Opini    , Lifestyle   

Apakah Kita Butuh Tutorial Mendetail Terkait New Normal


Apakah Kita Butuh Tutorial Mendetail Terkait New Normal 1

Protokol kesehatan yang dirilis pemerintah memang mengadopsi banyak poin dari WHO (World Health Organization).

Walau begitu, rasa-rasanya penting untuk memikirkan nasib bangsa dan rakyat Indonesia kedepannya terkait hadirnya wacana New Normal.

Apakah New Normal akan berlaku secara nasional atau disesuaikan dengan kondisi tiap daerah? Ini pertanyaan pertama mengingat dengan luas yang luar biasa besar, negeri macam Indonesia tentu memiliki karakter dan tantangan yang berbeda dengan negara semisal Singapura, Vietnam atau Selandia Baru.

Terlebih fakta bahwa masyarakat Indonesia itu lucu-lucu dan menggemaskan. Terdiri dari ratusan agama, budaya, etnik, hingga cara hidup. Ada yang suka main hape, makan, ngerjain tugas dan tidur sendiri. Ada yang harus ngopi sambil bercengkrama dengan puluhan teman.

Tetapi suka tidak suka Covid 19 telah hadir dengan membawa konsekuensi luar biasa. Penyebaran dan banyaknya korban berjatuhan menjadi bukti bahwa pandemik ini tidak boleh disepelekan. Corona itu ada dan nyata. Dan saking mengerikannya, kita akhirnya harus berdamai dengannya alih-alih memusnahkannya.

Baca juga  Mau Corona Beres! Lakuin 2 Kunci Utama Hadapi Corona Ini!

 

New Lifestyle, New Society

Apakah Kita Butuh Tutorial Mendetail Terkait New Normal 3

Lalu kemana ini akan bermuara? Sampai kapan era pandemik ini berlangsung dan akan berakhir? Tidak ada yang bisa menjawab. Semua penuh ketidakpastian.

Lantas bagaimana caranya kita mensiasati untuk melanjutkan hidup namun tetap waspada pada Corona? Jawabannya hanyalah dengan New Normal yang tepat.

Lalu apa sudah ada panduan mendetail tentang New Normal ini? Nampaknya belum. Ini bukan hanya PR bagi pemerintah pusat, semua stakeholder termasuk juga kaum cerdik pandai, pemuka agama, pimpinan ormas, para pekerja, hingga anak sekolah harus benar-benar seia sekata dan satu definisi tentang New Normal.

Apa yang boleh dan tak boleh dilakukan? Apa konsekuensi hukum dan sosial yang akan diberikan untuk pelanggaran yang dilakukan semua harus clear dan tak boleh bermakna ganda.

Baca juga  5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona

Semisal saja urusan perkawinan, acara adat, penguburan, hingga even perayaan agama. Harus ada panduan yang mendetail jumlah yang mengikuti, tata caranya, siapa yang harus menjadi person in charge dari pihak pemerintah hingga ancaman pinalty bagi para pelanggar.

Jikalau memang akan mengajak serta unsur TNI-Polri, maka harus pula diberikan batasan sampai dimana keterlibatan institusi bersenjata tersebut dalam mengurusi hal-hal terkait New Normal.

Ini juga belum termasuk beberapa aktivitas lainnya yang harus tetap dilangsungkan di tengah pandemik, seperti pindah rumah, interview dengan karyawan baru, ujian sekolah, atau acara olahraga.

Protokol yang nanti dirilis harus mencakup itu semua. Tidak adanya keterangan yang mendetail hingga ke ranah paling kecil bisa menciptakan lubang untuk terjadinya pelanggaran oleh para pelaksana kebijakan itu sendiri.

Selain itu ini semua juga demi keselamatan masyarakat dan warga negara agar tetap beraktivitas tetapi terlindungi dari ancaman penyebaran virus Flu Wuhan itu.

Baca juga  Mengkaji Socrates, Pengetahuan untuk Kebajikan

Persatuan Nasional

Apakah Kita Butuh Tutorial Mendetail Terkait New Normal 4

Sekali lagi jika hanya memberikan beban maha berat ini pada pemerintah rasa-rasanya tidak adil dan kemungkinan besar gagal.

Seluruh elemen bangsa harus bersatu dan mewujudkan suatu komunike bersama untuk mau hidup bersama di bawah protokol New Normal.

Tidak mungkin untuk selamanya gang diportal, sekolah diliburkan, karyawan melakukan WFH sehingga pabrik kosong dan pasar menjadi sepi. Indonesia harus bangkit. Kembali beraktivitas seperti sedia kala, memutar roda ekonomi namun dengan tetap mentaati gaya hidup terkait New Normal.

Kunci selanjutnya adalah edukasi yang konsisten, efektif dan masif dari pemerintah ke semua lapisan masyarakat. Jumlah korban yang terus bertambah harusnya membuka mata kita untuk menjadi warga negara yang patuh dan cerdas. Namun karena satu dan lain hal, itu semua tidaklah mudah.

Walau tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

Apakah Kita Butuh Tutorial Mendetail Terkait New Normal 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments