Otaku    , Budaya    , Kesehatan   

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona


5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 1

Situasi dunia yang kini sedang dilanda wabah virus Corona mungkin tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Di Indonesia sendiri, jumlah korban yang dikonfirmasi mengidap Corona telah mencapai angka 69 jiwa, dan angka tersebut nampaknya akan terus bertambah.

Negara-negara dunia juga telah melakukan berbagai penanganan maupun pencegahan agar penyebaran virus Corona ini bisa dibatasi. Dan kali ini kita akan mencoba melihat apa-apa saja yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat Jepang dalam menghadapi wabah virus ini.

1. Sekolah diliburkan dan karyawan kantoran bekerja dari rumah

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 3

Walau memang kini banyak negara yang memang melakukan hal serupa, Jepang sendiri merupakan salah satu yang pertama dalam mencanangkan sekolah untuk diliburkan, serta mendesak kantor-kantor untuk memperbolehkan karyawannya bekerja dari rumah.

Tidak ada hanya di sekolah-sekolah di kota besar tentunya, namun seluruh sekolah yang ada di Jepang. Hal ini tentunya karena sekolah sendiri merupakan salah satu tempat berkumpulnya murid-murid maupun guru-guru yang berasal dari berbagai tempat, begitu juga dengan kantor.

Baca juga  6 Manfaat Buah Naga Yang Harus Kamu Tahu, Dari Merawat Kulit Hingga Mencegah Kanker
2. Menutup atraksi-atraksi wisatawan

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 4

Selain meliburkan sekolah dan mengurangi aktivitas di kantor, beberapa tempat destinasi wisata populer di Jepang juga mulai ditutup. Beberapa diantaranya yang tentunya populer adalah musium Studio Ghibli, Tokyo Disneyland, dan Universal Studios Japan.

Walau demikian, saat ini turis masih diperbolehkan masuk ke Jepang, namun dengan pemeriksaan yang sangat ketat. Sehingga kamu yang berencana ke Jepang dalam waktu dekat dan ingin mengunjungi tempat-tempat seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mungkin harus membatalkan kunjungannya sampai ada pengumuman resmi terkait pembukannya kembali, atau mencari destinasi wisata lainnya.

3. Menggratiskan lebih dari 450 manga yang bisa dibaca secara online

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 5

Untuk membuat masyarakat betah dirumah dan tetap terhibur, beberapa penerbit manga di Jepang menggratiskan lebih dari 450 judul Manga yang bisa dibaca secara online. Mulai dari chapter-chapter terbaru hingga beberapa bulan yang lalu. Beberapa di antaranya seperti Weekly Shonen Jump, Weekly Shonen Sunday, Kokoro Comic, Monthly Flowers dan masih banyak lagi.

Baca juga  Kenapa #dirumahaja Bisa Menghentikan Wabah Corona

Tidak hanya itu, beberapa penerbit juga menggratiskan beberapa manga lawas populer. Dimana hal ini tentunya merupakan kesempatan bagus untuk para Otaku yang ingin bernostalgia dengan komik-komik yang mereka baca sewaktu kecil.

4. Delivery makanan yang lebih aman

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 6

Jika masyarakat ragu keluar rumah untuk membeli persediaan makanan, sistem delivery tentu salah satu cara untuk meminimalisir kontak dengan orang-orang di keramaian. Pizza Hut dan Domino Jepang memiliki cara agar proses delivery dilakukan dengan aman, yakni dengan menjaga jarak antara pengirim dan pembeli.

Domino memiliki metode pengiriman “Zero Contact Drop-Off”, dimana pengirim tidak akan memberikan Pizza ini ke pembeli secara langsung. Pengirim nantinya akan meletakkan sebuah box di depan rumah pembeli, dan meletakkan pizza yang sudah berada dalam plastik ke box tersebut. Pengirim kemudian memanggil sang pembeli dan menjauhkan diri setidaknya dua meter. Setelah pembeli mengambil Pizza dan telah memastikan pesanannya, sang pengirim mengambil kembali box kosong tersebut, sehingga benar-benar tidak ada sentuhan langsung. Metode pengiriman ini hanya berlaku dengan pre-paid. Pizza Hut juga memiliki hal serupa, namun mereka tidak menggunakan semacam box tambahan dalam prosesnya.

Baca juga  5 Risiko Saat Kamu Sering Pakai High Heels
5. Video dewasa Jepang (JAV) yang bisa ditonton gratis

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 7

Agaknya bukan rahasia lagi bahwa industri video dewasa di Jepang berkembang dengan pesat karena memang ada permintaannya, dari dalam Jepang maupun luar negeri. Sama seperti industri manga, demi mendorong masyarakat untuk betah di rumah, studio produser Soft on Demand (SOD) menggratiskan lebih dari 200 karya nakalnya.

Untuk mengakses video-video tersebut, masyarakat Jepang hanya perlu membuat akun dan bisa langsung membeli video-video yang kini harganya 0 yen. Tidak hanya itu, 200 orang pertama yang telah membeli video-video tersebut juga akan mendapatkan SOD Basara, sebuah alat bantu masturbasi bagi pria. Dan nampaknya karena promo menarik tersebut, website SOD sendiri sempat down dan tidak bisa diakses.

Itulah 5 cara pemerintah maupun masyarakat Jepang untuk tetap terhibur selama isolasi ringan ini berlangsung. Kira-kira kalo di Indonesia bakal ngapain aja ya? Coba kasih tau ide-idemu agar kita tetap santuy dan terhibur saat menghadapi virus Corona ini!

5 Hal yang Dilakukan Masyarakat Jepang dalam Menghadapi Virus Corona 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Moonlight