Otomotif   

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman


5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 1

Jerman adalah sebuah negara industri yang sangat disegani. Kehebatan negara Oliver Kahn dibidang manufaktur memang cukup sulit untuk ditandingi.

Padahal Jerman berkali-kali mengalami kehancuran karena perang. Dua perang terbesar, yakni Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 juga menempatkan Jerman di pihak yang kalah.

Meski begitu, karena keuletan rakyatnya serta jiwa yang selalu ingin tampil terdepan akhirnya membuat negara yang beribukota di Berlin itu bangkit.

Mereka mampu membangun Jerman dari puing-puing dan melanjutkan tradisi khas Prusia maupun Weimar untuk mendominasi percaturan dunia. Walau tidak lagi menonjol di bidang politik dan militer, tetapi Jerman sangat mencolok di bidang industri dan teknologi.

Berbagai inovasi lahir dari tanah Bavaria itu. Khususnya di bidang industri otomotif, bersama Italia dan Amerika Serikat, Jerman selalu mencuri perhatian.

Ada banyak merk mobil terkenal yang ternyata berasal dari Jerman. Mesin kuat dan chasis yang kokoh adalah ciri khas utama mobil-mobil pabrikan Jerman.

Baca juga  8 Tips Merawat Stiker Mobil Supaya Awet

Lantas apa saja merk mobil yang berasal dari Jerman? Berikut adalah 5 diantaranya.

Volkswagen atau VW

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 3

Volkswagen atau mobil rakyat adalah inovasi hebat dari bangsa Jerman. Pada awalnya sangat sedikit orang yang mau membeli VW. Namun akhirnya mobil ini laris manis dan bahkan digemari orang dari luar Jerman.

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, VW mendirikan group industri yang mengerikan. Persekutuan industri itu berhasil mengakuisisi beberapa merk ternama seperti SEAT, Bentley dan bahkan Lamborghini.

 

BMW

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 4

BMW merupakan singkatan dari Bayerische Motoren Werke. Sesuai namanya, markas besar dari BMW adalah Bayern.

Pencipta BMW adalah Frans Joseph Popp. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1916 dan terus mempertahankan eksitensinya hingga kini.

 

Audi / Auto Union

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 5

Audi adalah nama pabrikan mobil asal Jerman yang berdiri pada tanggal 16 Juli 1909di Zwickau. Pendirinya adalah August Horch.

Baca juga  Jika Jarang Dipakai, Motor Justru Cepat Rusak!

Walau bermarkas di Jerman, namun lokasi pabriknya banyak yang berdiri di luar Jerman, yaitu di Brazil, Hungaria, Belgia, China dan terbaru India.

Awalnya August Horch mendirikan perusahaan dengan nama Horch namun ia keluar. ia mendirikan perusahaan lagi tetapi dilarang memakai nama Horch yang padahal adalah namanya sendiri.

Lalu anak dari rekannya secara tiba-tiba menyeletuk nama Audi. Dalam Bahasa Jerman, Horch artinya mendengarkan. Sama persis artinya dengan Audi yang berasal dari bahasa Latin.

August Horch keluar dari Audi karena ia dipercaya untuk menjadi Menteri Transportasi Jerman pada tahun 1920.

Bersama DKW, Horch dan Wanderer, Audi kemudian membentuk Auto Union yang memakai lambang empat cincin. Keempatnya melambangkan 4 perusahaan otomotif tersebut. Pada praktiknya, nama Audi masih tetap mendominasi.

 

DKW

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 6

Damf Kraft Wagen atau biasa disebut dengan nama singkatan DKW adalah merk mobil dan motor yang sempat meramaikan hiruk pikuk kebangkitan industri Jerman.

Baca juga  2 Pabrikan Mobil dengan After Sales Terbaik di Indonesia

Uniknya, pabrikan yang berdiri di Saxony, Jerman bagian timur itu ternyata didirikan oleh seorang non-Jerman. Pendirinya bernama Jurgen Skapte Rasmussen yang merupakan orang Denmark.

Ia mendirikan DKW sebagai sebuah perusahaan otomotif pada tahun 1916. Sempat bercokol dan terkenal, DKW akhirnya mengakhiri eksistensinya setelah pada tahun 1932 bersama Audi, Horch dan Wanderer bergabung dan membentuk perusahaan baru bernama Auto Union.

 

EMW

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 7

EMW atau EISENACHER MOTORENWEK adalah sebuah pabrikan sepeda motor dan mobil yang pernah eksis dari tahun 1945 hingga 1956. Pabrikan otomotif ini sempat berjaya dan bahkan ikut meramaikan kejuaraan Grand Prix.

Namun karena satu dan lain hal, akhirnya EMW tutup usia. Produsen mobil yang berbasis di Jerman Timur diduga mengalami kebangkrutan finansial.

5 Merk Mobil Terkenal Dari Jerman 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments