Otomotif   

10 Cara Menjaga Performa Motor Matik


10 Cara Menjaga Performa Motor Matik 1

Banyak orang yang masih memiliki anggapan bahwa merawat motor matik lebih sulit dibandingkan motor manual. Jika ada orang yang memiliki anggapan seperti itu, kemungkinannya ada dua: pertama, orang tersebut belum pernah mempunyai motor matik, kedua orang tersebut tidak mau belajar.

Karena sebenarnya merawat dan menjaga performa motor matik tidaklah sulit. Bahkan, kalau kita mau jujur, memiliki motor matik lebih menguntungkan daripada memiliki motor dengan gigi manual.

Salah satu contoh, jika kita tinggal di kota besar dengan trafik lalu lintas yang padat, kita tidak perlu dibingungkan dengan mengoper gigi yang membuat kaki dan tangan (jika motor dilengkapi kopling) harus terus bekerja.

Motor matik juga tidak lagi boros seperti halnya motor-motor matik produk lama. Penggunaan tekhnologti full injection yang telah disematkan di beberapa produk motor matik, membuat beberapa merek pada motor jenis ini bahkan lebih irit dibanding motor manual.

Baca juga  Cara Deteksi Masalah Motor Cukup Lewat Busi

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat motor matik, agar motor matik Anda awet dan performanya senantiasa terjaga:

1. Sebelum motor matik Anda dikendarai, panasi terlebih dahulu mesinnya selama 1 – 5 menit dengan tanpa menarik gas, tapi menarik chuk switch-nya. Saat mesin motor sudah cukup panas, kembalikan lagi posisi chuck ke posisi normal. Memanasi motor akan lebih baik lagi jika menggunakan starter engkol, bukan elektrik starter.

10 Cara Menjaga Performa Motor Matik 3

2. Usahakan saat berjalan kecepatan motor senantiasa stabil. Mengubah kecepatan memang tidak dilarang, tapi jangan terlalu sering. Jangan memacu motor dengan kecepatan tinggi, kemudian mengeremnya dengan mendadak, lantas dipacu lagi dengan menarik penuh gas, dan direm lagi, begitu terus-menerus dengan frekuensi yang tinggi, karena dampaknya akan membuat mesin cepat rusak.

Baca juga  Jika Jarang Dipakai, Motor Justru Cepat Rusak!

3. Lakukan pengecekan terhadap tangki bensin secara rutin. Jangan biarkan posisi jarum penunjuk bahan bakar berada pada posisi E (Empty/Kosong), apalagi sampai melewati batas huruf E pada speedometer.

4. Ganti oli mesin secara rutin setiap 1000 KM, dan ganti oli transmisi motor sebelum mencapai 5000 KM. Sedang untuk oli shockbreaker harus diganti sebelum motor mencapai 10000 KM.

10 Cara Menjaga Performa Motor Matik 4

5. Dua perangkat yang harus selalu dijaga agar performa motor senantiasa stabil dan tidak mogok adalah busi serta accu. Jika busi serta accu tidak lagi berfungsi dengan sempurna, segera ganti dengan yang baru di bengkel-bengkel resmi.

Baca juga  Panduan Sederhana Cara Merawat Motor Dengan Benar

6. Lakukan cek dan control pada ruang transmisi, karena di dalamnya seringkali kemasukan debu dan kotoran. Setiap kali motor mencapai 4000 km,  usahakan untuk membersihkan ruang transmisi.

7. Roler dan ventbelt motor matic juga harus selalu diperhatikan. Jika kondisinya sudah tidak layak pakai, segera ganti dengan yang baru dan orisinil.

8. Untuk motor matik yang masih menggunakan teknologi karburator, lakukan pengecekan dan pembersihan karburator setiap 3 bulan sekali.

9. Bersihkan klep setiap 15.000 km, agar motor tidak mudah mogok, karena setelah menempuh jarak 15.000 km, klep seringkali terganjal oleh kotoran, apalagi jika matik Anda kerap melewati jalanan berdebu.

10. Jika ada spare part yang perlu diganti, gunakan spare part orisinil karena kualitas dan keawetannya lebih terjamin. (*)

10 Cara Menjaga Performa Motor Matik 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments