Olahraga   

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub


6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 1

Dalam dunia sepakbola modern, uang memainkan peran penting. Bahkan karena uang, banyak pemain harapan fans rela pindah klub.

Namun di tengah kenormalan itu, ada sedikit pemain bola yang memilih jalur tidak normal. Mereka tetap loyal pada satu klub dari awal hingga pensiun.

Siapa saja pemain sepakbola yang tidak pernah pindah klub tersebut? Berikut adalah 6 diantaranya.

Carles Puyol

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 3

Gondrong dan tanpa kompromi. Itulah ciri khas Carles Puyol. Mantan bek tangguh FC Barcelona itu adalah sebuah simbol kesetiaan dan konsistensi.

Pemain kelahiran 13 April 1978 itu sangat dicintai klub dan fans. Sejak kecil hingga pensiunnya dia hanya mengabdi untuk satu klub saja, Barcelona.

Uniknya, walau dikenal sebagai defender jagoan yang sering bikin frustasi para penyerang lawan, dia justru memulai karir sebagai penjaga gawang.

Lulus dari Barcelona B, dia naik tingkat ke tim senior. Walau Barca mengalami banyak pergantian pelatih, tetapi Puyol tetap menjadi pilihan utama. Duetnya bersama Marquez benar-benar bikin aman gawang La Braugrana.

Bersama dengan tim Catalan, dia mempersembahkan 6 gelar La Liga dan 3 gelap Liga Champions.

Tidak hanya di level klub, Puyol juga bersinar di kancah internasional bersama tim nasional Spanyol. Ia sukses membawa pulang trofi Piala Dunia 2010 setelah sukses mempecundangi Belanda di final.

Baca juga  Liga Italia: Berjuang untuk Bangkit Malah Dihajar Corona

Setelah mengabdi dari level junior, akhirnya si kribo itu mundur dengan terhormat di tahun 2014. Fans mencintainya seperti dia mencintai klubnya.

 

Ryan Giggs

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 4

Salah satu pemain sayap kiri dengan mobilitas tinggi dan daya dobrak mengerikan yang pernah ada di dalam sepak bola modern adalah Ryan Giggs.

Sebagai bagian dari Class of 92 bersama Beckham dan Keane, Giggs adalah legenda yang akan terus dikenang para Manchunian. Tidak hanya karena skillnya yang dewa, tetapi juga loyalitasnya pada Manchester United.

Pria berkebangsaan Wales ini lahir pada 29 November 1973 dan total sudah 24 tahun ia mengabdi untuk setan merah, julukan Manchester United.

Dia membantu United menggondol 13 trofi Liga Primer, 4 trofi FA Cup, dan 2 titel UEFA Champions League.

Kabarnya kini Giggs menekuni karir sebagai pelatih. Semoga pengalaman dan kisah heroisme bisa ditularan pada anak didiknya.

 

Paul Scholes

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 5

Satu lagu one-club man dari Manchester United, Paul Scholes. Sama seperti Giggs, Scholes juga angkatan 92 dan bermain di lini tengah bersama Keane dan Beckham.

Baca juga  Sejarah Panjang Juventus, Klub Terbaik Liga Italia

Pada masa jayanya, Scholes dikenal dengan akurasi yang hebat serta umpan-umpan terobosan yang memanjakan lini depan. Pantas saja di era itu, para penyerang seperti Cole, Nisterlooy dan RvP seakan-akan panen gol selalu.

Scholes pensiun di akhir musim 2013. Walau sudah tidak bermain, tetapi kenangan yang telah dia ukir tetap terpatri indah di lubuk hati para penggemar MU, bahkan lebih dari itu, semua pecinta sepakbola.

 

Paolo Maldini

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 6

Dia adalah legenda AC Milan dan Italia. Sering disebut sebagai salah satu defender terbaik yang pernah dilahirkan, namanya harum semerbak. Ditakuti lawan dan disegani kawan. Dialah Paolo Maldini.

Anak dari Cesare Maldini itu benar-benar hidup untuk San Siro. Di Milan ia sangat dihormati. Bahkan pemain bengal macam Gennaro ‘badak’ Gattuso yang terkenal tempramental akan terdiam ketika berhadapan dengan sang kapten Rossoneri tersebut.

 

Francesco Totti 

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 7

Sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana Totti menjelma dari seorang penyerang menjadi mitos di Roma, ibukota Italia.

Pemain yang sering dijuluki Pangeran Roma itu memang benar-benar seorang loyalis yang jempolan. Berkali-kali klub besar seperti Chelsea, Madrid dan MU menggodanya dengan uang, ia tetap bertahan demi AS Roma.

Baca juga  7 Pemain Pengambil Tendangan Penalti Terbaik Sepanjang Masa

Akhirnya setelah mengabdi selama 25 tahun, ia pensiun di akhir musim 2017. Ia adalah saksi hidup bagaimana serigala ibukota mampu membendung dominasi Juventus dan AC Milan. Bahkan pada musim 2000-2001 Totti bersama winning team Roma yang terdiri dari Batistuta, Delvechio, Emerson dan Panucci memboyong titel juar Serie-A.

 

Rogerio Ceni

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 8

Dari hiruk pikuk persepakbolaan Eropa yang megah, mari mengarahkan pandangan ke Amerika Selatan, tepatnya di negara Brazil. Di sana, seorang kiper unik menjalankan takdirnya sebagai one-club man untuk Sao Paulo. Dialah Rogerio Ceni.

Andai main di Eropa, dia pasti sudah jauh lebih populer dari sekarang. Pasalnya, sebagai kiper, Ceni juga hobi bikin gol. Bukan dengan sundulan seperti beberapa kiper lainnya, melainkan dari tendangan bebas, mirip Jose Luiz Chilavert.

Kesetiaan Ceni memang luar biasa. Dia pensiun di musim 2015. Artinya dia sudah memberikan 23 tahun totalitas untuk Sao Paulo.

Itulah 6 one-club men hebat yang cinta mati pada klubnya. Di tengah komersialiasi sepakbola dan fenomena pemain kutu loncat, sosok loyalis macam Totti, Ceni atau Giggs akan tetap dikenang.

6 Pemain Sepakbola Hebat yang Tidak Pernah Pindah Klub 9


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments