Olahraga   

Mereka-reka Formasi Terbaik Lintas Generasi Timnas Portugal


Mereka-reka Formasi Terbaik Lintas Generasi Timnas Portugal 1

Portugal adalah nama sebuah negara di daratan Eropa. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Spanyol di kanan dan Samudera Atlantik di kiri.

Pada masa lampau negeri ini punya banyak jajahan, termasuk Brazil, Mozambique, Makau, Timor Leste, hingga Indonesia.

Tidak hanya dikenal sebagai mantan negeri kolonialis dan berjiwa pelaut, bangsa Portugal yakni orang Portugis suka sekali sepakbola.

Kegemaran akan sepakbola tak pelak membuat negara itu melahirkan banyak talenta berbakat dari generasi ke generasi. Walau begitu, tetapi belum sekalipun trofi Piala Dunia berhasil didapatkan.

Lantas bagaimana formasi tim nasional Portugal jika diisi para pemain hebat dari berbagai era. Mari bersama mereka-reka.

 

Formasi : 4-3-3 Jogo Bonito

Ciri khas pemain Portugal adalah ber-skill tinggi. Tengok saja Bruno Fernandez atau Cristiano Ronaldo. Dua orang itu dan banyak pemain Portugal lainnya adalah jago dribbling.

Untuk itu maka system of play yang cocok untuk bisa mewadahi talenta-talenta berbakat ini adalah 4-3-3 dengan filsafat permainan Jogo Bonito.

 

Kiper Manuel Bento

Mereka-reka Formasi Terbaik Lintas Generasi Timnas Portugal 3

Ini adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Portugal. Lahir pada 25 Juni 1948, Bento telah menjalani 650 pertandingan dalam karir sepakbolanya. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Baca juga  20 Hal Menarik dari Timnas Indonesia Sejak Jaman Dahulu

Pemain yang merumput bersama Benfica ini berhasil mempersembahkan 10 gelar Liga. Sedangkan untuk prestasi individu, dia adalah pemegang titel Portuguese Footballer of the Year edisi 1977.

 

Defender : Fabio Coentrao, Pepe, Jorge Andrade, Joao Pinto

Fabio Coentrao harus disebut. Mantan pemain Real Madrid ini adalah salah satu bek kiri terbaik yang pernah ada. Kecerdasan dan daya jelajah yang luas menjadi andalannya. Ia membuat tim menjadi seimbang dalam posisi menyerang atau ketika diserang.

Lagi-lagi Real Madrid menyumbang pemainnya untuk tim impian Portugal. Kali ini ada Pepe, seorang bek tengah yang tangguh dan brilian. Kemampuannya lengkap, baik dalam duel bola atas atau sebagai backing untuk pemain lawan. Dia adalah tembok perkasa yang ingin dijauhi semua striker.

Jorge Andrade memiliki skill di atas rata-rata dan seperti orang Portugal lainnya, dia juga mampu menggocek bola serta mendukung alur serangan. Mantan pemain Deportivo La Coruna ini sangat bisa diandalkan dalam mengawal lini pertahanan.

Baca juga  Kazuyoshi Miura, Pesepakbola Jepang yang Masih Aktif di Usia 51 Tahun

Joao Pinto

Lahir pada 21 November 1961, Joao Pinto adalah salah satu pemain terbaik Portugal yang pernah ada. Posisinya sebagai bek sayap kanan adalah sebuah hal yang vital bagi tim. Skill dan kehebatannya terpampang nyata terlebih ketika ia terpilih masuk dalam Team of The Tournament 1984 di ajang UEFA European Championship

 

Midfielder : Figo, Deco, Rui Costa

Figo adalah pilihan terbaik di gelandang kanan. Selain agresif, mantan pemain Real Madrid ini punya umpan-umpan lambung yang memanjakan para penyerangnya. Dia adalah peraih Baloon d’OR edisi 2000. Kehadirannya sebagai kapten sangat dibutuhkan oleh tim.

Deco lahir di Brazil tetapi hatinya terarah bagi Portugal. Gelandang serba bisa ini adalah pemain yang sangat disegani karena skill dan kecerdikannya. Bersama Ronaldinho, Marquez dan Etoo, Deco adalah mantan winning team Barcelona sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke Chelsea.

Sayap kiri tim impian Portugal sudah sangat terbantu dengan hadirnya Coentrao yang tangguh sebagai bek tetapi super agresif dalam menyerang. Untuk itu dibutuhkan gelandang kreatif yang mampu merangsek ke tengah. Jatuhnya pilihan kepada Rui Costa bukan tanpa alasan. Ini adalah pemain langka yang mampu memecah kebuntuan dengan umpan-umpan pendek jeniusnya.

Baca juga  10 Destinasi yang Perlu Kamu Kunjungi Saat ke Berlin

 

Forward : Cristiano Ronaldo, Eusebio, Ricardo Quaresma

Tentu saja nama Cristiano Ronaldo harus ada di sini. Sebagai salah satu pemain terbaik di jagat raya, CR7 memiliki skill yang sangat dibutuhkan negaranya. Selain dia juga berbakat untuk memberi motivasi bagi rekan-rekannya. Segudang pengalaman dan kemampuan itulah yang membuatnya sangat layak jadi penyerang sayap kanan di the dream team Portugal.

Jika CR7 ada di kanan, maka untuk sayap kiri haruslah seorang yang cukup mumpuni untuk mengimbangi. Selain gocekan ampuh, akurasi umpan dan kecepatan, Quaresma juga merupakan pemain depan yang oportunis dan subur. Klub-klub besar Eropa seperti Intermilan dan Barcelona pernah memakai jasanya.

Eusebio. Inilah nama yang masih jadi legenda di Portugal. Lahir di Afrika, Eusebio kemudian malah memilih negeri di pojok Eropa itu sebagai tanah airnya. Kehadiran Eusebio membuat Portugal meraih tempat ketiga di gelaran World Cup 1966.

Itulah the dream team Portugal lintas generasi. Mana saja pemain favoritmu?

Mereka-reka Formasi Terbaik Lintas Generasi Timnas Portugal 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments