Otaku    , Food   

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan


5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 1

Makan, minum, nyemil kudapan di senja hari sambil minum kopi biar kayak anak indie (mungkin) memang sudah jadi kebutuhan mendasar manusia untuk keberlangsungan hidup. Namun terkadang, selain mengkonsumsi, menyaksikan orang-orang membuat berbagai jenis makanan dan minuman juga memiliki daya tariknya sendiri. Dan di zaman now, begitu banyak acara-acara atau bahkan channel TV yang didedikasikan untuk masak-memasak, bahkan dalam medium Anime sekalipun.

Melihat makanan dalam visual 2D mungkin memang sedikit berbeda jika kita membandingkannya dalam dunia nyata. Walau demikian, semakin berkembangnya teknologi dan zaman, berbagai studio maupun animator berhasil menyajikan visual makanan-makanan yang menggugah selera, namun tetap dapat menghadirkan alur cerita yang menarik di dalamnya. Beberapa Anime bahkan mampu menghadirkan visual makanan yang menarik walau topik utamanya sendiri bukan makanan.

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 3
Ramen di dalam Terror in Resonance (2014)

Maka dari itu, siapkan tisu untuk mengelap iler kalian, karena pada kesempatan kali ini penulis ingin merekomendasikan 5 tontonan Anime bertemakan kuliner yang harus banget kamu tonton jika kamu memang doyan makan.

Cooking Master Boy (1995)

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 4

Chuuka Ichiban atau Cooking Master Boy menceritakan seorang lelaki bernama Mao yang berambisi menjadi koki legenda seperti almarhum ibunya. Mao melakukan perjalanan mengelilingi negeri China untuk belajar berbagai teknik memasak, namun juga bertemu dan berhadapan dengan berbagai koki hebat lainnya.

Kamu yang lahir di tahun 90-an mungkin tidak asing lagi dengan Anime satu ini. Walau memang visualnya bisa dikatakan ketinggalan zaman jika ditonton saat ini, cerita yang ditawarkan tetap menarik, terlebih ekspresi-ekspresi foodgasm para karakter di dalamnya saat mencoba berbagai makanan yang begitu lezat.

Baca juga  5 Anime Terbaik Dengan Kisah Kehidupan Paling Menyayat Hati

Dan sebagai informasi tambahan, pada akhir tahun 2019 lalu Anime ini juga mendapatkan lanjutan sekaligus remake yang berjudul New Cooking Master Boy. Walau hadir dengan visual yang lebih bagus, para fans nampaknya masih lebih menyukai Cooking Master Boy keluaran yang pertama.

 

Restaurant to Another World (2017)

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 5

Memasak untuk orang-orang atau bahkan mahluk-mahluk yang literally berasal dari dunia lain mungkin terdengar tidak biasa, namun itulah premis yang ditawarkan oleh Anime berjudul Isekai Shoukdou atau Resturant to Another World.

Tiap hari ke-7 atau hari Minggu, pintu sebuah restoran bernama Nekoya terhubung dengan dunia lain karena suatu kekuatan magis. Tenshu sebagai koki dari restoran tersebut terus melayani berbagai orang dan mahluk dari dunia lain dengan berbagai makanan-makanan lezat yang tidak tersedia di dunia mereka.

Resturant to Another World bisa dikatakan tidak terlalu fokus pada proses masaknya sendiri, melainkan lebih kepada reaksi layaknya orang-orang zaman old yang mencoba makanan-makanan zaman now. Tiap episodenya menceritakan karakter-karakter baru dan menu makanan yang mereka suka. Mulai dari sesosok bangsawan yang doyan Ebi Furai, sesosok kadal yang doyan makan Omellete Rice, sesosok singa yang doyan Katsudon, sesosok naga yang doyan Chicken Curry dan masih banyak lagi.

 

Dagashi Kashi (2016)

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 6

Sedikit berbeda dengan judul-judul sebelumnya, Dagashi Kashi tidak melingkupi makanan-makanan berat sebagai sajian utamanya, namun lebih kepada snack atau kudapan-kudapan ringan yang cukup populer di Jepang.

Baca juga  5 Manga Bertemakan Karakter Bapak Rumah Tangga Yang Menarik

Menceritakan sesosok lelaki bernama Kokonotsu Shikada yang ingin menjadi seorang Mangaka, namun kesehariannya ia justru menjaga toko snack yang telah keluarganya urus secara turun temurun, dan ia menolak untuk mewarisi toko tersebut. Namun, itu semua perlahan berubah semenjak negara api menye- ehem… ketika seorang gadis bernama Hotaru Shidare yang terobsesi dengan berbagai kudapan ringan datang menemuinya.

Yang menarik dari Dagashi Kashi agalah selain menyaksikan berbagai snack yang menarik dan unik, kita juga diajak untuk mendalami latar belakang dan sejarah terciptanya snack-snack yang muncul di dalamnya. Namun satu hal lain yang mungkin juga jadi nilai jualnya adalah kehadiran sang gadis, Hotaru Shidare yang cenderung memperlihatkan berbagai sexual innuendo saat menyantap atau menjelaskan sebuah snack.

 

Yakitate!! Japan (2004)

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 7

Yakitate!! Japan merupakan sebuah Anime bertemakan yang fokus pada kuliner roti-rotian. Menceritakan seorang lelaki bernama Kazuma yang awalnya tidak menyukai roti, namun kini sangat menyukainya semenjak ia ‘diculik’ ke sebuah toko roti yang penuh dengan ragam roti yang lezat. Terus berlatih menjadi tukang roti yang handal, ia bertekad untuk membuat roti asal Jepang yang dapat bersaing dengan roti-roti dari negara lainnya.

Anime satu ini juga bisa dikatakan termasuk Anime lama dan belum menghadirkan visual seperti Anime-anime saat ini. Namun Yakitate!! Japan tetap mampu menghadirkan visual roti-rotinya yang mampu menggugah selera, dan mungkin mampu membuatmu jadi ingin makan roti yang baru keluar dari panggangan.

Baca juga  5 Tips Jitu Hilangkan Noda Gosong Pada Peralatan Masak

Satu hal lainnya yang sangat ditonjolkan dalam Yakitate!! Japan adalah elemen komedi-komedinyanya. Dari semua Anime yang hadir pada list ini, Yakitate!! Japan mungkin jadi yang terbaik dalam menghadirkan komedi-komedi dan karakter-karakter yang klise.

 

Food Wars! (2015)

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 8

Food Wars! atau Shokugeki no Soma agaknya bisa dikatakan sebuah entitas Anime yang terinspirasi dari berbagai Anime kuliner pendahulunya. Dan agaknya cukup banyak fans yang setuju bahwa Anime satu ini menjadi yang terbaik dalam menyajikan tema kuliner.

Menceritakan seorang lelaki bernama Soma yang sebenarnya sudah jago masak di masa remajanya, namun ia disuruh untuk masuk ke sekolah kuliner bernama Totsuki. Awalnya ia mengira bahwa masuk sekolah kuliner adalah buang-buang waktu, namun di sekolah tersebut ia justru menyadari bahwa banyak koki handal yang seumuran dengannya.  Soma terus mengasah kemampuannya di sekolah tersebut dan saling adu kemampuan dengan murid-murid lainnya dalam duel yang disebut Shokugeki.

Food Wars! menyajikan begitu banyak visual makanan yang benar-benar memanjakan mata, dan mungkin juga perut. Anime satu ini memperlihatkan proses masak-memasaknya yang sangat keren, serta memperlihatkan foodgasm yang bisa dikatakan sangat vulgar, karena karakter-karakternya cenderung terkoyak pakaiannya dan menjadi telanjang (tersensor tentunya) ketika mencoba makanan yang luar biasa enaknya. Tidak ketinggalan komedi-komedi yang cukup menghibur di sela-sela penceritannya.

Itulah 5 tontonan Anime bertemakan kuliner yang tentunya harus kamu tonton jika kamu tertarik menelusuri luasnya semestas makanan, atau memang sekadar doyan makan. Nah, kalo kamu udah pernah nonton Anime-anime di atas, kira-kira mana yang jadi favoritmu?

5 Rekomendasi Tontonan Anime Kuliner untuk Kamu yang Doyan Makan 9


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Moonlight

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments