang tidak akan pernah luntur. Kesuksesan olahraga ini pun membawa setiap orang pada sisi fanatisme tersendiri. Mulai dari Olahraga, Bisnis dan juga sebuah ruang komunitas yang memiliki kecintaan tinggi pada dunia Sepakbola.

5 Stadion Termegah Di Dunia 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments