5 Tontonan Anime yang Dibuat Berdasarkan Kisah Nyata


Membuat sebuah cerita fiksi dan merealisasikannya ke dalam bentuk visual melalui medium manga, anime, bahkan film sekalipun merupakan hal yang bisa dikatakan cukup biasa. Siapa yang mampu menyajikan sebuah cerita fiksi dengan baik dan menarik, maka dipastikan penontonnya akan jatuh hati pada karyanya tersebut.

Walau demikian, tidak sedikit para kreator yang mencoba menghasilkan sebuah karya yang didasari dari kejadian nyata. Karya-karya ini biasanya dilakukan untuk mengenang masa lalu, menghormati sejarah dan secara tidak langsung menjadi sarana edukasi bagi para penontonnya.

Maka dari itu, pada kesempatan ini penulis ingin membagikan 5 tontonan Anime yang dibuat berdasarkan kisah nyata, dan pastinya tetap bisa menghiburmu.

Baca juga  Potret 7 Gadis Cosplayer Indonesia yang Menawan nan Seksi
1. Golden Kamuy

Golden Kamuy menceritakan seorang veteran perang yang mencari harta karun bersama seorang gadis dari suku Ainu. Dalam petualangannya tersebut, ia bertemu dengan pihak-pihak lainnya yang juga menginginkan harta karun tersebut. Walau sebenarnya bukan kisah yang benar-benar nyata, Anime ini memiliki latar cerita pasca perang antar Jepang dan Rusia di tahun 1904, serta suku Ainu yang juga merupakan suku nyata campuran antara Jepang dan Rusia. Geno Studio bahkan menghadirkan ahli bahasa Ainu yang membantu produksi Anime-nya.

2. Bakuman

Bakuman merupakan sebuah manga, kemudian diadaptasi menjadi anime yang menceritakan kisah kreatornya dalam membuat manga. Bakuman dibuat oleh Tsugumi Ohba and Takeshi Obata, dua orang dibalik terciptanya manga Death Note. Saat mengerjakan Death Note, mereka mendokumentasikan proses-proses yang mereka lakukan, dan membuat manga baru dari pengalaman-pengalaman tersebut.

Baca juga  5 Manga dengan Art Terkeren dan Cerita Terbaik yang Harus Kamu Baca
3. Grave of the Fireflies

Judulnya mungkin terkesan seperti sebuah film horor. Namun film Anime besutan Studio Ghibli ini sesungguhnya dipastikan bisa bikin para penontonnya baper. Diambil dari kisah nyata  Akiyuki Nosaka bersama adik perempuannya yang mencoba bertahan hidup pasca pengeboman kota tempat tinggalnya menjelang akhir perang dunia ke-2. Kamu yang ingin mengetahui kelanjutannya tentu harus menyaksikan Grave of the Fireflies secara langsung.

4. The Wind Rises

Masih karya yang dibesut oleh Studio Ghibli, film anime satu ini menceritakan kisah Jiro Horikoshi, seorang insinyur yang membuat pesawat tempur untuk Jepang saat perang dunia ke-2. Hadir sebagai film drama historis, The Wind Rises memperlihatkan perspektif sang insinyur yang sebenarnya tidak setuju pesawat buatannya tersebut digunakan untuk berperang.

Baca juga  5 Rekomendasi Anime Isekai Seru untuk Ditonton Selama Isolasi Diri
5. Vinland Saga

Anime satu ini menceritakan bangsa Denmark yang menginvasi Inggris pada abad ke-11. Kamu yang mengenal istilah vikings tentu akan familiar dengan penceritaan anime satu ini. Terdapat tokoh-tokoh historis yang diambil dari manuskrip Flateyjarbók, The Saga of Eric the Red dan The Saga of the Greenlanders. Seperti sang karakter utamanya sendiri misalnya, Thorfinn yang didasari tokoh nyata Thorfinn Karlsfelni tersebut merupakan pengembara dari Islandia.

Itulah 5 anime yang dibuat berdasarkan cerita nyata yang tentunya dapat menghiburmu sekaligus memberikan edukasi tentang sejarah untukmu. Tentu masih ada banyak anime atapun manga yang juga diadaptasi dari kisah nyata, kalau kamu tahu beberapa di antaranya, langsung kasih tahu di kolom komentar aja ya! Selamat menonton!

 


Moonlight

Legend