Otaku   

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama


5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 1

Kamu yang suka nonton kartun di hari Minggu pada dekade 2000-an mungkin pernah menyaksikan Anime Gintama yang biasanya tayang menjelang siang hari. Namun sayang, tidak bisa dipungkiri bahwa Gintama masih kalah popularitas dengan berbagai Anime lainnya, seperti Naruto, One Piece, Bleach dan lain lain, yang membuatnya jadi tayang hanya sebentar di Indonesia.

Gintama yang berarti silver soul, atau sering diplesetkan jadi ‘biji’ silver, merupakan Anime yang diadaptasi dari Manga dengan nama yang sama karya Hideaki Sorachi. Menceritakan Jepang zaman Edo yang kalah perang dan dikuasai oleh Amanto atau alien, yang nampaknya makin kesini, alien-alien tersebut malah semakin minim diceritakan. Gintama fokus pada 3 karakter, yakni Gintoki , seorang mantan Samurai, Kagura, keturunan salah satu ras terkuat dalam semesta Gintama, kemudian Shinpachi, lelaki berkacamata yang sedang belajar menjadi ahli pedang dan satu-satunya yang normal dari ketiga karakter tersebut.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 3

Sekilas mungkin terdengar membosankan, namun Gintama hadir sebagai serial yang benar-benar berhasil menghadirkan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan, bahkan sebagai karya komedi sekalipun. Dan hal ini tentunya dibuat lebih kocak lagi ketika hadir dalam bentuk Anime.

Maka dari itu, berikut 5 alasan mengapa kamu harus nonton Anime Gintama, terutama jika sedang mencari tontonan yang menghibur jiwa dan raga.

Salah satu Anime terkocak yang pernah ada

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Gintama mampu menghadirkan hal-hal kocak yang mungkin nggak pernah terpikirkan oleh kita. Gintama bisa dikatakan memiliki sajian cerita seperti Doraemon misalnya, dimana tiap episode atau tiap beberapa episodenya  menceritakan sesuatu yang berbeda, namun ada juga yang disajikan dalam bentuk Arc.

Baca juga  9 Shinobi Non Konoha Terkuat di Anime Naruto

Secara umum, Gintoki dan kedua kerabatnya tersebut memiliki pekerjaan odd jobs, dimana mereka menerima panggilan pekerjaan apapun dan sebagaimanapun anehnya, selama ada uangnya. Hampir tiap episodenya mereka selalu dimintai melakukan pekerjaan yang aneh-aneh dan selalui menemui masalah yang disajikan secara kocak dalam prosesnya. Seperti tiba-tiba disuruh memangkas rambut sang Shogun, dikejar kepolisian Shinsengumi karena dituduh berteman dengan teroris, hingga membantu keluarga Onmyoji yang membuat Gintoki sampai turun berok.

Hal tersebut juga tentunya didukung dengan berbagai karakter yang nggak kalah kocak lainnya, seperti polisi sadokis, ninja sange, komandan polisi sekaligus gorila sange, teroris feminis, robot pembantu, Shogun yang selalu terlibat masalah Gintoki dan kawan-kawan, peliharaan anjing raksasa, dan masih banyak lagi.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 4

Walau demikian, tidak sedikit dari komedi-komedi yang dihadirkan dalam Gintama agaknya akan lebih mudah dipahami jika kamu bisa berbahasa Jepang atau mungkin pernah tinggal di Jepang dan memahami budaya atau kebiasaan masyarakat negeri Sakura tersebut.

Memparodikan Anime maupun serial lain

Masih berhubungan dengan poin yang pertama, Gintama merupakan sedikit dari berbagai Anime yang berani memparodikan Anime atau Manga lainnya. Tidak hanya itu, bahkan banyak artis, politikus, konsol gaming yang juga diparodikan di dalamnya. Benar-benar absolute madlad.

Beberapa diantaranya seperti, Gundam, Bleach, Dragon Ball, One Piece, Death Note, Kuroko no Basuke, Berserk, Final Fantasy, Dragon Quest, Star Wars dan lain-lain. Kemudian ada juga tokoh-tokoh seperti Will Smith, Donald Trump, Jackie Chan, idol-idol Jepang seperti AKB47, Mario dari Super Mario Bros, dan masih banyak lagi.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 5

Gintama juga pernah memparodikan artis Jepang bernama Shun Oguri dalam salah satu episodenya. Kamu mungkin pernah melihat dirinya dalam film-film Jepang seperti Crows Zero misalnya. Kini ia bahkan memerankan Gintoki dalam live action Gintama.

Baca juga  10 Sihir Terkuat Milik Yuno Di Black Clover

Mampu hadirkan aksi gelut yang keren

Walau memang hadir sebagai Anime komedi, Gintama tetap memiliki bagian-bagian aksi yang tetap epic. Gintoki sendiri memang diperlihatkan sebagai sosok yang cuek dan bodoh, namun ia tetap mampu memberikan perlawanan-perlawanan yang  sepadan menggunakan pedang kayunya, walau memang seringkali ia berakhir babak belur dan nyaris mati.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 6

Tidak hanya Gintoki, karakter-karakter yang berada di pihak baik juga memberikan aksi-aksi bertempur yang keren dan kocak. Sepeti Shinpachi misalnya, di awal-awal Anime mungkin ia terlihat biasa saja dan tidak terlalu jago dalam berpedang, namun seiring berjalannya cerita, ia semakin lihai dalam menggunakan pedangnya, bahkan mampu mengalahkan musuh-musuh yang kuat.

Kocak di awal, baper di akhir

Selain menghadirkan komedi dan aksi-aksi pertempuran yang keren, Gintama juga tentunya miliki elemen-elemen drama yang mungkin membuatmu baper saat menontonnya. Formulanya sendiri biasanya diawali dengan hal-hal bodoh seperti biasa, diikuti dengan pertempuran yang epic dan menegangkan, kemudian diakhiri dengan drama yang bisa meluluhkan hati yang membatu sekalipun.

Baca juga  Bikin Penasaran, 5 Karakter Anime yang Kekuatannya Masih Misteri

Salah satu yang penulis suka dan mungkin jadi Arc terbaik dari serial Gintama adalah Courtesan of Nation, dimana Gintoki harus melawan mantan Shogun beserta organisasi rahasia pemerintah, demi mempertemukan dua kekasih yang telah terpisah lama. Penulis sukses dibuat meneteskan air mata saat menyaksikan akhir dari Arc tersebut.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 7

Hadirkan ragam soundtrack yang enak didengar

Tidak lengkap memang jika Anime tidak diisi dengan soundtrack opening maupun ending yang memorable. Gintama tentunya menghadirkan berbagai band Jepang yang mengisi lagu-lagu OP ataupun ED yang terus berganti tiap Arc-nya, dan cukup banyak diantaranya yang semakin membuat Gintama menarik untuk ditonton.

Beberapa band diantaranya seperti Tommy heavenly6 (Pray), redballon (Giniro no Sora), serial TV drama (Togenkyo Alien), AMOYAMO (LET’S GO OUT), CHiCO with HoneyWorks (Pride Kakumei), Takahashi Hitomi x BEAT CRUSADERS (Wo Ai Ni), dan yang terbaik dari semuanya adalah SPYAIR (Sakura Mitsutsuki dan Samurai Heart).



Satu hal menarik dan bisa dibilang kreatif adalah salah satu opening-nya dibuat gagal dengan alasan karena walau sudah dilakukan secara sempurna berulang-ulang kali, kesalahan tetap bisa saja terjadi. Kamu bisa cek opening tersebut pada halaman ini.

Nah, sekarang apalagi lagi yang kamu tunggu, langsung aja jika kamu sedang mencari tontonan Anime yang begitu menghibur tapi juga bisa bikin baper, atau dari dulu sudah berencana tapi belum kesampaian menonton Gintama. Selamat menonton ya!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Anime Gintama 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Moonlight