Olahraga   

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa


Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 1

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang sangat dicintai oleh masyarakat. Tidak hanya Indonesia tetapi juga dunia. Bahkan olahraga ini merupakan salah satu cabang yang mempunyai sisi fanatisme paling tinggi dari semua bidang. Tidak hanya itu sepakbola juga dianggap sebagai salah satu olahraga tersukses di dunia. Hal ini karena peranan olahraga ini dalam perputaran uang dan birokrasi bisnis yang kental.

Namun awal tahun ini publik dikejutkan dengan adanya wabah virus Covid- 19 yang bahkan sampai saat ini pandemi tersebut masih belum diketahui kapan akan selesai. Alhasil dampak dari pandemi juga berimbas pada kompetisi sepak bola di dunia, terutama 5 Liga Top di eropa seperti Liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis. Namun untungnya dampak pandemi yang sempat menghambat perkelatan tahunan ini tidak menggangu begitu lama, sebab hampir kelima liga ini kembali memulai musim 2020 sejak bulan juni pertengahan tahun ini.

Tetapi karena belum seluruhnya dari kelima liga menyelesaikan kompetisi akhir musimnya maka kita akan sejenak melihat ke masa lalu. Dalam setiap kompetisi sepak bola selalu menghadirkan juara dan perhelatan liga dalam sepakbola biasanya selalu di dominasi oleh beberapa tim yang dianggap kuat serta mempunyai materi pemain dan pelatih terbaik. Tim- tim terbaik pun pada akhirnya dapat mengukir sejarah yang saat ini masih menjadi bukti tentang superioritas dalam sepak bola. Berikut adalah tim yang dianggap terbaik di tiap liga top eropa.

Manchester United – Liga Inggris

Walau mengakhiri musim di peringkat ke 5 Liga premiere Inggris, tetapi tim dengan julukan setan merah ini masih menjadi salah satu tim terbaik yang mengukir prestasi besar dalam dunia sepak bola. Manchester United merupakan rival abadi dari Liverpool yang untuk pertama kalinya berhasil menjuara liga premiere inggris setelah puasa gelar selama 30 tahun. Club ini didirikan pertama kali dengan nama Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878, klub ini berganti nama menjadi Manchester United pada 1902 dan pindah ke Old Trafford pada tahun 1910.

Baca juga  Harga Transfer Dipangkas Habis, Ini 3 Calon Klub Pogba di Masa Depan

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 3

Setan Merah yaitu julukan dari Manchester United telah mengukir banyak sekali prestasi diantaranya termasuk rekor 20 gelar Liga, 12 Piala FA, empat Piala Liga dan rekor 21 FA Community Shield. Klub ini juga telah memenangkan tiga Piala Eropa, satu Piala UEFA, satu Piala Winners UEFA, satu Piala Super UEFA, satu Piala Interkontinental dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA. Pada 1998-1999, Manchester memenangkan treble untuk pertama kalinya, prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk sebuah klub Inggris.

Hal yang membuat banyak fans fanatik terhadap club Manchester united adalah karena club ini mempunyai banyak sekali sejarah. Selain merupakan salah satu club terkaya di dunia serta memenangkan banyak gelar, Manchester United dikenal sebagai tim dengan para bintang terbaik di dunia. Bahkan dari tahun 1986 hingga 2013 Manchester United hanya dilatih oleh satu orang pelatih bernama Sir Alex Ferguson dan ia merupakan bagian penting dalam sejarah setan merah.

 

Real Madrid – Liga Spanyol

Sempat bersaing dengan barcelona di papan atas klasemen, Real Madrid akhirnya berhasil menjuarai kembali Liga Spanyol di tahun 2020. Ini merupakan gelar ke 34 mereka sejauh ini dalam sejarah kompetisi liga. Berdiri pada tahun 1902, Real Madrid menjelma menjadi raksasa eropa bahkan dunia. Bahkan real madrid mendapat penghargaan sebagai tim terbaik dunia pada abad ke 20 yang diberikan oleh FIFA. Sungguh prestasi yang mengagumkan sebagai sebuah tim.

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 4

Selain dikenal sebagai club paling kaya, rupanya real madrid juga merupakan club dengan raihan gelar bergengsi terbanyak dalam sejarah liga- liga di eropa. Salah satu prestasi yang paling bersinar belakangan ini adalah kehebatan real madrid menjadi juara Liga Champion selama 3 Musim beruntun.

Baca juga  Sejarah Panjang Juventus, Klub Terbaik Liga Italia

Beberapa prestasi Real Madrid diantaranya club ini telah meraih 34 gelar La Liga, 19 gelar Piala Raja Spanyol, 9 Piala Super Spanyol, 1 Copa Eva Duarte, 1 Copa de la Liga, 13 gelar Piala Champions Eropa/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 4 Piala Super UEFA, 3 Piala Interkontinental dan 4 Piala Dunia Antarklub FIFA. Raihan ini menjadi bukti sejarah panjang dari sebuah club yang dianggap glamor bernama Real Madrid.

 

Juventus – Liga Italia

Saat ini juventus masih harus bersaing dengan rival terdekatnya dalam liga yaitu Inter Milan. Namun melihat kembali ke belakang Juventus merupakan tim yang dianggap paling sukses di italia.  Sejarah yang paling kelam bagi club sebesar Juventus terjadi pada Musim 2005/ 2006. Juventus sempat terkena skandal Calciopoli dengan hukuman Degradasi ke Serie B, mendapat pengurangan poin sebesar sembilan poin, tidak berhak mengikuti Liga Champions Eropa 2006/2007, gelar Serie A musim 2004/2005 dan 2005/2006 dicabut.  Namun bukan tim besar namanya jika tidak kembali ke puncak.

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 5

Dikenal sebagai salah satu club tertua di Italia setelah Genoa, Juventus mendapat julukan si Nyonya tua. Selain itu tim penuh sejarah ini banyak mengukir prestasi nasional dan internasional. Bisa kita sebutkan dalam daftar ada 35 gelar juara liga, 13 gelar Coppa Italia, dan delapan gelar Supercoppa Italiana, serta menjadi pemegang gelar terbanyak untuk ketiga kompetisi tersebut.

Selain itu, mereka juga telah berhasil meraih dua gelar Piala Interkontinental, dua gelar Liga Champions, satu gelar Piala Winners, tiga gelar Piala UEFA (rekor nasional untuk club Italia), satu gelar Piala Intertoto, dan dua gelar Piala Super Eropa. Yang paling disayangkan oleh para fans Juventus ini adalah mereka menjadi salah satu tim dengan gelar Runner Up terbanyak liga champion eropa.

 

Bayern Munchen – Liga Jerman

Club yang bermarkas di stadion Allianz Arena ini merupakan tim paling sukses dalam sejarah liga jerman. Jerman tidak hanya dikenal sebagai sebuah tim sepak bola kuat berdasarkan negara, tetapi dari segi club pun juga sangat diperhitungkan. Hal ini terbukti dengan Bayern Munchen menjadi salah satu club andalan yang mampu bersaing di Liga Champion Eropa. Bayern Munchen pertama dibentuk pada tahun 1900, tepatnya pada tanggal 27 Februari 1900. Pendiri Bayern adalah sekelompok anggota club senam Munich (Munchner TurnVerein 1879/MTV 1879).

Baca juga  Liga Italia: Berjuang untuk Bangkit Malah Dihajar Corona

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 6

Tetapi Bayern Munchen menjadi salah satu tim yang paling berprestasi diantaranya 28 gelar dan telah memenangkan 10 dari 14 gelar terakhir, menjuarai liga champion sebanyak 5 kali, Piala DFB sebanyak 19 kali, Piala Super DFB/DFL sebanyak 7 kali, Piala liga DFL sebanyak 6 kali, Liga Eropa, Piala Winner dan Piala Super UEFA masing- masing 1 kali, Piala Interkontinental sebanyak 2 kali dan Piala dunia antar club satu kali. Selain itu Bayern Munchen pernah meraih treble pada musim 2012/2013.

 

Saint Etienne – Liga Prancis

Jika kita menyebut pengukir sejarah dari liga prancis adalah Paris Saint Germany tentu salah. Karena pengukir prestasi terbesar dalam sejarah liga prancis adalah sebuah club bernama Saint Etienne. Tim ini merupakan salah satu pendiri liga prancis atau yang dikenal sebagai League 1 pada tahun 1932. Saint Etienne adalah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Étienne, Prancis.

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 7

Jika kita melihat prestasi di dalam liga, tim ini telah mengukir prestasinya dengan menjuarai liga 1 sebanyak 10 kali, liga 2 sebanyak 3 kali, Coupe De France sebanyak 6 kali, Coupe De la Ligue sebanyak 3 kali serta menjadi runner up liga champion eropa sebanyak 1 kali.

Itulah tadi beberapa tim sepakbola terbaik di masing- masing liga di lima liga top eropa. Seiring berjalannya waktu sepakbola memang selalu berubah, namun sejarah akan tetap dikenang dan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi club dan juga para fans sepakbola.

Club Terbaik Di Masing-Masing Liga Eropa 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments