Otaku   

3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya


3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya 1

Dalam serial anime One Piece, terdapat buah yang dapat menambah kekuatan bernama Buah Iblis atau Fruit Devil. Siapa saja yang memakannya akan mendapatkan kekuatan layaknya Iblis, karena kebanyakan kemampuan yang didapat dari memakan buah Iblis sangat kuat dan aneh. Setidaknya terdapat 3 jenis Buah Iblis yang terdapat diserial anime One Piece, diantaranya Paramecia, Zoan, dan Logia. Penasaran dengan Buah Iblis? berikut jenis-jenis Buah Iblis beserta kelemahannya!

Apa Itu Buah Iblis?

3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya 3

Dalam serial anime One Piece, terdapat Buah Iblis (Akuma no Mi) yang dapat memberikan kemampuan bagi siapa saja yang memakannya, bahkan karakter lemah sekalipun bisa menjadi karakter yang sangat kuat bila mendapatkan buah iblis. Namun sayangnya setiap karakter yang menggunakan Buah Iblis memiliki kelemahan yang bisa menjadi Boomerang bagi mereka sendiri.

Pengguna Buah Iblis banyak ditemukan di Grand Line, karena disana banyak ditemukan Buah Iblis. Meskipun banyak, namun tidak semudah yang dibayangkan. Pengguna yang berhasil menemukan Buah Iblis dan menggunakannya akan mendapatkan kekuatan tergantung dari jenis Buah Iblis yang mereka gunakan. Misalnya saja Paramecia yang dapat memberikan kekuatan besar tanpa mengubah wujud dan bentuk dari penggunanya.

Karena dapat memberikan kekuatan yang besar, buah iblis dapat dijual di pasar gelap. Harganya pun tidaklah murah, untuk mendapatkan satu buah iblis di pasar gelap, pengguna harus mengeluarkan uang hingga miliaran Belly.

Buah Iblis Paramecia

3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya 4

Jika kita melihat kemampuan yang dimiliki Monkey D. Luffy yaitu Gomu Gomu no Mi yang mengubah tubuh sang kapten menjadi karet, hal itu dikarekan dirinya memakan Buah Iblis jenis Paramecia. Meskipun masih tergolong langka, namun buah iblis Paramecia lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan buah iblis jenis lainnya.

Baca juga  5 Pengguna Sihir Es Terkuat di Anime Fairy Tale

Buah Iblis Paramecia hanya memberikan kekuatan, dan tidak mengubah bentuk maupun wujud dari penggunanya. Dibandingkan dengan jenis Buah Iblis lainnya, Paramecia cenderung lebih lemah dalam hal kekuatan. Meskipun begitu, bagi pengguna yang dapat melatih dan memaksimalkan kekuatan yang didapat dari Buah Iblis Paramecia, bisa menjadi sangat berbahaya bahkan dapat mengalahkan pengguna Buah Iblis jenis lainnya.

Selain Monkey D. Luffy, terdapat beberapa pengguna yang memiliki kekuatan dari Paramecia yaitu Nico Robi yang memiliki kekuatan dapat memuncuhkan anggota tubuhnya dimana pun bernama Hana Hana no Mi, dan Brook yang memiliki kekuatan hidup abadi yang dinamakan Yomi Yomi no Mi. Masih banyak pengguna lain yang mendapatkan kekuatan dari Paramecia, diantaranya Donquixote Doflamingo dengan Ito Ito no Mi, dan Trafalgar D. Water Law dengan Ope Ope no Mi.

Selain yang sudah disebutkan diatas, terdapat beberapa lagi pengguna Buah Iblis Paramecia, diantaranya:

Buggy dengan Bara Bara no Mi, dapat memisahkan tubuhnya sesuka hati.
Alvida dengan Sube Sube no Mi, dapat melicinkan tubuhnya sehingga sulit untuk dilawan.
Miss Valentine dengan Kilo Kilo no Mi, dapat menambah berat badan sesukanya.
Mr. Five dengan Bomu Bomu no Mi, dapat meledakan dirinya sendiri.
Wapol dengan Baku Baku no Mi, dapat berubah menjadi benda apapun yang dimakannya.
Blueno dengan Doa Doa no Mi, dapat menciptakan sebuah pintu untuk ke dimensi yang berbeda.

 

Buah Iblis Zoan

3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya 5

Berbeda dengan Paramecia yang hanya memberikan kekuatan tanpa merubah bentuk dan wujud dari penggunanya, buah iblis Zoan cenderung membuat penggunanya berubah menjadi hewan atau setengah hewan dan setengah manusia. Pengguna yang mendapatkan kekuatan dari buah iblis Zoan akan menjadi sangat ahli dalam pertarungan jarak dekat.

Baca juga  7 Karakter Terkuat Tanpa Buah Iblis di One Piece

Terdapat beberapa karakter yang memiliki kekuatan Zoan seperti Robb Lucci yang dapat berubah menjadi macan tutul dengan Neko Neko no Mi, dan Pell yang dapat berubah menjadi elang dengan Tori Tori no Mi. Selain itu masih banyak karakter lainnya yang memiliki kekuatan Zoan diantaranya Tony Tony Chopper dengan Hito Hito no Mi, dan Boa Sandersonia dengan Hebi Hebi no Mi.

Terdapat beberapa klasifikasi yang sudah diketahui tentang perubahan tipe Zoan, diantaranya Herbivora, Omnivora, Karnivora, Zoan Kuno, Zoan Level Up, dan Zoan Mitologi. Pada dasarnya pengguna yang memiliki kekuatan Zoan memiliki tiga bentuk dasar, namun jika dilatih dengan serius maka akan mendapatkan perubahan bentuk lainnya seperti Chopper yang dapat berubah sampai tujuh bentuk perubahan.

Selain yang sudah disebutkan diatas, terdapat beberapa lagi pengguna Buah Iblis Zoan, diantaranya:

Chaka dengan Inu Inu no Mi, dapat berubah menjadi Anjing pemburu.
Jabura dengan Inu Inu no Mi, dapat berubah menjadi Serigala.
Kaku dengan Ushi Ushi no Mi, dapat berubah menjadi Jerapah.
Pell dengan Tori Tori no Mi, dapat berubah menjadi Falcon.
Buzz dengan Tori Tori no Mi, dapat berubah menjadi Elang.
Boa Marigold dengan Hebi Hebi no Mi, dapat berubah menjadi Raja Kobra.
Funkfreed dengan Zou Zou no Mi, dapat berubah menjadi seekor Gajah.

 

Logia

3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya 6

Dibandingkan dengan kedua buah iblis diatas, jenis Logia yang paling sulit ditemukan. Bahkan dikatakan bahwa karakter yang memiliki kekuatan Logia akan menjadi sangat kuat bahkan hampir tak terkalahkan, memang kebanyakan pengguna Logia sangatlah kuat. Pengguna yang mendapatkan kemampuan dari buah iblis Logia dapat menggunakan kekuatan dengan unsur alam, contohnya Enel yang dapat menggunakan kekuatan petir.

Baca juga  7 Pertarungan Paling Keren Di Black Clover

Buah Iblis Logia memungkinkan penggunanya untuk mengubah bentuk sesuai dengan kekuatan yang didapatkan dari buah iblis tersebut, seperti Portgas D. Ace yang dapat mengubah tubuhnya menjadi api, atau Smoker yang dapat mengubah tubuhnya menjadi Asap. Karena Buah Iblis Logia tergolong sangat langka, tidak banyak karakter yang memiliki kekuatan Logia.

Jika melihat pertarungan Monkey D. Luffy dengan Enel yang memiliki kekuatan dari buah iblis Logia, maka dapat disimpulkan bahwa Logia termasuk yang terkuat karena dapat menggunakan kekuatan dengan unsur alam. Saat pertarungan tersebut, tim Topi Jerami sangat kesulitan untuk menghadapi Enel yang memiliki kekuatan Petir.

Meskipun tergolong sangat kuat, namun terdapat istilah “Musuh Alami” yang dapat menjaga keseimbangan antara pengguna yang memiliki kekuatan Buah Iblis. Karena Monkey D. Luffy memiliki kekuatan karet yang didapatkan dari Paramecia, membuat Enel juga kesulitan dalam menghadapinya, karena kekuatan petir tidak mempan dengan tubuh Luffy yang memiliki unsur karet.

Meskipun pengguna Buah Iblis sangatlah kuat, namun mereka memiliki kelemahan yang dapat dijadikan celah bagi karakter lemah untuk menyudutkan karakter yang kuat. Misalnya beberapa pengguna Buah Iblis sangat lemah dengan Air Laut, bahkan mereka sampai tidak bisa bergerak, hal tersebut bisa saja membuat mereka diserang makhluk air dengan mudah tanpa bisa melawannya.

Selain itu, jika pengguna buah iblis terkena Seastone maka kekuatan yang telah dimilikinya akan menghilang. Pengguna yang mendapatkan kekuatan buah iblis, sebenarnya tidak selalu kuat. Ada beberapa pengguna yang mendapatkan kemampuan yang tidak berguna sama sekali, salah satunya Charlotte Cracker dengan Bisu Bisu no Mi yang kekuatannya tidak berguna untuk pertarungan.

3 Jenis Buah Iblis Di One Piece Beserta Penggunanya 7


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

R Setiawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments