Opini    , Karir   

Bisakah Menemukan Ikigai Di Tengah Keambyaran Hidup?


Bisakah Menemukan Ikigai Di Tengah Keambyaran Hidup? 1

Dunia semakin berubah dan ujian hidup yang tak kunjung berhenti menjadikan sebagian orang menarik diri dari kehidupan. Berpikir ulang tentang bagaimana kita harus menghadapi situasi yang serba ambyar ini. Terutama bagi orang yang sedang mencari pekerjaan di masa sulit. Bagaimana kita akan memulai mencari pekerjaan, sedangkan banyak orang di luar sana yang di PHK, ketika kita bahkan belum mempunyai skill untuk bisa dibanggakan. Lalu, jalan ninja seperti apa yang akan kita tempuh untuk memulai perjalanan karir di masa sulit ini?

Dideru pertanyaan yang memaksa berpikir bagaimana langkah hidup kedepan di tengah keambyaran, teringat sebuah konsep hidup Jepang yang dikenal dengan “Ikigai”. Sebuah konsep yang menawarkan kebahagiaan hidup atas apa yang kita lakukan. Sesuatu yang dapat membangkitkan semangat kita untuk menjalani kehidupan.

Baca juga  Pria Asal Jepang Ini Buat USB Unik Dengan Ikan Teri

 

Apa itu Ikigai ?

Dalam bahasa Jepang, “Iki” berarti kehidupan, sedangkan “Gai” adalah nilai. Secara bahasa, Ikigai berarti nilai/tujuan hidup yang bisa kita pegang agar siap menghadapi kehidupan. Dalam konsep ini, terdapat empat pertanyaan penting yang harus dijawab agar perjalanan karirmu bermakna, yaitu apa yang kamu sukai, apa yang dibutuhkan dunia, apa yang kamu kuasai, dan untuk apa kamu dibayar. Konon, jika kamu sudah bisa menjawab pertanyaan ini dan menemukan ikigaimu, maka kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih berarti.

 

Bagaimana Menemukan Ikigai ?

Bisakah Menemukan Ikigai Di Tengah Keambyaran Hidup? 3

Kunci dari menemukan ikigai adalah penerimaan diri, bahwa setiap orang diciptakan mempunyai potensi dan proses hidup yang berbeda. Menemukan ikigai membutuhkan pikiran dan hati yang tenang. Oleh karena itu, ketika kehidupan sedang ambyar-ambyarnya, ambilah waktu untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas. Lepaskan semua pikiran-pikiran negatif yang membelenggumu untuk bergerak.

Baca juga  5 Pekerjaan Pria yang Diidamkan Para Wanita

Fokuskan pada apa yang selama ini telah kamu lakukan dan apa yang kamu rasakan ketika melakukan hal itu. Apakah kamu merasa nyaman melakukan hal itu berulang-ulang? Apakah yang kamu lakukan dapat bermanfaat untuk orang lain dan menjadikan kamu merasa “ada”? Apakah hal tersebut mempunyai potensi untuk dikembangkan dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hal tersebut? Itulah Ikigaimu, dan kamu bisa secara serius membangun karir di bidang itu.

Ketika kamu sudah menetapkan tujuan hidupmu, maka pikiranmu akan lebih terbuka dan memulai berproses meskipun dari titik nol, belum menghasilkan apapun.Tapi percayalah, suatu saat proses yang kamu jalani akan membuahkan hasil.

Baca juga  10 Judul Manga Yang Terpopuler di Dunia Sepanjang Masa

 

Ambyar adalah Kebutuhan

Kondisi hidup yang ambyar adalah sebuah titik balik yang memaksa kita untuk berpikir ulang apa yang harus kita lakukan untuk berkembang menjadi lebih baik. Dunia terus berubah, dan kita tidak boleh stuck dengan keadaan. Di tengah keambyaran hidup dan ketika kita merasakan penderitaan, maka itu justru dapat menjadi bahan bakar kita untuk melangkah ke depan, menemukan solusi yang berguna bagi masyarakat dan menghasilkan karya yang berasal dari hasil olah pikir-rasa yang bijak. Terdapat kepuasan sendiri ketika kita berproses keluar dari keambyaran.

Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama dalam menemukan Ikigai, begitu juga denganmu. Temukan ikigaimu, temukan bahagiamu!

Bisakah Menemukan Ikigai Di Tengah Keambyaran Hidup? 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Lintangasa

   

Never Stop Learning, Because Live Never Stop Teaching

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments