Cara Mencegah Karat Pada Kendaraan

Karat tidak hanya mempengaruhi tampilan tapi juga performa kendaraan. Karena itu wajib dicegah!2 menit


36
36 upvote
Cara Mencegah Karat Pada Kendaraan 1

Mencegah karat pada kendaraan merupakan bagian yang penting dalam perawatan kendaraan, bukan hanya karena mempengaruhi performancenya saja, tapi juga berpengaruh pada laju kendaraan, juga pada kinerja mesin pada motor dan mobil.

Untuk mencegah karat pada kendaraan, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Sepeda

Cara Mencegah Karat Pada Kendaraan 3

Perangkat sepeda dipenuhi lebih dari 80% peralatan yang terbuat dari besi dan krom. Sehingga pencegahan karat pada sepeda hampir dilakukan secara menyeluruh, utamanya pada bagian rantai dan gir yang memberi pengaruh langsung pada kinerja atau laju sepeda.

Karena itu, lakukan perawatan rutin, bila perlu setiap hari dengan senantiasa membersihkan rantai dan gir menggunakan air, dilanjutkan dengan mengolesi pelumas pada gir dan rantai tersebut. Untuk kerangka sepeda, tidak dibutuhkan pembersih khusus, cukup dengan air hangat serta sabun atau sampo dari jenis apapun.

Baca juga  Mengetahui Cara Kerja Kompresor AC Mobil

Semakin panas air yang digunakan akan semakin baik, dan semakin banyak busa yang keluar dari sabun/sampo juga semakin baik. Dengan perawatan rutin, Anda tidak perlu lagi mencari cara menghilangkan karat padasepeda yang Anda miliki.

2. Sepeda Motor

Cara Mencegah Karat Pada Kendaraan 4

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan sepeda motor adalah tidak menggunakan air penyemprot bertekanan tinggi dan tidak menggunakan sabun cuci atau detergen cuci biasa. Air penyemprot bertekanan tinggi akan berpengaruh negatif terhadap bagian-bagian motor yang sensitive, seperti rantai, bantalan roda, radiator dan alat pendingin.

Baca juga  Jika Jarang Dipakai, Motor Justru Cepat Rusak!

Sedang penggunaan sabun dan detergen secara sembarangan, dapat merusak cat  dan menyebabkan karat pada bingkai logamnya, karena sabun dan detergen biasa pada umumnya mengandung garam.

Untuk membuat rantai senantiasa lancar saat bergerak, bersihkan rantai dengan degreaser atau penghilang minyak guna menyingkirkan sisa oli pada rantai. Setelah itu minyaki kembali rantai dengan pelumas agar rantai tidak seret dan tidak berkarat.

3. Mobil

Cara Mencegah Karat Pada Kendaraan 5

Karat pada mobil biasanya muncul pada frame atau bagian bawah mobil akibat endapan garam, debu, serta kelembaban. Selain itu juga pada bagian body mobil yang tergores atau catnya terkelupas hingga bagian besi.

Baca juga  Kampas Rem Mobil Wajib Diganti Jika Menunjukkan Tanda-tanda Seperti Ini

Karena tidak lagi dilindungi cat, bagian ini akan mudah berkarat. Untuk mencegah timbulnya karat pada mobil, lakukan pencucian secara rutin, utamanya jika mobil terkena air hujan atau melintasi banjir. Selain itu, gunakan pula cairan anti karat untuk mobil yang banyak dijual di pasaran.

Melakukan perawatan secara rutin dan berkala pada kendaraan jauh lebih efektif untuk mencegah munculnya karat pada bagian besi dan krom yang terdapat pada kendaraan. Manfaatnya juga lebih besar, karena selain Anda tidak lagi dibingungkan untuk mencari cara menghilangkan karat, tampilan dan kinerja kendaraanAnda juga akan lebih sempurna. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

36
36 upvote
aguskurniawan

Legend