Olahraga   

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia


Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 1

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat Indonesia sangat mencintai olahraga ini. Dengan adanya dampak covid19 ini, yang entah sampai kapan akan hilang belum bisa di prediksi. Masyarakat harus mengurungkan niatnya untuk melihat secara langsung pertandingan sepak bola di Indonesia khususnya timnas Indonesia. Berhubung dengan hal tersebut timnas Indonesia memang sering merombak susunan kepelatihannya untuk memperbaiki performa dari timnas sendiri. Sudah beberapa kali kepelatihan timnas Indonesia bergonta-ganti pelatih.

Indonesia memang lebih sering mempercayakan pelatih asing namun tidak juga menggunakan pelatih lokal. Hingga saat ini timnas Indonesia pun menggunkan jasa pelatih asing asal korea selatan shin tae yong. Shin tae yong sendiri didatangkan pada tahun 2019. Berikut pelatih asing yang pernah menangani pelatih Indonesia atau sampai saat ini masih melatih timnas Indonesia.

Ivan Kolev

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 3

Siapa yang tidak mengenal pria asal Bulgaria ini. Sosoknya dikenal di masyarakat Indonesia saat dirinya menjadi pelatih timnas Indonesia pada tahun 2002. Namanya kian dikenal masyarakat Indonesia saat dirinya melatih klub papan atas liga Indonesia pada saat itu. Pria dengan nama lengkap ivan venko kolev saat melatih timnas Indonesia cukup berkesan untuk timnas indoensia sendiri.

Awal karir menangani timnas Indonesia pada tahun 2002 hingga 2004, ivan pernah mengantarkan timnas Indonesia menjadi runner up piala tiger cup tahun 2002 atau sekarang disebut piala AFF cup. Piala tiger ini digelar 2 tahun sekali yang diikuti peserta dari Negara asia tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia. Pada tahun 2004,ivan kembali membawa timnas Indonesia lolos ke ajang piala asia tahun 2004.

Timnas yang tampil di ajang piala asia ini bersama ivan kolev. Timnas Indonesia kala itu berada satu grup dengan tuan rumah cina, Bahrain dan Qatar. Namun sayang ivan belum mampu menembus persaingan Negara-negara asia yang kuat. Ivan hanya mampu membawa timnas Indonesia hingga fase grup saja. Kontrak ivan bersama timnas pun harus terhenti di tahun 2004. Pada tahun 2007 ivan kolev kembali ditunjuk oleh PSSI unutk menangani timnas indonesi untuk berlaga di piala asia 2007. Timnas kembali belum mampu kembali untuk menembus fase grup.

Indonesia harus menelan dua kekalahan dan satu kemenangan sehingga hanya mendapatkan tiga poin dari tiga laga yang dijalankan. Walaupun ivan bersama timnas Indonesia tanpa gelar namun ivan sudah menorehkan namanya sebagai pelatih asing yang pernah menangani timnas Indonesia.

Baca juga  30 Negara Partisipan Tokyo 2020 Dibuat Jadi Karakter Anime

 

Alferd riedl

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 4

Ada nama alferd riedl yang sudah tidak asing dikalangan masyarakat timnas Indonesia. Pria kelahiran Austria ini merupakan sosok arsitek yang sempat menangani tiga periode bersama timnas Indonesia. Riedl sangat lekat bersama timnas Indonesia dalam satu decade ini, ya walapun belum ada gelar yang dipersembahkan oleh riedl bersama timnas Indonesia sejak dipercaya PSSI untuk menangani timnas Indonesia.

Riedl nampaknya juga sering disebut sebagai spesialis runner up, mungkin karna catat bersama timnas indoensia. Julukan spesialis juga melekat riedl untuk Indonesia. Mengawali karir sebagai pelatih timnas Indonesia pada tahun 2010, riedl langsung dipercaya oleh PSSI untuk mempercayai sebagai pelatih timnas Indonesia yang akan tampil di piala AFF pada tahun 2010. Hal yang kurang memuaskan juga terjadi ketika ekpetasi masyarakat Indonesia saat itu adalah menjadi juara piala AFF untuk pertama kalinya, namun sayang Indonesia harus menadi runner up setelah kalah dari Negara tetangga, Malaysia.

Pada tahun 2013 riedl kembali dipercaya untuk menangani timnas Indonesia, di ajang piala AFF tahun 2014. Indonesia saat itu turun dengan kekuatan yang sanagat minim, karena pada saat itu PSSI sedang kisurh-kisurhnya. Indonesia di piala AFF 2014 hanya mampu fase grup saja. Pada tahun 2016 riedl kembali dipercaya untuk melatih timnas Indonesia. Sama halnya pada tahun 2010 riedl kembali membawa timnas Indonesia hingga partai final, namun sayang sekali riedl belum mampu membawa gelar juara itu kepada timnas Indonesia.

Berkat gemilangnya pelatih satu ini riedl bisa dikatakan sebagai pelatih yang sangat bagus dan berkualitas. Ia memberikan jaminan bawha timnas yang ditanganinya dapat bersaing dilevel tertingi dan bermain secara kompetitif.

 

Luis milla

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 5

Ada nama luis milla sebagai pelatih asing bagi timnas Indonesia. Siapa yang tidak tahu pelatih yang satu ini. Namanya mulai dikenal masyarakat indoneis, setelah ia dipercaya oleh PSSI untuk menangani timnas Indonesia. Pria asal spanyol ini menjadi pelatih Indonesia pada tahun 2018 yang diroyeksi untuk menangani timnas di sepanjang tahun 2018, salah satunya adalah multieven olahraga bergensi yakni asian games 2018. Asian games diselenggarakan empat tahun sekali dan Indonesia pada saat itu sebagai tuan rumah.

Mantan pemain Barcelona dan real Madrid ini sempat menjadi asa bagi masyarakat Indonesia, karena dianggap mampu membuat performa timnas semakin tajam. Asian games tahun 2018 ini menjadi perwujudan dari pelatih asal spanyol ini dari segala semua pemusatan latihan yang sudah dilakukan oleh milla. Milla pada asian games ini menangani timnas u23 karena sesuai dengan aturan FIFA, timnas di multieven ini hanya dapa menurunkan pemain usia dibawah usia 23 dan tiga slot tambahan pemain senior.

Baca juga  Erling Haaland? Zidane Malah Lebih Suka Real Madrid Beli Striker Ini

Indonesia dibawah asuhan luis milla tergabung di grup A bersama tim hongkong, laos, Taiwan, dan palestina. Indonesia berhasil melawati fase grup dengan kerja keras. Hingga dibabak 16 besar timnas u23 indonesia harus bertemu dengan UEA. Indonesia sebenernya memberikan penampian yang sangat impresif unutk memenangkan pertandingan tersebut, namun sayang Indonesia harus mnerima kekalahan dari UEA di babak 16 besar asian games 2018.

Berkat penampilannya timnas Indonesia u23 mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat karena mampu finis di babak 16. Ya pastinya dibawah asuhan pelatih asal spanyol, luis milla. Karir luis milla bersama timnas Indonesia harus berakir setelah melakoni laganya bersama timnas Indonesia dalam ajang asian games 2018.

 

Simon McMenemy

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 6

Ada nama pelatih asal skotlandia bernmana Simon McMenemy, namanya mencuat di kalangan masyarakat setelah menangani timnas Filipina. Momen yang paling diingat adalah ketika timnas Indonesia menghadapi timnas Filipina di semifinal pada ajang piala AFF 2010, pertandingan tersebut dimenangkan oleh timnas Indonesia yang saat itu dilatih oleh pria asal Austria Alfred riedl.

Kiprah simon kembali menggetarkan persepakbolaan Indonesia kala simon melatih tim bhayangkara fc di liga 1 indonesia pada musim 2017/2018. Simon berhasiil membawa bhayangkara fc menjadi kampiun untuk liga 1 indonesia, sekaligus membuat namanya menjadi sangat di kenal oleh masyarakat Indonesia. Federasi sepakbola Indonesia PSSI pada tahun 2019 membuat suatu keputusan dengan memanggil simon untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Kiprah simon pun langsung diuji untuk mengangkat performa dan meningkatkan ranking FIFA untuk masuk di sekitar ranking 130an.

Tantangan sangat besarpun sudah didepan mata yaitu pada ajang kualifikasi piala dunia 2022. Namun pada saat menahkodai tim garuda simon belum sama sekali memberikan kemenangan untuk timnas Indonesia. Tidak selang lama pun kerja sama dengan PSSi dan simon dihentikan lebih cepat ketimbang kontrak awal setelah piala AFF 2020. Pada pertandingan kontar Malaysia pada 19 november 2019 di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, adalah laga terakhir simon menangani timnas Indonesia pada ajang kualifikasi piala dunia 2022.

Baca juga  Cristiano Ronaldo dan Messi, Legenda yang Karirnya Belum Sempurna

Keputusan PSSI untuk mengakhiri kerja sama dengan simon setelah hasil buruk yang dialami oleh timnas Indonesia pada ajang kualifikasi piala dunia 2022. Dari empat laga yang sudah dilakoni semua berakhir dengan kekalahan.

 

Shin tae yong

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 7

Sepak bola indonesia dikejutkan dengan kedatangan pelatih yang selama ini menjadi teka teki bagi masyarakat Indonesia, ialah Shin tae yong. Shin tae yong menjadi pelatih asing yang ditunjuk menangani timnas Indonesia. Pria asal korea selatan ini sempat menjadi pelatih asal timnas korea selatan pada tahun 2017-2018.

Pada tahun 2019 shin tae yong dipercaya oleh federasi sepak bola Indonesia PSSI untuk menggantikan posisi Simon McMenemy dari pelatih timnas Indonesia. Shin tae yong sebenernya diproyeksi untuk melakoni sejumlah laga, salah satunya di ajang kualifikasi piala dunia 2022, namun sayang dengan adanya pandemi covid 19 ini, sepak bola hampir diseluruh dunia berhenti total, sama halnya dengan agenda timnas sepanjang tahun 2020 ini.  Memang belum ada prestasi yang diberikan shin tae yong kepada timnas Indonesia.

Bulan Oktober – November 2020, timnas senior dan timnas u-19 mempunyai jadwal yang sangat padat yaitu harus melakoni laga kualifikasi piala dunia 2022 dan piala asia u-19 di Uzbekistan. Meski sudah tersisi namun untuk menjaga peringkat di sepak bola FIFA dan misi pembinaan jangka panjang. Rencana piala asia u-19 yang akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 oktober 2020. Timnas u-19 masuk kedalam grup A bersama tim, tuan rumah, kamboja, dan iran. Pelatih yang membawa korea selatan di piala dunia 2018 itu menambahkan roadmap untuk timnas u-19 dan timnas senior karena pemusatan latihan terlambat.

Terkait dengan piala dunia u-20, piala AFF 2020, dan ranking FIFA Indonesia, shin sangat yakin dengan durasi empat tahun kontrak bersama timnas Indonesia shin memprioritaskan meningkatkan landasan sepak bola Indonesia guna menuju tingkat yang lebih tingga bagi sepak bola Indonesia. Tujuan utama shin yaiut lolos fase grup piala dunia u-20 pada tahun 2021, juara piala AFF 2020, karena itu penting untuk naik ke level yang lebih tinggi. Kini PSSI sedang menunggu shin kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan segala sesuatnya sebelum turun diajang yang sesungguhnya.

Daftar Pelatih Asing Timnas Indonesia 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Vebriary Rizkizul Pamuji

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments