Kampas Rem Mobil Wajib Diganti Jika Menunjukkan Tanda-tanda Seperti Ini

Perhatikan kondisi kampas mobil Anda, karena mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.


Kondisi kampas rem pada mobil tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara tapi juga pada keamanan, karena tidak sedikit kasus kecelakaan yang disebabkan oleh rem blong. Selain itu, jika kondisi kampas rem mobil dibiarkan dalam keadaan kosong maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain, utamanya Β piringan cakram rem.

Karena itu, sebelum kampas rem mobil benar-benar dalam keadaaan kosong, segera lakukan pergantian. Untuk mengetahui kampas rem yang sudah waktunya diganti, caranya adalah sebagai berikut:

Baca juga  5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil

1. Rem Terasa Bergetar

Rem terasa bergetar saat difungsikan pada kendaraan yang melaju kencang disebabkan karena kampas rem yang mulai terkikis permukaannya sudah tidak rata lagi. Hal ini membuat daya cengkeram dari piringan cakramrem tidak lagi sempurna.

Getaran tersebut akan semakin kuat bahkan dapat terasa hingga pada stir mobil jika kondisi kampas rem dalam keadaan sangat parah.

Baca juga  4 Tips Memilih Ban Kendaraan

2. Mengeluarkan Suara

Segera ganti kampas rem jika Anda mendengar suara disaat melakukan pengereman. Suara tersebut muncul karena kampas rem sudah habis dan hanya menyisakan besinya saja. Sehingga ketika difungsikan, bagian besi dari kampas rem tersebut beradu dan bergesekan dengan piringan cakram rem yang juga terbuat dari besi.

3. Pijakan Rem Terasa Dalam

Cara mudah mendeteksi kampas rem yang sudah saatnya diganti adalah dengan merasakan seberapa dalam saat menginjak rem. Semakin dalam pijakan rem mobil menandakan kalau kampas rem semakin terkikis.

Baca juga  Jika Jarang Dipakai, Motor Justru Cepat Rusak!

4. Dideteksi dari Minyak Rem

Jika minyak rem terlihat turun namun bukan disebabkan karena kebocoran, itu artinya kampas rem terkikis habis dan sudah waktunya untuk diganti.

Itulah tanda-tanda kampas rem mobil sudah saatnya diganti dan harus segera dibawa ke bengkel guna menghindari berbagai risiko buruk utamanya pada saat berkendara. (*)


aguskurniawan

Emperor