Otaku    , Musik   

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime


5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 1

Satu hal kecil yang mungkin bisa kita apresiasi saat menonton sebuah Anime adalah lagu-lag opening maupun ending, yang selalu hadir membuat tontonan tersebut terasa menjadi sebuah satu kesatuan yang lengkap. Pembukaan cenderung dibarengi dengan lagu-lagu keren yang membuat kita bersemangat menontonnya, kemudian diselesaikan dengan lagu-lagu syahdu nan baper pada akhir Anime.

Lagu-lagu tersebut tentu tidak sekadar asal dipilih, well, walau memang ada juga yang demikian, namun sejatinya lagu-lagu pada sebuah Anime biasanya menyesuaikan dengan cerita, tone, karakter-karakternya, bahkan berganti di setiap story arc-nya. Hal ini tentunya menunjukkan betapa kekuatan lagu maupun musik bisa membuat sebuah Anime lebih menarik untuk ditonton.

Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin merekomendasi 5 band asal Jepang yang harus kamu dengarkan jika suka menonton Anime. Dan kedepannya juga diharapkan kamu mendengarkan lagu-lagu mereka lainnya yang tidak hadir sebagai opening atau ending dalam Anime.

1. FLOW

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 3

FLOW merupakan band aliran Rock yang terdiri dari 5 personel; Kohshi (vocal and rhythmic guitar), Keigo (vocalist), Take (lead guitar, backup vocals), Got’s (bassist and backup vocals) dan Iwasaki (drummer). Pertama kali terbentuk di tahun 1998, FLOW kini telah merilis 34 single dan 11 album.

Band satu ini ini mungkin tidak asing bagi kamu yang telah menonton Anime di tahun 2000-an. FLOW telah mengisi beberapa Anime populer seperti Naruto, Code Geass, Dragon Ball Z, serta video game seperti Tales of Berseria. Kamu mungkin pernah menonton salah satu musik video kocak mereka yang memparodikan film Terminator.

Beberapa di antaranya:

  • Code Geass “Colours”| “World End”
  • Naruto “Re:member” | “Go!!!” | “Sign” (Shippuden)
  • Dragon Ball Z “Cha La Head Cha La”
  • Seven Deadly Sins “-Seven-“

Satu hal yang menjadi ciri khas dari lagu-lagu FLOW adalah mereka cenderung memberikan vibe semangat dan emosional yang mendalam. Bisa dibilang lagu-lagu FLOW cocok didengarkan saat kamu membutuhkan sesuatu yang mengembalikan mood positifmu.

 

2. Man With A Mission

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 4

Man With A Mission (MWAM) merupakan band dengan gaya bermusik Hard Rock dan Dance Rock. Terdiri dari 5 personel band dengan masing-masing memiliki nama panggung; Tokyo Tanaka (vocals, leader), Jean-Ken Johnny (guitar, vocals, rap), Kamikaze Boy (bass guitar, backing vocals), DJ Santa Monica (DJ, sampling) dan Spear Rib (drummer). Melakukan debut publik di tahun 2010, MWAM kini telah memiliki 21 single dan 5 album.

Band satu ini telah mengisi beberapa Anime seperti Log Horizon, Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans, Seven Deadly Sins, Golden Kamuy dan beberapa Anime lainnya. Kemudian mereka juga mengisi untuk film seperti Inuyashiki, kemudian juga untuk video game seperti Street Fighter garapan Capcom.

Beberapa di antaranya:

  • Log Horizon “Database”
  • Iron-Blooded Orphans “Raise Your Flag”
  • Seven Deadly Sins “Seven Deadly Sins”
  • Golden Kamuy “Winding Road”

MWAM memiliki ciri khas yang sangatlah unik secara tampilan, karena semua personelnya menggunakan topeng serigala saat tampil di depan umum. Hal tersebut tentu bukanlah iseng semata, namun memiliki latar belakang fiksi bahwa mereka adalah ultimate life form yang dibekukan di Antartica yang di buat oleh pemusik legendaris Jimi Hendrix, dan kini muncul untuk menggemparkan industri musik Jepang. (via Japan Times)

 

3. MY FIRST STORY

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 5

MY FIRST STORY merupakan band aliran Rock yang terdiri dari 4 personel; Hiro (lead vocal), Nob (bass guitar), Nishizawa Teruki (guitar) dan Kid’z (drummer). Melakukan debutnya pada tahun 2011 lalu, kini MY FIRST STORY telah memiliki 9 single dan 9 album.

Baca juga  5 Rekomendasi Anime Isekai Seru untuk Ditonton

Band satu ini telah mengisi beberapa Anime seperti Arpeggio of Blue Steel, Nobunaga Concerto dan Golden Kamuy. Mereka juga pernah mengisi untuk film seperti Shinjuku Swan, kemudian juga untuk video game seperti Hortensia Saga: Ao no Kishidan dan Let It Die.

Beberapa di antaranya:

  • Arpeggio of Blue Steel “SAVIOR OF SONG”
  • Nobunaga Concerto “Fugakyaku Replace”
  • Golden Kamuy “Reimei”

Satu fakta menarik dari band satu ini adalah sang vokalis yang merupakan adik dari vokalis ONE OK ROCK. Sehingga kamu mungkin awalnya akan menyangka bahwa lagu-lagu Anime di atas dinyanyikan oleh ONE OK ROCK. Walau demikian, kedua band ini tentu memiliki ciri khas yang berbeda, dimana MY FIRST STORY cenderung memiliki elemen electro di lagu-lagu yang mereka buat.

 

4. GARNiDELiA

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 6

GARNiDELiA merupakan band beraliran pop rock, yang terdiri dari dua personel saja, yakni Mai Mizuhashi aka MARiA sebagai vokalis dan Yoshinori Abe aka Toku sebagai produser musik. Duo ini pertama terbentuk pada tahun 2010, dan kini telah merilis 7 single serta 3 album.

Hampir setiap single yang mereka rilis didedikasikan untuk Anime yang mereka isi, seperti Kill la Kill, The Irregular at Magic High School, Gunslinger Stratos Fate/Apocrypha, dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya:

  • Kill la Kill — “Ambiguous”
  • The Irregular at Magic High School “Grilletto”
  • Gunslinger Strats “Mirai”
  • Fate/Apocrypha “Désir”

Hampir semua lagu-lagu yang GARNiDELiA rilis memiliki ciri khas musik-musik EDM atau bisa dijadikan irama untuk menari. Hal ini tentu terlihat dari berbagai musik video yang mereka buat memiliki sekelompok dancer yang menari di dalamnya, begitu juga dengan MARiA yang ikut menari sambil bernyanyi. Beberapa lagu bahkan memiliki video khusus yang memperlihatkan bagian menarinya saja.

 

5. SPYAIR

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 7

SPYAIR merupakan band beraliran rock yang terdiri dari 4 personel, yakni Ike (vocals), UZ (guitar, progrramming), Momiken (bass guitar, leader) dan Kenta (drummer). Band ini terbentuk pada tahun 2005, dan kini telah merilis 28 single dan 7 album.

Band satu ini telah mengisi cukup banyak Anime, seperti Gintama, Haikyuu!!, Bleach, Mobile Suit Gundam AGE, Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans dan masih banyak lagi. SPYAIR juga mengisi untuk versi dubbing Jepang film The Amazing Spider-Man.

Beberapa di antaranya:

  • Gintama “Samurai Heart (Some Like It Hot!!)”  | “Sakura Mitsutsuki”
  • Haikyuu!! “Imagination” | “I’m A Believer”
  • Gundam AGE My World
  • Iron-Blooded Orphans Rage of Dust

Beberapa hal yang menarik dari SPYAIR adalah suara vokalisnya yang begitu khas, penulis jamin kamu akan dengan mudah mengenali suaranya saat menemukannya di suatu Anime. Kemudian lagu-lagu yang mereka hasilkan cenderung memberikan vibe yang bikin semangat dan ceria, namun tidak sedikit juga lagu-lagu mereka yang cukup serius dan menggugah emosional. Penulis sendiri tentunya sangat merekomendasikan band satu ini.

Itulah 5 rekomendasi band Jepang untuk kamu yang gemar nonton Anime. Semoga artikel ini bisa berkontribusi untuk playlist lagu-lagu Jepang-mu ya!

5 Band Jepang yang Harus Kamu Dengarkan Jika Suka Nonton Anime 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Moonlight

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments