Opini    , Sosial   

Covid-19 Masih Menyebar, Tetap Cuek?

1 menit


Covid-19 Masih Menyebar, Tetap Cuek? 1

Virus Corona dan efeknya yang dinamakan Corona Virus Deseases 2019 (Covid-19) oleh para ahli tak diduga menyebar ke berbagai negara. Indonesia yang dikira aman, kebobolan juga. Semua negara seolah hanya tersibukkan dengan satu isu tersebut.

Diakui, virus Corona jangkauannya lebih luas ketimbang wabah MERS-Cov, SARS, dan Ebola yang sempat muncul dalam dua dekade terakhir. Kesadaran diperlukan menghadapi pandemi Corona, sehingga masyarakat lebih mawas diri dan mematuhi imbauan. Dari 270 juta penduduk Indonesia, angka hampir 200.000 jiwa pengidap Corona pada awal September 2020 ini memang tak seberapa. Tapi, ini virus. Minimnya kepedulian masyarakat bisa menyebabkan virus ini meluas dan menyebar.

Baca juga  SEX, Salah Satu Kunci Kebahagiaan Hidup

Virus Corona adalah virus ojo dumeh. Meski tubuh dirasakan sehat, bukan berarti bersih dari Corona. Beberapa kasus, orang yang positif Corona ditulari oleh orang yang merasa tubuhnya sehat. Kendati tak perlu panik berlebihan, hendaknya juga jangan terlalu meremehkan. Tak ada yang tahu imunitas tubuh terhadap serangan virus ini. Perlu diingat, belum ada vaksin atasi virus ini. Pencegahan bersifat nonfarmasi, seperti jaga jarak sosial dan jaga jarak fisik.

Di samping itu, menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Penularan virus Corona bisa lewat sentuhan. Boleh jadi benda yang kita pegang terkena percikan droplet. Bahkan, uang yang tersentuh banyak orang tidak steril dari virus ini. Apakah masyarakat sudah rajin cuci tangan ketika menyentuh sesuatu? Sudahkah anjuran jaga jarak sosial dan jaga jarak fisik dipatuhi? Sudahkah masyarakat mengurangi sentuhan-sentuhan yang tidak diperlukan, tidak hanya menghindari bersalaman?

Baca juga  Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik

Covid-19 Masih Menyebar, Tetap Cuek? 3

Masih terlihat di sana-sini, orang-orang berkerumun. Di angkringan misalnya, tidak terlalu menjaga jarak fisik. Yang terlihat sering kali pola laku sosial dan mobilitas di lapangan tidak terkontrol. Sebagian pakar malah mengatakan bahwa virus Corona bisa menular lewat udara atau pernapasan seseorang. Di sini, penggunaan masker bisa multimanfaat.

Baca juga  Mbah Par & Jaga Jarak

Dibutuhkan kesadaran masing-masing orang untuk menghambat laju penularan virus Corona. Bertanggung jawab terhadap diri dengan menjaga jarak sosial dan menjaga jarak fisik, berarti juga melindungi keluarga dan orang-orang lain.

Fokus bangsa saat ini adalah memotong penyebaran virus. Semua pihak tak boleh menyepelekan. Demi kepentingan bersama. Kelak, jika penyebaran virus Corona teratasi, semua juga kena dampak positifnya. Begitu.

Covid-19 Masih Menyebar, Tetap Cuek? 4

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Hendra Sugiantoro

Explorer   

juru tulis, pemustaka, pengkliping koran, periset buku lawas, penikmat tokoh, dan penyeru literasi