Olahraga   

Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah


Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah 1

Liga champions eropa adalah sebuah kompetisi antar klub di benua eropa yang diselenggarakan setiap tahun oleh federsai sepak bola eropa UEFA. Liga champions adalah turnamen paling bergengsi yang ada dibenua eropa yang hanya diikuti oleh para juara di setiap Negara yang ada benua eropa. Sejak tahun 1992 liga champions mulai bergulir untuk setiap tahunnya.

Kompetisi ini menggantikan liga champions eropa atau piala eropa yang telah bergulir sejak 1955. Beberapa klub elit di benua eropa ini telah merasakan juara, dan siapa sangka ternyata ada klub terbanyak yang menjuarai turnamen ini sejak tahun 1955.

Real Madrid FC

Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah 3

Siapa yang tidak tahu tentang klub yang satu ini. Real Madrid adalah salah satu klub raksasa eropa bahkan di dunia. Klub asal Negara spanyol ini memang dikenal dengan sebutan klub bintangnya, karena diklub real Madrid sendiri dihuni oleh pemain-pemain top dunia. Klub yang bermarkas di stadion Santiago bernabeu yang menampung penonton hingga 81.044 ini, mencatatkan dirinya adalah klub paling suskses yang pernah menjadi juara liga champions dibenua eropa ini.

Real Madrid tercatat menjadi juara sudah 13 kali. Gelar pertama yang diperoleh pada tahun 1956. Kala itu real Madrid mengalahkan klub asal prancis stade de reims dengan skor 4-3 untuk kemenangan Madrid. Pada musim berikutnya real Madrid sama sekali tidak tergantikan posisinya sebagai raja benua eropa tersebut dengan selalu menjadi juara pada liga champions eropa pada musim 1957,1958,1959,1960.

Kejayaan Madrid pun terus berlanjut hingga menjadi salah satu klub terbaik pada abad ke-20 menurut FIFA. Dibawah kepelatihan zinedine zidane kesuksesan tim Madrid pun kiat melesat dengan menjadi juara liga champions tiga berturut-turut pada musim 2016,2017,2018. Ini merupakan sejarah yang indah bagi klub asal spaunyol ini setelah berkiprah di liga champions eropa.

Saat ini klub yang bermarkas di Santiago bernabue ini dihuni pemain bintang, seperti gareth bale, eden hazard , Sergio ramos, dan masih banyak lagi. Selain menjadi juara liga champions, Madrid juga menjuara beberapa kejuaran bergengsi diantaranya, 33 gelar la liga, 4 piala super UEFA, 4 piala dunia antar klub FIFA.

Baca juga  7 Masalah yang Tengah Dihadapi Chelsea di Tahun 2019

 

AC Milan

Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah 4

Salah satu kekuatan dibenua eropa lainnya adalah klub asal italia, Ac Milan. Klub yang bermain untuk liga seria A ini sudah tak asing lagi bagi semua penikmat sepakbola di dunia dengan segudang presati yang pernah ditorehkan klub ini. Klub yang bermarkas di san siro ini, mempunyai ciri khas dengan memakai seragam merah-putih dan celana putih.

Milan menjadi klub yang cukup sukses dalam sejarah sepak bola italia, Milan menjuarai seria A italia sebanyak 18 kali dan juara piala italia sebanyak 5 kali. Terlepas dari hal itu Milan juga suskses menjadi juara liga champions eropa sebanyak 7 kali dalam sejarah Milan ikut dalam turnamen ini. Milan mendapat juara pertamanya pada tahun 1963. Kala itu milan mampu mengandaskan kekuatan tim benfica dengan skor 2-1 untuk kemenangan Milan.

Namun sayang dalam beberpa musim belakangan ini performa tim asal italia ini kurang maksimal, karena sebagai tim besar eropa Milan belum mampu kembali menjadi juara liga champions. Terkahir kali Milan menjuari turnamen ini pada tahun 2007. Saat itu Milan mampu mengandaskan kekuatan tim asal inggris di partai final dengan skor 2-1 untuk kemenangan Milan.

Selain prestasi ini Milan juga mampu menorehkan hasil yang cukup maksimal sehingga menjadikannya menjuarai beberapa klub, diantaranya tiga kali juara interkontiental, 5 kali piala super UEFA dan piala winner UEFA 2 kali.

 

Liverpool FC

Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah 5

Klub yang baru saja menjuarai liga inggris untuk musim 2019/2020 ini juga mencatatkan namanya sebagai klub dengan meraih juara liga champions terbanyak. Terhitung sejak mengikuti turnamen ini Liverpool sudah 6 kali menjadi juara. Klub yang bermain untuk kompetisi premier league ini sudah tidak diragukan lagi kekuatannya.

Baca juga  Cristiano Ronaldo dan Messi, Legenda yang Karirnya Belum Sempurna

Klub dengan pemegang gelar juara terbanyak juara liga champions di inggirs ini. Klub yang bermarkas di stadion anfield dengan kapasitas penonton 53.394 ini, pertama kali menjadi juara pada tahun 1977, kala itu Liverpool mengandaskan tim asal jerman borussia m’gladbach dengan skor 3-1 untuk kemenangan Liverpool. Dengan datangnya pelatih asal jerman jurgen klopp, Liverpool menjadi klub yang sangat disegani oleh beberapa tim di liga inggris maupun di liga champions eropa.

Tercatat Liverpool secara beruntun masuk final liga champions pada musim 2018, dan 2019, dibawah asuhan jurgen klopp. Namun sayang pada final tahun 2018, Liverpool harus kalah dengan tim asal spanyol real Madrid. Kala itu Liverpool harus puas menjadi runner up setelah di final kalah dengan skor  3-1 untuk kemenangan real Madrid. Satu musim berselang Liverpool kembali masuk final secara beruntun. Di final Liverpool menghadapii tim sesame tim asal inggirs yaitu tottenham. Liverpool menang mudah atas tottenham dengan skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool.

Di bawah asuhan klopp Liverpool kembali mempersembahkan prestasi yang sangat luar biasa setelah keluar sebagai juara liga inggris untuk musim 2019/2020, ini menjadikan gelar perdana untuk jurgen klopp saat menangani Liverpool. Pemain-pemain yang sukses membawah Liverpool juara liga inggirs diantaranya seperti, mohammad salah pemain asal timnas mesir ini sukses membawa gelar liga inggris bagi Liverpool, fiminho, dan virgil van dijk.

Jika kita ulas kembali kejayaan Liverpool memang sudah sejak dulu, pada masa paling sukses dalam sejarah Liverpool adalah pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika bill shankly dan bob paisley sukses mempersembahkan 11 gelar liga inggris dan 7 piala eropa. Selain menjadi juara liga champions Liverpool juga mencatatkan namanya sebagai juara liag eropa UEFA 3 kali dan piala super UEFA 4 kali.

Baca juga  Sosok Zlatan Ibrahimovic Bikin AC Milan Ketagihan Menang

 

FC Bayern Munchen

Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah 6

Tim selanjutnya ada tim asal jerman Bayern munich. FC Bayern yang didirikan pada tahun 1900 oleh sebelas pemain sepak bola yang dipimpin oleh franz john. Klub yang satu ini sudah tidak diragukan lagi popularitasnya, hampir diseluruh penjuru dunia Bayern munchen mempunyai fans yang sangat banyak dan fantastis.

Klub yang bermain untuk bundesliga di jerman ini membuat rekor dengan menjadi kampiun bundes liga sebanyak 30 kali dalam sejarah sepak bola jerman. Rekor ini ditorhkan setelah Bayern menjuara bundesliga secara beruntun sejak musim 2012/2013. Tercatat 8 kali Bayern juara secara beruntun di kompetisi bundesiga tersebut. Musim 2019/2020 Bayern juga baru saja menjadi kampiun untuk kompetisi bundesliga. Klub yang bermarkas di Allianz arena ini dengan kapasitas penonton 75.000 ini menjadi salah satu saksi kesuksesan Bayern menjuara turnmane liga champions eropa.

Terhitung Bayern tercatat sudah 5 kali menjadi juara di turnamen ini. Musim 1974 adalah momen yang paling berkesan bagi tim Bayern karena tim ini sukses menjadi juara setelah di partai final berhsil mengalahkan tim asal spanyol atletico Madrid dengan agregat 5-1 untuk kemenangan Bayern munich.

Satu musim kemudian Bayern kembali menjadi juara di turnamen liga champions eropa ini. Pada musim 2013 bayern terakhir menjadi juara pada ajang liga champions eropa setelah mengalahkan sesama tim asal jerman lainnya yaitu borussia Dortmund dengan skor 2-1 untuk kemenagan Bayern munich. Hingga saat ini Bayern belum bisa mengulang kejayaan tersebut. Prestasi lain juga pernah dicapai klub asal jerman ini juara piala UEFA satu kali, piala winner UEFA satu kali, piala super UEFA dan juara piala dunia antar klub satu kali.

Juara Liga Champions Eropa Terbanyak Sepanjang Sejarah 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Vebriary Rizkizul Pamuji

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments