Kejernihan Pikiran Awal Kesuksesan

Jernihkan pikiran untuk mencegah kita mudah menyalahkan orang lain.2 menit


36
36 upvote
Kejernihan Pikiran Awal Kesuksesan 1

Entah ada berapa banyak orang sukses yang ternyata berasal dari latar belakang yang menyesakkan, miskin, sengsara, penuh liku-liku dan rintangan yang maha dahsyat.

Tetapi ketika mereka semua meraih kesuksesan, perjuangan mengenyahkan segala kesulitan tersebut serasa sangat manis serta berharga untuk dibagikan bagi siapa saja.

Inspirator Sejati

Ada Prajogo Pangestu yang mencoba merantau ke ibukota dari Kalimantan. Ia gagal, lalu balik kembali ke daerah asal dan menjalani nasib sebagi supir mobil angkutan umum.

Namanya tak akan dikenal orang jikalau ia memutuskan untuk berhenti berjuang. Namun alih-alih menyerah pada kekalahan, dia makin giat berusaha. Terbukti dia mampu memutar roda nasib dan kini dikenal sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia. Perusahaannya dimana-mana dan namanya diperbincangkan banyak orang.

Selaras dengan itu, sebuah kisah klasih pejuang kehidupan juga telah ada. Jauh sebelum Prajogo Pangestu menunjukkan buah manis dari hasil menolak menyerah pada takdir, Liem Seeng Tee mengajarkan kepada siapa saja bahwa hidup harus diperjuangkan.

Baca juga  5 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Profesional Muda

Sebagai seorang yang diasuh dan dititipkan bukan oleh keluarganya sendiri, Liem benar-benar menunjukkan mental seorang petarung.

Ia mempelajari kerja keras dan cara menghargai uang dengan luar biasa. Dengan tanpa rasa takut ia melompat gerbong-gerbong kereta untuk menjajakan makanan kecil dan rokok. Uang hasil tabungannya disimpan lalu ia pergi ke kota lain dan menjadi buruh rokok.

Ia cepat belajar. Ia serap semua yang ada dihadapannya. Cara memilih tembakau terbaik, melinting rokok dengan tepat dan kemudian menciptakan hasil karya yang dipuji banyak orang.

Dari bukan siapa-siapa Liem Seeng Tee menjadi pemilik HM Sampoerna, sebuah korporat besar dengan banyak cabang pabrik dan usaha.

Baca juga  Indonesia 'Masih' Belum Siap Pembelajaran Online

 

Kejernihan Berpikir

Prajogo Pangestu tahu hidup harus diperjuangkan. Ia punya kejernihan berpikir dan logika yang baik. Ada pilihan untuk menyerah setiap saat tetapi dengan jernih ia memilih terus berjuang.

Kejernihan Pikiran Awal Kesuksesan 3

Hal yang sama dialami oleh HM Sampoerna ketika warung kecil tempat menambatkan hidup terbakar. Pikirannya tetap jernih alih-alih jadi orang gila. Ia meningkatkan kualitas hidup dengan cara yang tepat, berani mengambil resiko membeli sebuah unit pabrik rokok yang ditawarkan kepadanya.

Anda ingin sukses? Jernihkan pikiran Anda. Itu adalah fondasi awat, utama dan terpenting untuk kemudian bisa memilah mana peluang mana bencana, harus ke kiri atau ke kanan dan tahu saatnya berlari kencang atau istirahat sejenak.

 

Menyalahkan Situasi Tidak Akan Berguna

Apakah selama ini Anda gemar menyalahkan pemerintah dengan berbagai kebijakan yang dirasa sangat mencekik hidup Anda : harga yang tidak terkendali, undang-undang yang tak sesuai keinginan Anda atau birokrasi yang semrawut?

Baca juga  5 Film Terbaik Tentang Persahabatan Manusia Dengan Hewan

Atau And hobi mengutuki atasan yang tidak becus, rekan kerja yang tak mampu mengimbangi Anda, tetangga yang berisik, mobil tua yang konsisten mogok, demonstrasi yang tiba-tiba muncul dan bikin macet atau udara panas nan pengap?

Percayalah, Anda berhak untuk melakukan itu. Namun sejatinya itu semua tidak efektif membantu Anda menjadi orang sukses.

Jernihkan pikiran. Lihat mana yang sebenarnya menjadi faktor utama dari semua masalah Anda. Apakah orang lain atau diri Anda sendiri?

Elon Musk memilih berfokus pada dirinya sendiri dan sibuk mengembangkan potensi yang ada di dalam otaknya ketika akhirnya ia melahirkan banyak produk luar biasa. Tesla Cybertruck, Misi Luar Angkasa SpaceX atau perusahan pembayaran internasional Paypal adalah contoh kongkrit dari kejernihannya dalam berpikir.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

36
36 upvote
Guritno Adi Siswoko

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.