5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer

3 menit


50
50 upvote
5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 1

Anime ataupun manga agaknya cukup sering mengambil tema cerita bertemakan fantasi dimana karakter-karakternya memiliki kemampuan super yang tentunya tidak sesuai dengan kehidupan nyata. Tidak hanya itu, tema fantasi ini biasanya cenderung menghadirkan pertempuran epic yang menggunakan pedang hingga kekuatan magis.

Walau demikian, tidak sedikit juga anime yang mencoba melakukan pendekatan yang lebih relevan dengan dunia nyata melalui tema militer. Sekumpulan prajurit yang terjun ke medan perang dengan persenjataan yang tentunya terinspirasi dari dunia nyata, hingga bumbu-bumbu politik yang membuat cerita semakin terasa relevan dengan kondisi dunia aslinya.

Namun yang namanya anime ataupun manga tentunya tidak akan menarik jika mengandalkan realistis militer semata, sehingga tetap harus ada unsur fiksi untuk membuat keseluruhannya ceritanya semakin menarik. Maka dari itu, berikut penulis akan rekomendasikan beberapa tontonan Anime keren bertemakan militer.

1. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 3

Anime satu ini bisa dibilang menghadirkan tema militer yang dicampur dengan elemen magis dalam kedok Alkimia. Menceritakan sesosok lelaki bernama Edward Elric, seorang alchemist yang merupakan bagian dari kesatuan militer negara Amestris, yang sedang mencari keberadaan atau eksistensi Philosopher’s Stone, sebuah relic yang dianggap sakral karena mampu menembus batas-batas Alkimia. Namun dalam pencariannya, ia justru mengungkap konspirasi mengerikan yang dilakukan oleh negaranya.

Baca juga  10 Anggota Otsutsuki yang Memiliki Kekuatan Luar Biasa

Anime satu ini mungkin merupakan salah satu anime terbaik sepanjang masa yang pernah penulis tonton. Pembawaan cerita yang menarik dan emosional, serta aksi bertempur yang keren benar-benar membuat penulis tidak bosan-bosannya menonton anime ini berulang-ulang.

2. Mobile Suit Gundam: Iron-blooded Orphans

5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 4

Premis berbagai anime Gundam cenderung menghadirkan konflik antara bumi dengan koloni luar angkasa. Pada Iron-blooded Orphans pun demikian, namun cerita berfokus kepada ‘anak-anak’ yang dibuang ke Mars. Ingin mengubah kehidupan mereka yang terus sengsara, Orga Itsuki bersama Mikazuki Augus, serta kawan-kawannya membentuk Tekkadan untuk memulai hidup baru dengan menjalankan bisnis legal. Bermodalkan Gundam Barbatos dan beberapa mobile suit lainnya, pekerjaan pertama mereka adalah mengawal Kudelia Aina Bernstein ke bumi untuk memperjuangkan idependensi planet Mars.

Berbeda dengan berbagai anime Gundam lainnya, Iron-blooded Orphans memiliki lebih banyak pertempuran-pertempuran skala yang kecil atau secara bergerilya. Persenjataannya pun tidak seheboh serial-serial Gundam lainnya. Namun yang lebih dipamerkan pada anime satu ini adalah cerita yang emosional serta menunjukkan betapa mengerikannya dan busuknya perang maupun politik yang menungganginya.

Baca juga  5 Rekomendasi Live Action Terbaik Dari Adaptasi Anime & Manga
3. Golden Kamuy

5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 5

5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 6

Golden Kamuy menceritakan seorang veteran perang antara Rusia dan Jepang di era Meiji bernama Saichi Sugimoto, yang sedang mencari harta karun suku Ainu. Tidak hanya Sugimoto, ternyata banyak pihak lainnya yang juga menginginkan harta karun tersebut. Dengan bantuan seorang gadis suku Ainu bersama Asirpa yang ingin menemukan ayahnya, mereka berdua memutuskan untuk berpetualang bersama.

Premis ceritanya sendiri memang tidak militer-militer sekali, namun hampir semua yang terlibat dalam anime ini memiliki latar belakang militer, seperti senjata dan kemampuan bertempur mereka. Namun yang menarik dari Golden Kamuy adalah unsur-unsur komedi yang terselip dengan baik diantara ceritanya yang cukup serius dan emosional. Terlebih, anime satu ini juga menonjolkan sedikit tema kuliner.

4. Legend of the Galactic Heroes

5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 7

Perang antara dua interstellar superpowers selama 150 tahun akhirnya mendekati akhir ketika muncul generasi pemimpin jenius, seperti Reinhard von Lohengramm dari Galactic Empire dan Yang Wenli dari Free Planets Alliance. Memiliki ideologi masing-masing dalam membela negaranya, kedua sosok penting tersebut dihadapkan dengan situasi-situasi politik yang membuat mereka bertanya untuk apa perang ini dilakukan.

Dari semua anime yang ada pada list ini, Leged of the Galactic Heroes merupakan anime keluaran tahun 1988 sampai 1977 dengan total 110 episode. Ya, anime lawas ini hadirkan visual yang tentunya sangat bagus pada zamannya, serta cerita yang bahkan bisa dibilang lebih Star Wars daripada Star Wars besutan George Lucas.

Baca juga  5 Sountrack Anime Paling Populer Bikin Kita Bernostalgia
5. Gate

5 Rekomendasi Tontonan Anime dengan Tema Militer 8

Bagaimana jika tema militer bertemu dengan tema fantasi? Gate adalah jawabannya! Menceritakan tentang sebuah gerbang yang tiba-tiba muncul di Tokyo dan diserang prajurit-prajurit dan mahluk-mahluk fantasi dari dunia lain. Tiga bulan setelah kemunculan gerbang tersebut, Youji Itami seorang otaku sekaligus anggota JSDF (Japan Self Defense Force) ditugaskan untuk melakukan investigasi bersama regunya ke sisi lain gerbang yang menghubungkannya dengan dunia lain tersebut. Dalam investigasinya, ia bertemu dengan masyarakat lokal serta berbagai sosok maupun hal-hal yang hanya ada di dunia fantasi, seperti elf, demi-god, penggunaan sihir, bahkan bertempur dengan naga.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Gate memperlihatkan betapa kontrasnya Jepang yang hadir dengan kekuatan militer yang sudah canggih, melawan dunia fantasi yang bisa dibilang masih kuno. Dalam anime ini, kamu akan disajikan berbagai aksi ataupun bertempuran yang bisa dibilang selalu berat sebelah karena militer Jepang yang sudah sangat advanced. Tidak hanya itu, anime ini juga memperlihatkan adanya culture exchange antara kedua dunia tersebut, yang dibalut dalam humor-humor yang pas.

 


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

50
50 upvote
Moonlight

Legend