Sejarah Arsenal, Klub Sepakbola Terkenal Dari Liga Inggris

5 menit


60
1 comment, 60 upvote
Sejarah Arsenal, Klub Sepakbola Terkenal Dari Liga Inggris 1

Arsenal Football Club merupakan sebuah klub sepakbola yang bermain di Liga Inggris. Bermarkas di kota London, kesebelasan yang identik dengan sebutan ‘The Gunners’ ini adalah salah satu yang paling ditakuti, baik di level regional maupun internasional.

Arsenal memiliki sejarah yang panjang, baik yang penuh dengan runtutan prestasi maupun masa-masa kelam tanpa trofi. Meski begitu, basis pendukungnya tetaplah yang paling fanatik dan besar, menyebar ke seluruh dunia.

Lantas seperti apa kisah dari klub yang pernah melahirkan para pemain sepakbola hebat itu? Inilah sekilas sejarah Arsenal, salah satu klub terbaik yang pernah dimiliki oleh Inggris.

Sejarah Panjang Arsenal F.C

Sejarah Arsenal, Klub Sepakbola Terkenal Dari Liga Inggris 3

Siapa sangka ternyata pada waktu berdiri, klub ini bukan bernama Arsenal, melainkan Dial Square. Itulah sebutan resmi untuk tim yang kini menjadi salah satu yang terbaik di dunia itu.

Arsenal didirikan pada bulan Oktober 1886 di Woolwich, sebuah kawasan yang terletak di bagian tenggara kota London. Kelak, klub ini bersaing ketat dengan banyak tim sekota lain semacam Chelsea, Fulham, QPR dan tentu saja yang paling sengit adalah Tottenham Hotspurs.

Pada tahun 1891, atau 5 tahun setelah berdiri, Dial Square berganti nama menjadi Royal Arsenal dan kemudian Woolwich Arsenal. Pada tahun 1913 atau dua tahun setelahnya, tim yang kelak menjadi ladang subur bagi para bintang kelas dunia itu pindah ke stadion milik mereka yang baru, yakni Highbury di kawasan Londong Utara.  Sebelumnya mereka bermain di sebuah lapangan bernama Manr Ground di kawasan Wolwich.

Highburry, nama stadion legendaris itu seakan menjadi sebuah identitas baru sekaligus penanda reinkarnasi klub. Pasalnya seiring dengan menempati Stadion Highbury, nama tim ini berubah menjadi hanya Arsenal saja. Sebuah nama yang terus mereka pakai hingga sekarang. Arsenal juga merupakan partner dari 3DBet yang bisa di lihat dari situsnya https://103.102.46.165

Herbert Chapman, Pelatih Jenius Sarat Prestasi

Sejak awal Arsenal sudah beraksi seperti layaknya tim bermental juara. Berbagai prestasi baik regional maupun internasional mereka torehkan dengan sangat apik, membuat nama klub ini melambung tinggi dan sukses memanen banyak pendukung di luar London, bahkan hingga di luar Britania Raya.

Baca juga  Liga Italia: Berjuang untuk Bangkit Malah Dihajar Corona

Kesuksesan Arsenal bisa dibilang diawali oleh kedatangan sosok pelatih bertangan dingin bernama Herbert Chapman. Pria kelahiran Yorkshire, 19 Januari 1878 itu benar-benar membawa berkah untuk laskar London Utara.

Sejarah Arsenal, Klub Sepakbola Terkenal Dari Liga Inggris 4

Jauh sebelum Arsene Wenger yang sering dilabeli sang profesor sepakbola, Arsenal sudah membangun tradisi yang kuat di awal abad 19 dengan mengontrak Chapman. Dialah sang inovator sekaligus batu keberuntungan tim meriam.

Chapman dikenal dengan berbagai taktik jitu yang tergolong baru di era tersebut. Ia berani memberikan gebrakan, membongkar patron yang seolah keramat dan tak boleh diubah serta yang lebih penting membuahkan hasil positif.

Sebelum menukangi Arsenal FC, ia sudah berhasil memberikan berbagai gelar untuk para mantan klub lamanya. Beberapa yang dikenal pernah beruntung memakai jasa Chapman antara lain adalah Northampton Town dan Huddersfield City.

Chapman menjadi pelatih untuk kesebelasan Northampton Town dari 1907 hingga 1912. Klub yang bermarkas di Northamptonshire itu beruntung pernah dilatih oleh seorang jenius seperti dirinya.

Dalam masa kepelatihan Chapman, klub berlambang singa dan pegasus bertanduk itu berhasil menggondol juara Liga Selatan. Ini merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan untuk tim yang didirikan pada tahun 1897 tersebut.

Selanjutnya Chapman berlabuh ke Huddersfield City, sebuah klub yang berbasis di West Yorkshire. Ia mengabdi untuk kesebesalan itu dari tahun 1921-1925. Selama masa pengabdiannya, dirinya mampu memberikan dua trofi Piala FA dan dua trofi juara Liga Divisi Satu. Sebuah hasil yang cukup membanggakan untuk manajer yang hanya menukangi sebuah tim dalam waktu empat tahun saja.

Herbert Chapman akhirnya berhasil didatangkan oleh para petinggi Arsenal pada tahun 1925. Ia mungkin akan bertahan lebih lama di tim meriam London andai saja kematian tidak merenggutnya pada tahun 1934.

Bersama Arsenal, Chapman berhasil merebut tiga gelar Divisi Utama, yakni dari musim 1930 hingga 1933. Arsenal juga mampu menggondol Piala FA di musim 1929. Sebuah dominasi yang sungguh membanggakan publik Highbury.

Baca juga  Ini Dia 5 Pemain Pencetak Gol Terbanyak di Even Piala Dunia

Arsene Wenger Sang Profesor Bertangan Dingin

Sejarah Arsenal, Klub Sepakbola Terkenal Dari Liga Inggris 5

Nampaknya kebijaksanaan Herbert Chapman merasuk dalam diri seorang Perancis bernama Arsene Wenger. Pelatih Arsenal itu juga melanjutkan tradisi pendahulunya untuk menciptakan gebrakan-gebrakan yang membuahkan kesuksesan.

Pelatih yang datang ke Highbury di musim 1996 itu menjadi magnet untuk setumpuk prestasi. Arsenal benar-benar jaya di bawah komando pria kelahiran Strasbourg itu mematahkan dominasi Manchester United bersama Sir Alex Ferguson yang benar-benar menguasai persepakbolaan Inggris paska kolapsnya Liverpool.

Dua pelatih tersebut, yakni Wenger dari Arsenal dan Fergie terlibat persaingan sengit namun elegan. Para pasukan mereka juga saling berjuang untuk menunjukkan yang terbaik. Akhirnya secara bergantian trofi liga bolak-balik London dan Manchester.

Wenger mempersembahkan 3 gelar Liga Primer, 7 gelar Piala FA dan 6 gelar Community Shield. Sesuatu yang tentu saja bukan main-main. Ia pensiun pada 2018 dan digantikan oleh Mikel Arteta. Di eranya pula, Arsenal meninggalkan Highbury dan pindah ke Emirates Stadium pada 2006.

Para Pemain Hebat Arsenal Sepanjang Masa

Thierry Henry Arsenal

Dengan sejarah Arsenal yang panjang serta pahit getir yang dirasakan, klub London ini berhasil mencetak banyak pemain hebat kelas dunia beberapa diantaranya bahkan disegani tidak hanya kawan tetapi juga lawan. Inilah daftar pemain hebat Arsenal sepanjang sejarah.

Thiery Henry 

Dialah sang raja Highbury, Henry! Power yang dahsyat, gocekan maut memukau mata dan akurasi yang sulit dicari bandingannya merupakan andalan dari Henry. Sempat gagal berkibar di Juventus, Henry berkibar di London. Dialah mesin pencetak gol bagi Arsenal.

Dennis Bergkamp 

Tidak perlu mempertanyakan lagi kehebatan dari pemain Belanda ini. Lincah, kuat, akurat, namun tetap elegan dan menghibur. Itulah Dennis Bergkamp. Siapapun defendernya pasti akan merasa sial jika Bergkamp dalam kondisi on-fire. Pasalnya penyerang berambut emas ini bisa mencetak gol dari posisi yang sulit sekalipun.

David Platt

Sebelum era Patrick Viera, Robert Pires dan Mesut Ozil, Arsenal memiliki David Platt. Dialah salah satu gelandang tangguh paling mematikan yang pernah dimiliki olah anak-anak Highbury. Selain jaya di level klub, ternyata Platt juga dipercaya menjadi pemegang ban kapten untuk tim nasional Inggris.

Baca juga  Harga Transfer Dipangkas Habis, Ini 3 Calon Klub Pogba di Masa Depan

Tony Adams

Tony Adams adalah satu sosok yang membantu Wenger mempersiapkan pondasi yang hebat untuk Arsenal modern. Banyak pemain tangguh di Arsenal, termasuk Adams. Tetapi satu hal yang layak dipuja dari pria pekerja keras ini adalah loyalitasnya. Dia adalah one man club. Sosok yang sulit dicari tandingannya.

Ian Wright 

Benar-benar tak boleh melewatkan nama yang satu ini : Ian Wright. Sosoknya belum tentu ada lagi dalam seribu tahun. Dia merupakan pesepakbola yang mengagumkan. Dialah salah satu legenda paling abadi di benar fans Arsenal dimanapun berada. Ia memberikan segalanya untuk bisa mencetak gol. Wright adalah salah satu dari sedikit pemain yang tangguh dalam banyak aspek secara bersamaan, seperti header, volley kick hingga solo run.

Alex James

Bersama Chapman, Alex James merasakan betul awal kejayaan Arsenal. Sosoknya bisa disandingkan dengan Denis Bergkamp dalam dunia sepakbola modern. Ia classy namun berbahaya. Suatu paduan yang cukup aneh tetapi nyata. Bersama James, Arsenal benar-benar mendominasi Inggris.

Robert Pires

Bermain sebagai pemain sayap, Pires menunjukkan kelasnya laksana pesepakbola mematikan. Gerakannya aduhai, skillnya mengagumkan dan gebrakannya membawa petaka. Dia sering menyisir dari sisi lebar lapangan lalu mengobrak-abrik benteng pertahanan lawan untuk kemudian menghasilkan gol.

Ted Drake

Memiliki power yang seakan tak pernah habis adalah ciri pemain ini. Kecerdasannya juga menjadi modal utamanya. Kombinasi dua hal itu adalah alasan mengapa seorang Ted Drake bisa begitu subur. Dialah pemain Arsenal yang mencetak 42 gol dalam semusim, yakni di tahun 1934/1935. Sungguh sesuatu yang sangat langka.

David Seaman 

Kiper gondrong berkucir ekor kuda ini nyaris tidak dimaafkan oleh publik Inggris kala gagal menghalau tendangan bebas Ronaldinho ketika The Three Lions bertemu Brazil di ajang World Cup 2002 Korea-Jepang. Namun pengabdiannya yang tak kenal lelah di Arsenal membuatnya menjadi salah satu kiper terbaik tim meriam London.

Nwanko Kanu 

Kanu adalah seorang pesepakbola Afrika yang sangat disegani. Ia memiliki banyak hal yang membuat dirinya layak disegani : determinasi tinggi, skill mumpuni dan kelincahan luar biasa. Semangatnya yang berkobar-kobar ketika tampil di lapangan membuat dirinya dipuja oleh fans.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

60
1 comment, 60 upvote
Andra Hermawan

Legend