Opini   

Pencitraan Tidak Selamanya Negatif

Semua orang butuh pencitraan, terlebih di jaman yang serba digital seperti sekarang.2 menit


Pencitraan Tidak Selamanya Negatif 1

Bukan hanya penampilan dan tutur kata, media sosial bercerita lebih banyak tentang Anda kepada orang lain yang bahkan belum pernah Anda temui.

Bahkan Facebook dan Instagram tidak saja menentukan persepsi orang terhadap diri Anda, melainkan juga karir.

Inilah pentingnya menyadari bagaimana ada hubungan antara media sosial dan karir, relasi serta pergaulan. Ini jaman serba digital. Hampir semua orang punya media sosial.

Asupan berita juga bisa datang dari mana saja, termasuk media sosial. Untuk itu, jika ingin tetap eksis dan memenangkan kompetisi yang makin ketat dewasa ini, penting mengetahui cara pencitraan yang baik dan benar.

Pencitraan Positif

Pencitraan Tidak Selamanya Negatif 3

Jikalau Anda merasa kata ‘pencitraan’ bernuansa negatif, maka itu adalah kewajaran. Mengapa demikian? Karena pada umumnya banyak pihak menggunakan teknik pencitraan sebagai make-up untuk menutupi keburukan seseorang.

Para politikus, buzzer, konsultan politik dan koruptor sering menggunakan hal ini demi meraih keuntungan semata tanpa memperdulikan dampak yang besar yang ditimbulkannya.

Baca juga  5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menghancurkan Karirmu

Dengan pencitraan, para oknum itu memperbaiki dan mempermak seorang koruptor, penjahat, atau orang yang tidak kompeten menjadi seolah-olah pahlawan dari langit, pejuang kebebasan, pemersatu bangsa, ataupun jawaban atas berbagai masalah. Tentu saja tidak demikian adanya.

Biasanya hal ini dilakukan demi meraih suara di gelaran pemilu. Alhasil bagi mereka yang tidak tahu, pencitraan itu berhasil. Padahal sosok yang mereka pilih berpotensi melakukan kesalahan yang seperti sama di masa lalu : korup, tukang suap, tidak amanah ataupun bejat.

Itu tentu saja bukan pencitraan positif. Pencitraan bernuansa positif adalah mempertunjukkan skill, wawasan dan karakter Anda yang sebenarnya agar masyarakat luas, termasuk relasi, klien, bos ataupun calon pemberi kerja bisa melihat keunggulan dan kehebatan yang Anda miliki.

Ini jauh lebih efektif daripada menjejali lembar CV, profile, atau proposal yang ingin Anda kirimkan. Cukup beri url yang tepat menuju karya-karya Anda, maka kepercayaan bisa Anda raih.

Baca juga  Benarkah Youtube Lebih Baik Dari TV

Indah dan Berisi

Pencitraan Tidak Selamanya Negatif 4

Dua kata yang harus ditonjolkan di sini, indah dan berisi. Jika Anda berusaha menunjukkan pencitraan positif sebagai seseorang yang fasih Bahasa Perancis, maka Anda sejatinya juga harus benar-benar bisa Bahasa Perancis.

Nantinya orang akan kecewa jika tahu Anda pandai dalam urusan pencitraan tetapi skill yang sebenarnya nol besar alias zonk. Ini akan jadi bumerang yang membuat petaka di masa depan.

Untuk itu ingatlah bahwa pencitraan harus dibarengi dengan isi yang benar. Kulitnya indah tetapi isinya berkualitas. Itulah kunci yang harus selalu dipegang.

Jika Anda memang pandai copywriting, ahli UX/UI, pandai berbahasa Belanda, cermat membuat laporan keuangan atau pintar masalah mesin, maka sah-sah saja dinding Facebook, Instagram atau LinkedIn milik Anda penuh dengan karya dan penjelasan tentang itu semuanya.

Baca juga  Mengenalkan Sastra Sejak pada Para Pelajar

Instagram, Facebook, Upwork dan LinkedIn sangat menunjang karir dan kesempatan kerja yang luas. Tidak perlu capek-capek mengiklankan diri, cukup konsisten dan rutin membuat konten positif sesuai keterampilan Anda, makan hal itu akan sangat efektif.

Pelajari cara memaksimalkan LinkedIn ataupun media sosial lain sehingga banyak orang tertarik dan bekerja sama dengan Anda.

Itulah sedikit mengenai pencitraan positif dan bagaimana cara memulainya. Di dunia yang semakin kompetitif, hanya mereka yang konsisten bekerja keras, menjaga kualitas, terampil serta tangguh yang mampu bertahan. Tetapi makin ke sini, semua hal baik itu juga masih belum mampu memastikan diri Anda mampu bersaing. Satu hal lagi yang Anda butuhkan agar semuanya itu makin maksimal adalah pencitraan postif.

Pencitraan Tidak Selamanya Negatif 5

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

Legend   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.