Otaku   

Sket Dance, Anime ‘Gintama’ dalam Setting Modern Anak Sekolahan


Sket Dance, Anime 'Gintama' dalam Setting Modern Anak Sekolahan 1

Kamu yang pernah menonton Gintama tentu paham betul betapa kocaknya anime yang diadaptasi dari manga dengan nama yang sama karya Hideaki Sorachi. Walau memang tiap episodenya menghadirkan kelakuan-kelakuan nyeleneh Gintoki dan kawan-kawan, Gintama tetap mampu menghadirkan aksi pertempuran yang epic, serta drama yang dipastikan bisa membuat dirimu baper.

Namun, pada kesempatan kali ini penulis tidak secara spesifik ingin berbicara soal Gintama, namun sebuah manga ataupun anime berjudul Sket Dance karya Kenta Shinohara, yang dulunya juga merupakan asisten dari Hideaki Sorachi. Anime satu ini tentunya penulis sangat rekomendasikan jika kamu memang suka menonton Gintama. Berikut akan penulis jelaskan secara singkat alasannya.

Secara gamblang, Sket Dance bisa dibilang sebagai Gintama dalam versi modern, spesifiknya memiliki latar cerita anak sekolahan. Premisnya sendiri terbilang cukup sama, dimana terdapat tiga karakter yang menjadi fokus utama, yakni Bossun, Himeko dan Switch. Ketiganya merupakan bagian dari Support Club atau eskul Sket Dan yang senantiasa memberikan bantuan pada murid-murid ataupun guru-guru yang membutuhkan pertolongan.

Sekilas hal ini tentu dengan Odd Jobs yang dilakukan Gintoki dan kawan-kawan di Gintama, dimana mereka menerima pekerjaan apapun selama ada uangnya.

Baca juga  10 Karakter Terkuat Dalam Perang Dunia Ninja Kedua

Sket Dance, Anime 'Gintama' dalam Setting Modern Anak Sekolahan 3
Himeko (Kiri), Bossun (Tengah) & Switch (Kanan)

Bossun atau Fujisaki Yuusuke merupakan ketua dari Sket Dan. Dirinya memang diperlihatkan biasa saja, bahkan sering jadi korban ke-nyelenahan yang terjadi pada episode tersebut, namun ia menjunjung tinggi nilai moral dan tidak pernah menyerah dalam membantu seseorang. Ia juga memiliki jurus unik, yaitu berkonsentrasi penuh dengan menggunakan kacamata google-nya.

Himeko atau Hime Onizuka bisa dibilang tukang pukul di Sket Dan. Memang karateristiknya yang diperlihatkan sangat kuat dan terlihat berandal agaknya tidak cocok berada di Sket Dan. Namun ada alasan tersendiri mengapa ia masuk ke eskul tersebut bersama Bossun. Dari ketiga karakter yang ada, mungkin Himeko adalah yang paling normal.

Switch atau Kazuyoshi Usui merupakan yang terpintar di antara ketiganya. Walau demikian, karakter yang diperlihatkan sangat Otaku ini mungkin yang paling nyeleneh di atara ketiganya. Ia juga memiliki ciri khas berbicara dengan suara buatan melalui laptop atau komputernya karena suatu alasan.

Baca juga  Nonsummerjack, Cosplayer “Gyaru” yang Eksotis dan Manis Seperti Cokelat

Sket Dance memiliki formula yang cukup sama dengan Gintama, dimana cerita yang dihadirkan cenderung berbeda-beda di tiap episodenya. Tiap episode biasanya menceritakan murid-murid bahkan guru yang membutuhkan bantuan kepada Sket Dan. Namun hampir semua permintaan tersebut merupakan permintaan yang bisa dikatakan nyeleneh, atau memang orangnya sendiri yang nyeleneh.

Sket Dance, Anime 'Gintama' dalam Setting Modern Anak Sekolahan 4

Beberapa diantaranya seperti seorang murid dengan gaya Visual Key yang hanya berbicara satu dua kata saja, dimana Sket Dan harus memecahkan maksud permintaannya tersebut, kemudian murid dengan penampilan dan kepercayaan ala Samurai namun bertolak belakang dengan hobinya yang bermain gadget, hingga guru yang sebenarnya merupakan ilmuan jenius, tapi penemuan-penemuannya bisa dikatakan nyeleneh, dan Bossun selalu jadi korban eksperimen yang ia lakukan.

Dan seperti Gintama, walau sebagian besar yang disajikan adalah hal-hal yang kocak, terdapat juga drama-drama yang mungkin bisa membuatmu baper saat menyaksikannya.

Selain formula yang cukup sama, pengisi suara tiga karakter utamanya sendiri juga masing-masing pernah mengisi di Gintama. Hiroyuki Yoshino (Bossun) mengisi suara Hachibei Takaya, Tomokazu Sugita (Switch) yang bahkan mengisi suara Gintoki sendiri, dan Ryoko Shiraishi (Himeko) yang mengisi suara… *tarik nafas*

Baca juga  Daftar Lengkap Hokage Dari Hashirama Hingga Naruto

“Jugem Jugem Shit-Tossing the Life of Shin-Chan’s Two-Day-Old Underwear Balmung Fezalion Isaac Schneider 1/3 True Love 2/3 Hangnail Anxiety Betrayal Knows My Name Or Does It Really Ignore Calls Squid Dogfish Halibut Trout-Cod Dogfish This Is A Different Dogfish, I’m Talking About The Dogfish Shark Kaluga Ray Yuuteimiyaoukimukou pepepepepepepepepepepepe Runny Diarrhea.”Atau monyet peliharaan Kyuubei.

Penulis nggak bohong namanya sepanjang itu.

Yang lebih kocaknya, Gintama dan Sket Dance masing-masing melakukan episode crossover. Gintoki dan kawan-kawan yang nyasar ke Sket Dance merasa kesal karena Sket Dance menggeser jam tayang Gintama. Kemudian Bossun dan kawan-kawan yang mengunjungi Gintama melakukan petualangan singkat yang meniru One Piece dan Toriko.

Sket Dance, Anime 'Gintama' dalam Setting Modern Anak Sekolahan 5

Tentu masih ada banyak hal lainnya yang membuat Sket Dance menjadi sebuah tontonan Anime yang pastinya sangat menarik dan kocak untuk dintonton buat kamu yang butuh hiburan, namun akan terlalu panjang jika menjelaskan semuanya. Jadi penulis himbau buat kalian untuk langsung menonton saja ya jika memang tetarik! Selamat menonton!


Sket Dance, Anime 'Gintama' dalam Setting Modern Anak Sekolahan 6

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Moonlight