Opini   

Dampak Negatif & Positif Sekolah Online


Dampak Negatif & Positif Sekolah Online 1

Pada masa sekarang adalah masa di mana dunia berubah, banyak hal-hal normal yang baru atau yang sering kita sebut New Normal. Masa pandemi ini sangat berpengaruh besar ke seluruh dunia yang mana di Indonesia juga kena dampaknya, salah satunya itu dari hal pendidikan Indonesia. Kualitas pendidikan di Indonesia masih dikategorikan rendah di bandingkan dengan negara berkembang lainnya di ASEAN. Kualitas pendidikan Indonesia dapat dilihat dari peringkat ke 111 dari 185 negara (Depdiknas: 2009).

Dengan bencana COVID-19 ini sekolah pun menjadi cukup terhambat di Indonesia, salah satunya yaitu Ujian Nasional 2019-2020 tidak jadi dilaksanakan, itu membuat suatu perubahan yang cukup drastis karena yang awalnya sudah dilaksanakan akan ada UN dan harus di rubah rencana tersebut. Di bulan pertengahan Maret sekolah mulai dilakukan dengan secara daring dikarenakan mulainya penyebaran Covid-19 ke Indonesia.

Pemerintah langsung bertindak melakukan pengumuman secara berangsur-angsur ke wilayah yang sudah mulai terjadinya penyebaran COVID-19 (zona merah) agar tidak menyebar lebih luas lagi khususnya di kota-kota besar, dan pemerintah dari Kemendikbud mengumumkan untuk melakukan belajar di rumah dan sekolah secara online. Tentunya sekolah secara online ini menjadi hal yang baru di jaman sekarang dan pastinya dalam hal baru ini ada negatif dan positifnya belajar online.

Baca juga  Belajar sambil Rekreasi di Berbagai Tempat Wisata Pendidikan di Indonesia

Dampak Negatif Dari Sekolah Online

Dampak Negatif & Positif Sekolah Online 3

Masih banyak orang yang tidak mengikuti akan perkembangan jaman sekarang. Mau dari kalangan orang tua atau anak muda, masih belum paham kemajuan teknologi sekarang. Selain itu, yang menjadi dampak negatif sekolah online juga ada hal lainnya juga. Contohnya seperti koneksi internet yang masih belum stabil; masalah paket internet yang cukup mahal dan boros; ada juga siswa yang handphone atau laptopnya tidak cukup memadai untuk melakukan sekolah daring, karena aplikasi yang digunakan cukup berat untuk dijalankan.

Hal yang menjadi kurangnya dalam sekolah online juga bagi siswa itu pelajaran yang di sampaikan kurang dimengerti, karena dari kurangnya stabil dalam koneksi internet mengakibatkan belajar terganggu. Tidak hanya kepada siswa, tetapi ke orang tua siswa juga terkena repot juga, apalagi buat siswa yang masih kecil dan belum paham soal gadget selain nonton YouTube atau TikTok. Orang tua dituntut untuk membantu untuk memperhatikan anaknya belajar online, dan orang tua siswa tersebut masih banyak juga yang tidak mengikuti akan perkembangan teknologi sekarang. Yang mengakibatkan tidak efektifnya ketika sekolah online, belum lagi bagi orang tuanya yang bekerja menjadi terhambat.

Baca juga  Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19

 

Dampak Positif Dari Sekolah Online

Dampak Negatif & Positif Sekolah Online 4

Tetapi kita juga bisa melihat dari sisi positifnya sekolah online ini. Kita menjadi tahu perkembangan teknologi sekarang dan mempelajari akan ilmu teknologi modern agar lebih paham bagaimana cara penggunaan gadget kita bukan cuman main sosial media saja. Bisa meningkatkan akan kreatifitas yang berhubungan langsung dengan teknologi sekarang, seperti menjadi konten kreator, jualan online, membuat karya ilmiah lalu upload ke media online, dan yang lainnya.

Sekolah online juga akan membuat semua orang melek akan pentingnya mengikuti jaman era modern ini, agar tidak ketinggalan dan gagap akan teknologi sekarang. Dan bagi siswa juga bisa mengetahui kecanggihan apa saja yang bisa di lakukan gadgetnya selain main-main saja, dan bisa lebih produktif lagi menggunakan gadgetnya.

Baca juga  Ketahui 6 Jenis Masker yang Bagus Untuk Menghalau Covid-19

Dalam masalah paket internet sekarang sudah mulai dibantu oleh pemerintah atau dari provider ada paket internet yang khusus untuk belajar. Pemerintah sudah mulai bekerja sama dengan provider-provider kartu di Indonesia untuk membantu ke para siswa, mahasiswa, beserta ke para tenaga kerja pendidik juga mendapatkan bantuan kuota internet. Dan provider-provider juga sudah membuat pilihan paket internet yang sangat terjangkau yang di khususkan untuk belajar online, kuota yang di tawarkan juga cukup besar untuk selama satu bulan.

Akan tetapi, dari kuota yang khusus belajar ini hanya bisa di akses oleh aplikasi yang mengkhususkan untuk belajar, seperti Ruang Guru, Zenius, Zoom, Google Meet, Quipper, dan aplikasi yang lainnya. Jadi diharuskan untuk membaca syarat dan ketentuan ketika mau membelinya agar tahu kegunaan dari kuotanya. Tetapi setiap provider juga memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda yang harus kita perhatikan agar tahu paket internetnya bisa dipakai di aplikasi apa saja.

Dampak Negatif & Positif Sekolah Online 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Angga Abdul

   

Saya Angga Abdul Rojak, lahir pada tanggal 06 Agustus 2001. Saya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2020 FITK.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments