Olahraga   

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia


Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 1

Salah satu hal yang paling ditunggu dari Piala Dunia adalah munculnya pemain-pemain hebat yang memperebutkan gelar top score. Ini adalah sebuah predikat bagi mereka yang mampu menjadi pencipta gol terbanyak di even empat tahunan itu.Piala Dunia sendiri memang penuh drama. Banyak pemain hebat lahir tetapi nyatanya hanya sedikit yang mampu menggoreskan tinta emas sebagai pengkoleksi gol dengan jumlah bejibun. Lantas siapa saja 5 pemain pencetak gol terbanyak piala dunia sepanjang masa?

Pelé / Brazil

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 3

Inilah nama yang selalu diingat, bukan hanya oleh publik Brazil, tetapi juga seluruh dunia. Dialah Pele.

Bahkan tak jarang orang menyebut Pele sebagai pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Dalam karirnya yang begitu lama di tim nasioal Brazil, pemain berkulit hitam ini berhasil menyabet Juara Piala Dunia sebanyak 3 kali.

Bersama Tim Samba, dia merebut Juara Piala Dunia pada tahun 1958 (di Swedia), tahun 1962 (di Chili), dan tahun 1970 (di Meksiko). Sedangkan untuk level pribadi, total ia berhasil mencetak 12 gol sepanjang kiprahnya di Piala Dunia.

Predikat lain yang didapat Pele adalah sebagai pemain tim nasional Brazil yang paling produktif dengan 77 gol.

Baca juga  Erling Haaland? Zidane Malah Lebih Suka Real Madrid Beli Striker Ini

Just Fontaine / Perancis

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 4

Pemain ganteng ini mengawali karirnya di level internasional pada tahun 1952. Saat itu ia bahkan berhasil mencetak tiga gol alias hattrick.

Sepanjang pengabdiannya untuk tim ayam jantan Perancis, Just Fontaine mencetak gol sebanyak 30 dalam 21 kali pertandingan.

Total Fontaine telah mencetak rekor dengan 13 gol pada 6 pertandingan dan hanya dalam satu edisi Piala Dunia saja, yakni World Cup 1958. Daftar itu termasuk 4 gol yang ia ceploskan ke gawang Jerman Barat yang merupakan juara bertahan.

Gerd Müller / Jerman Barat

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 5

Jerman memang tak pernah kehabisan striker buas. Salah satu pemain terhebat Jerman yang pernah merumput bagi tim nas Der Panzer adalah Gerd Muller.

Tidak hanya di level timnas, untuk klubnya, Bayern Munchen, Gerd Muller juga sangat piawai dalam menceploskan gol ke gawang lawan.

Karena kepiawaiannya dalam hal mencetak gol, Gerd Müller sempat dilabeli sebutan “Der Bomber”.

Pemain lincah dan energik ini punya berbagai rekor antara lain : menciptakan 14 gol di Piala Dunia, mengoleksi 365 gol selama bermain pada 427 pertandingan di Bundesliga. Sedang untuk Jerman, Gerd Müller menjadi pemain paling banyak mencetak gol, yakni sebanyak 68 biji. Walaupun akhirnya hal itu dilampaui oleh Miroslav Klose.

Ronaldo / Brazil

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 6

Sudah tidak diragukan lagi, Brazil sebagai rajanya sepak bola memang penuh talenta berbakat. Selain Pele, salah satu pencetak gol terbanyak dalam Piala Dunia adalah si kuncung Ronaldo.

Ronaldo mengawali kisah panjangnya di tim Seleção, Brazil pada Piala Dunia 1994 yagn digelar di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Padahal saat itu ia masih sangat belia, yakni baru Saat berumur 17 tahun. Walau begitu, ia memang terdaftar tetapi belum sekalipun diterjunkan. Kiprahnya mulai menyedot banyak perhatian saat ikut dalam timnas Brazil di ajang Olimpiade 1996 di Atlanta.

Permainan dan prestasi Ronaldo di level klub bersama FC Barcelona dan Inter Milan yang ciamik membuat Brazil difavoritkan sebagai juara pada Piala Dunia 1998 di Perancis. Dalam turnamen ini, Ronaldo mengoleksi 4 gol meski timnya tidak berhasil menggondol piala karena kalah dari tuan rumah Perancis di babak final.

Aksi menawan Ronaldo adalah di Piala Dunia 1998 (Perancis) dan 2002 (Korea Selatan-Jepang).

Pada gelaran edisi 98, Brazil dihentikan tuan rumah dan hanya mampu menjadi juara kedua.

Tetapi pada tahun 2002 ia bersama Rivaldo dan Ronaldinho mampu membawa Brazil meraih trofi paling bergengsi itu. Dia juga menjadi top score mengalahkan rival terdekat, Miroslav Klose.

Pada Piala Dunia 2006, Ronaldo mencetak gol ke gawang Ghana yang sukses membuatnya berhasil menjadi top skorer Piala Dunia dengan raihan 15 gol, selisih 1 gol saja di atas Gerd Muller.

Miroslav Klose / Jerman

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 7

Inilah pemain dengan koleksi gol paling banyak di gelaran Piala Dunia. Dialah Miroslav Klose, pemain tim nasional Jerman berdarah Polandia.

Tidak tanggung-tanggung dia mampu menceploskan 16 gol, melewati Ronaldo sebagai pemegang rekor sebelumnya. Dia juga mengalahkan Gerd Muller, pendahulunya dari Jerman.

Pemain yang besar di Bayern Munchen dan SS Lazio ini akan dikenang sebagai mesin gol yang tangguh. Akankah ada yang mampu mengalahkan jumlah golnya?

Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments