Opini   

Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik


Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik 1

Apa perbedaan mendasar manusia dan hewan? Tentu saja akal budi. Dengan akal budi, manusia mampu menciptakan pesawat terbang, mengolah hutan jadi kota metropolitan atau menceritakan pengalaman dari generasi mereka ke generasi mendatang melalui tulisan.

Menulis menjadi salah satu pembeda spesies Homo Sapiens sejak ratusan bahkan ribuan tahun. Dulu nenek moyang kita menulis di tablet tanah liat atau prasasti yang diukir, kini anak jaman now boleh menulis tanpa pensil dan kertas, hanya butuh ipad atau laptop.

Menulispun semakin variatif, dengan hadirnya berbagai platform online yang tidak hanya menawarkan kepuasan bercerita tetapi juga ketenaran dan materi.

Menulis Adalah Sarana Pembebasan

Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik 3

Ketika tubuh terpenjara, manusia-manusia hebat memilih untuk tetap waras dengan cara menulis. Tanyakan pada Tan Malaka, Soekarno, ataupun Hitler. Mereka dengan ideologi dan jalan hidup masing-masing mencari pembebasan melalui aktivitas tulis menulis.

Baca juga  Tradisi Minum Teh, Bagian Kolonialisme yang Masih Bertahan

Andapun bisa melakukannya. Berjuang sepenuh hati di kantor, pabrik atau sawah adalah pengalaman yang teramat berharga untuk menguap begitu saja. Tuliskan hal itu.

Bos yang menyebalkan, rekan kerja yang toxic ataupun aparat yang main serobot sawah orang demi menyenangkan perusahaan properti.

Menulis menawarkan pembebasan yang luar biasa. Anda bisa menulis sejujur-jujurnya, sebenar-benarnya lalu menyimpannya dan hanya Anda yang tahu. Membacanya ketika sepi menyerang atau mewariskannya pada anak cucu agar mereka paham bagaimana cara kerja kehidupan dan lingkungan seperti apa yang membentuk jalan takdir Anda.

Tidak ada yang tahu jalan takdir orang. Tirto Adi Surya memulai karir dari sekolah kedokteran tetapi kemudian terkenal sebagai salah satu juru tulis paling merepotkan untuk Belanda. Kata-katanya tajam dan semangatnya membara. Ia bela bangsanya dengan mendirikan Medan Priyayi, salah satu media perjuangan jaman kolonial.

Baca juga  Review Fiksi, Film Thriller Psikopat Terbaik Indonesia

 

Menulis Setiap Hari

Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik 4

Jika ingin merasakan kebebasan dan pembebasan setiap hari, maka menulislah setiap hari? Namun bagaiamana caranya?

Ide? Ya, ide adalah pondasi utama dalam menulis. Jangan takut mengalami writers’ block atau kehabisan ide.

Ada berbagai cara untuk mengatasi writers’ block, dan yang paling gampang, murah serta bermartabat adalah dengan makin banyak membaca. Bacalah berbagai topik. Maka akan selalu ada hal yang ingin dibagi lewat tulisan.

 

Menulis Menajamkan Nurani

Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik 5

Banyak orang tidak jujur dalam menulis. Mungkin itu bagian dari mereka. Memang ada kelompok orang yang hidup dari kebohongan yang mereka sebarkan. Tidak perlu mengikuti jejak yang seperti itu, melainkan tetaplah menulis dengan hati.

Setiap tulisan akan menemukan jalannya sendiri. Ada yang bisa menjadikan Anda novelis kaya raya, ada yang membuat nasib tambah susah. Ketahui hal itu. Setiap penulis bertanggung jawab atas apa yang ia tulis.

Baca juga  5 Syarat Ini Harus Ada Di Dalam Contoh Surat Pengalaman Kerja

Tetapi jangan jadikan ini sebagai ketakutan baru. Barangsiapa yang menghamba pada ketakutan, maka ia memperpanjang barisan perbudakan. Setidaknya itulah kalimat berani dari seorang penyair yang saat ini entah dimana keberadaannya.

Namun satu hal yang perlu diingat, menulis itu menajamkan nurani. Seorang penulis akan terbiasa untuk mengatur logika, menelisik arti kata, dan menjangkau masa depan. Ia akan mereka-reka akan jadi seperti apa nanti dunia setelah tanda titik terakhir dalam kalimat pamungkas selesai dibubuhkan.

Itulah enaknya menulis, dia membantu kita bebas sekaligus mempertajam nurani. Membuat jiwa bahagia namun juga merasa harus ikut membantu masyarakat dan dunia. Tulisan-tulisan Kartini membuktikannya. Juga kalimat-kalimat berharga karya para penulis lainnya seperti Emerson, Dale Carnegie atau Eka Budianta.

Maka sekarang, tunggu apalagi? Silahkan mulai mencari pembebasan diri melalui menulis.

Menulis Adalah Sarana Pembebasan Terbaik 6


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments