Otaku   

Apa itu Regular, Ranker, & Istilah Lainnya Dalam Anime Tower of God


Apa itu Regular, Ranker, & Istilah Lainnya Dalam Anime Tower of God 1

Anime Tower of God adalah anime yang menceritakan tentang petualangan karakter utamanya yang bernama Bam ke-25, Rachel teman dekatnya yang selama ini selalu bersamanya tiba-tiba memutuskan untuk menaiki menara dan meninggalkan Bam. Mendengar Rachel memutuskan menaiki menara, Bam mengejarnya dan disaat-saat akan memasuki menara ia berpisah dan ditinggalkan Rachel. Bam yang menganggap Rachel sebagai seseorang yang penting baginya, akhirnya memutuskan untuk menaiki menara yang misterius tersebut demi mengikuti Rachel.

Tower atau menara adalah tempat yang misterius baik dari struktur dan isinya, tidak ada seorangpun yang mengetahui pasti kebenaran dibalik menara tersebut. Bam yang tidak tahu apa-apa soal menara, dengan berani tetap menaiki menara tersebut dan dalam perjalanannya bertemu dengan teman-teman barunya.

Di dalam anime Tower of God ini terdapat banyak istilah-istilah pembuat komik ini gunakan untuk menyebutkan sesuatu. Karena banyaknya istilah-istilah tersebut akhirnya membuat sebagian orang lupa atau bingung dengan maksud dari istilah-istilah yang ada.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa istilah-istilah dalam anime Tower of God yang seringkali disebutkan di dalam anime-nya.

 

Istilah-istilah Dalam Anime Tower of God

Berikut ini beberapa istilah-istilah dalam anime Tower of God beserta penjelasannya.

Shinsu

Shinsu

Shinsu adalah zat yang bisa ditemukan di setiap menara dan dengan tingkat konsentrasi yang berbeda di setiap tingkatan menara. Sebagai contoh di lantai menara bawah, aliran shinsu cenderung longgar, tidak mencolok, dan mirip seperti aliran udara. Namun di lantai menara tingkat atas aliran shinsu cenderung kental dan alirannya seperti air, yang berarti bahwa di lantai menara tingkat atas shinsu memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Dari contoh tersebut bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi lantai menara maka akan semakin tinggi tingkat konsentrasi aliran shinsu.

Baca juga  5 Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik Yang Cocok Untuk Melepas Penat

 

Regular

Regular

Chosen Regular (Regular terpilih) atau singkatnya biasa disebut Regular adalah seseorang dari dalam atau area tengah menara yang terpilih oleh Menara melalui perantara Headon sang Guardian lantai satu menara dan diijinkan untuk menaiki menara.

Regular Sendiri bisa berasal dari keluarga biasa seperti Hatz dan Shibisu atau berasal dari 10 keluarga besar seperti Khun, Endorsi, dan Anaak Zahard

Regular terpilih ini nantinya masuk ke menara dan memulai petualangan mereka dari lantai 2 menara, dan ketika mereka telah melewati lantai ke 20, mereka dapat tinggal bersama keluarga mereka, melakukan bisnis, tinggal di lantai tersebut, dan tidak lagi diwajibkan menaiki menara.

Namun, untuk menjadi seorang Ranker dan mendapatkan benefit dari menjadi seorang Ranker seperti “keabadian”, tidak menua, dan kesempatan menduduki perkejaan bergengsi akhirnya membuat sebagian besar regular bertekad untuk terus menaiki menara.

 

Irregular

Irregular

Irregular adalah seseorang yang tidak dipilih menara melalui perantara Headon, tetapi mampu masuk ke dalam menara dengan membuka pintu menara menggunakan kekuatan mereka sendiri. Irregular sendiri merupakan seseorang yang berasal dari luar menara. Di dalam menara mereka biasanya tidak mendapatkan sikap yang ramah karena Irregular merupakan seseorang yang tidak dipilih dan berpotensi menganggu “keseimbangan” menara.

Ketika memasuki menara, tidak seperti Regular, mereka akan masuk ke lantai 1 menara lalu menaiki lantai hingga bertemu regular di lantai 2 menara. Tapi tentu saja mereka masih sama seperti Regular dimana mereka diperbolehkan tinggal, berbisnis, dan tidak menaiki menara ketika sudah melewati lantai 20.

Irregular biasanya memiliki kekuatan mengendalikan shinsu dan potensi yang jauh diatas para regular.

 

Ranker

Ranker

Ranker adalah seseorang baik Regular maupun Irregular yang telah menaiki menara hingga lantai dimana raja Zahard berada, tepatnya di lantai 134.

Baca juga  5 Rekomendasi Anime Comedy Yang Dijamin Bikin Ngakak

Setelah seseorang menjadi Ranker, ia menjadi memilki hak khusus untuk menaiki atau menuruni lantai tanpa harus mengikuti lagi ujian di setiap lantainya. Setelah menjadi Ranker pula seseorang bisa menjadi seorang Test Director dan Test Administrator, dan juga berkesempatan mendapatkan pekerjaan bergengsi lainnya. Dan juga setelah menjadi ranker, orang tersebut menjadi “abadi” dan tidak akan menua, akan tetapi Ranker juga masih bisa mati apabila terbunuh.

Ranker sendiri jumlahnya banyak sekali karena Ranker merupakan mahluk yang “abadi” dan tidak akan menua, karenanya Ranker dari jaman dahulu kala masih hidup hingga sekarang. Karena banyaknya Ranker yang ada, akhirnya muncul pengelompokan Ranker berdasarkan kekuatannya.

Pengelompokan Ranker :

 

Ranker biasa

Ranker biasa adalah Ranker yang berada dibawah tingkatan Advanced Ranker dan biasanya adalah seseorang yang baru menjadi Ranker.

Advanced Ranker

Advanced Ranker adalah Ranker yang berada di 10% teratas total Ranker, Advanced Ranker kini berjumlah kurang lebih sekitar 10.000 orang (termasuk top 1% Ranker).

High Ranker

High Ranker adalah Ranker yang berada di 1% Ranker teratas dari total Ranker. High Ranker merupakan seseorang yang seringkali disebut sebagai dewa diantara para dewa.

Apabila seseorang menjadi High Ranker, ia akan mendapatkan kesempatan menjadi seorang Ruler lantai menara.

High Ranker juga mendapatkan kesempatan untuk menaiki menara lebih tinggi lagi yaitu naik ke lantai 135, akan tetapi hingga saat ini belum ada Ranker yang naik ke lantai tersebut karena berbagai alasan.

Kemunculan seorang High Ranker sendiri merupakan sebuah keajaiban bagi seseorang dengan level regular karena High Ranker hanya akan muncul apabila ada masalah besar atau apabila seseorang yang setara High Ranker menganggu di lantai menara dan membuat Ruler muncul membereskan masalah tersebut.

Baca juga  5 Ninja Terkuat di Anime Naruto yang Menjadi Lemah di Seri Boruto

Pertarungan antara High Ranker sendiri layaknya sebuah bom nuklir yang sedang beradu karena saking dahsyatnya kekuatan High Ranker.

 

10 Keluarga Besar

10 keluarga besar Tower of God

10 keluarga besar adalah sepuluh keluarga dari pemimpin 10 keluarga besar yang dahulu kala menaiki menara bersama raja Zahard. Anggota 10 keluarga besar sendiri adalah anak keturunan 10 pemimpin keluarga besar, jumlah mereka sangat banyak karena 10 pemimpin keluarga memiliki banyak sekali istri dan anak, dan juga anak-anak 10 keluarga pemimpin tentunya telah beranak-pinak lagi.

Seseorang yang merupakan anggota 10 keluarga besar alias keturunan 10 pemimpin keluarga besar biasanya memiliki kemampuan fisik yang lebih tinggi dari regular lainnya dan memiliki kemampuan kontrol shinsu yang lebih baik dari regular lainnya yang berasal dari keluarga biasa, dan juga memiliki kemampuan atau skill khusus yang merupakan bawaan dari 10 pemimpin keluarga besar.

Biasanya seseorang dari 10 Keluarga besar memiliki kekayaan, peralatan bagus, dan mendapatkan lebih banyak respek dibanding regular lainnya serta diperlakukan lebih ramah dari regular lainnya oleh penduduk menara.

Karena berbagai keuntungan yang mereka dapatkan dari menjadi keturunan 10 pemimpin keluarga besar seperti kemampuan fisik, kekayaan, pengaruh, dan hal lainnya seperti yang saya sebutkan di atas, mereka menjadi lebih mudah menaiki menara daripada regular lainnya yang berasal dari keluarga biasa.

Demikian penjelasan singkat saya mengenai istilah-istilah Ranker, Regular, Irregular, Shinsu, dan 10 keluarga besar dalam anime Tower of God.

Semoga bermanfaat, sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Apa itu Regular, Ranker, & Istilah Lainnya Dalam Anime Tower of God 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Anas

   

Hanya seorang manusia yang suka menonton anime, bermain game, menonton youtube, melihat dan terkadang membuat meme, menulis artikel dan masih banyak lagi kegiatan yang tidak terlalu berguna bagi bangsa dan negara.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments