Opini   

Resiko atau Risiko? Berikut untuk Kata yang Benar


 resiko atau risiko

Kata resiko atau risiko sudah kita dengar atau baca sejak kita kecil. Tanpa disadari kata resiko dan risiko sudah tercampur dan masyarakat tidak mengetahui kata yang benar. Tetapi jika melihat banyak penggunaan kata oleh masyarakat Indonesia, kata resiko lebih sering terdengar bahkan stasiun televisi banyak yang menggunakan kata resiko.

Apabila Anda memperhatikan pelajaran Bahasa Indonesia dengan tekun terutama di dalam bab kata baku dan tidak baku, Anda akan mengetahui jawaban yang benar. Resiko dan Risiko yang sudah tersebar secara luas berasal dari bahasa asing yang diserap menjadi bahasa Indonesia. Lalu diantara kata resiko atau risiko, mana kata yang baku dan sudah seharusnya digunakan oleh masyarakat Indonesia? Berikut informasi yang relevan mengenai permasalahan ini. 

Resiko atau Risiko ?

Resiko atau Risiko? Berikut untuk Kata yang Benar 1

Jawaban yang tepat atas permasalahan ini adalah kata risiko. Di dalam KBBI, tidak ditemukan kata resiko sehingga hal ini membuat kata resiko tidak dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia karena tidak memiliki arti. Kata yang benar ini kerap muncul pada latihan soal untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri karena menjadi topik pembahasan yang sangat penting. Hal ini dibuktikan masih banyaknya yang salah dalam penggunaan kata sederhana seperti risiko. Risiko memiliki arti bahaya atau merugikan dan menjadi pertimbangan banyak orang untuk mengambil pilihan atau keputusan karena memikirkan resiko yang akan dihadapi. 

Untuk melihat penggunaan kata yang tepat, Anda dapat melihat situs berita yang valid dan tidak berisi hoaks. Kebanyakan situs berita yang seperti ini mementingkan penggunaan kata yang tepat dan sesuai dengan KBBI. Perkembangan semangat membaca masyarakat Indonesia harus tumbuh tinggi di setiap waktunya agar kata yang seharusnya benar dapat digunakan untuk seluruh masyarakat. Minimnya perkembangan semangat untuk membaca yang membuat hal ini semakin marak terjadi setiap waktu. Apabila Anda sudah memahami hal ini, gunakan kata risiko untuk ke depannya demi perkembangan bahasa baku yang semakin meluas. 

 

Baca juga  Jika Begini Terus, Bagaimana Nasib Gajah Kedepannya?

Asal Kata

Kata Risiko berasal dari bahasa Italia yaitu Risco. Resiko atau risiko? Dalam bahasa inggris risiko adalah risk, yang hampir sama dengan bahasa asalnya yaitu bahasa italia. Semakin dibutuhkannya kata ini, maka semakin berkembang juga bentuk kata. Risiko merupakan hal yang selalu ada di dalam hidup kita. Risiko memilih sekolah A, risiko membeli produk B, dan risiko lainnya. Sehingga kita sebagai masyarakat sudah sangat akrab dengan hal ini. Risiko memiliki studi sendiri saat ini karena begitu penting untuk dipelajari. Karena begitu penting dan sudah sangat familiar, sebaiknya tidak ada masyarakat yang salah dalam menggunakan kata risiko. 

Tidak ada yang mengetahui bagaimana asal muasal kata resiko dapat digunakan oleh masyarakat luas. Tetapi media Massa menjadi fasilitator terbesar dalam hal ini. Terutama di masa-masa ketika media massa baru berkembang dan semua jenis masyarakat menjadikan media massa sebagai sumber terpercaya dalam menerima berita. Karena hal ini, kata yang salah jadi banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia dan berlanjut hingga ke generasi berikutnya. 

Lalu bagaimana mencegah hal ini tidak akan berkembang lagi? Salah satu cara yang sangat umum adalah menggunakan kata yang benar mulai saat ini dalam kondisi apa pun. Apabila melihat teman atau siapapun yang salah Anda dapat mengatakan kata yang benar. Tidak hanya dalam konteks berbicara secara langsung, tetapi berbahasa yang baik dan benar di sosial media. Terutama jika Anda adalah seorang influencer atau orang yang berpengaruh di sosial media, dengan menggunakan kata yang baik dan benar tentu saja banyak yang melihat Anda dan mengikuti apa yang Anda lakukan. 

Tidak hanya kata risiko, masih sangat banyak kata lain yang selalu salah digunakan. Contoh singkatnya adalah kata praktek. Kata praktek akan dijumpai di manapun terutama di daerah rumah sakit, apabila disambungkan kata praktek tidak bisa menjadi kata praktikum bukan? Tidak pernah ada kata praktek yang ada di KBBI. Lalu, kata yang benar adalah praktik karena apabila disambung dapat membentuk kata yang sempurna. Jawaban dari resiko atau risiko sudah sangat jelas bukan? 

Resiko atau Risiko? Berikut untuk Kata yang Benar 2

Baca juga  Anime Bukan Sekedar Tontonan Untuk anak-anak, Kok bisa?

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan