Otomotif   

Panduan Sederhana Cara Merawat Motor Dengan Benar


Panduan Sederhana Cara Merawat Motor Dengan Benar 1

Sepeda motor merupakan moda transportasi favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain harganya lebih terjangkau daripada mobil, bentuk sepeda motor memungkinkan untuk melakukan manuver di jalanan ramai ataupun gang-gang sempit padat pemukiman khas kota-kota di Indonesia.

Di samping sebagai sarana transportasi, banyak orang menggantungkan hidupnya dari sepeda motor, antara lain abang ojol dan para kurir.

Ketertarikan warga negara kita pada kendaraan beroda dua itu memang luar biasa. Namun sayang ternyata banyak yang belum memahami cara merawat sepeda motor yang benar agar tetap handal dan berfungsi dengan maksimal.

Jika Anda ingin mengetahui tips-tips perawatan kendaraan roda dua itu, maka silahkan baca artikel ini sampai habis. Boleh sambil makan gorengan atau minum kopi.

 

Bahan Bakar

Pastikan Anda memahami rekomendasi jenis bahan bakar yang disarankan para profesor dan insinyur dari pabrik tempat motor Anda dilahirkan. Kalau memang diwajibkan pakai Pertamax, jangan menggunakan Premium, apalagi solar. Kecuali Anda pingin motor itu berumur pendek.

Baca juga  Cara Mencegah Karat Pada Kendaraan

Satu lagi perkara bahan bakar, jangan sampai telat mengisi bensin hingga menyebabkan motor mati total. Hal sepele macam ini adalah pintu masuk bagi berbagai macam gangguan mesin berikutnya. Sesal kemudian hari tidak akan berguna.

 

Servis Rutin

Servis rutin di bengkel resmi atau workshop bonafid adalah sebuah kewajiban. Seperti manusia, motor juga perlu check-up. Terlebih yang digunakan secara rutin dan terus-menerus.

Servis rutin akan sangat membantu Anda memonitor kondisi motor secara keseluruhan. Tetapi dengan catatan Anda melakukannya di bengkel yang tepat dengan montir yang handal. Karena jika salah penanganan, bukannya beres malah jadi bobrok. Ongkos yang keluar juga boros.

 

Ban Gembos Bikin Boros

Kalimat diatas bukan bercanda tetapi sangat serius. Awalnya hanya kondisi ban yang kurang angin, lalu karena Anda super cuek, dinaikin saja terus menerus. Akibatnya ban menjadi sobek. Lalu terpaksa Anda ganti ban.

Baca juga  5 Manfaat Cuka untuk Membersihkan Mobil

Tidak hanya mengenai umur ban yang menjadi lebih pendek, ban gembos juga akan merembet pada masalah lain seperti ruji dan skok. Bahkan bisa berujung kecelakaan fatal.

Selain itu ban gembos ternyata ikut mempengaruhi kinerja mesin dan menjadi salah satu biang boros bahan bakar. Nah, sekarang sudah tahu kan pentingnya cek angin rutin. Jangan dilupakan ya.

 

Spare Part Asli!

Ini memang dilema dan tidak mudah dilakukan. Spare part sebenarnya adalah sebuah kewajiban dan keharusan bagi Anda yang mementingkan performa sepeda motor.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa untuk beberapa bagian, spare part asli memang sangat mahal. Alhasil banyak riders yang memilih menggunakan seri KW.

Sekarang semua berpaling pada Anda. Silahkan bijak dalam menentukan, mau pakai KW tetapi beresiko atau pakai asli namun sedikit lebih mahal.

Baca juga  4 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berkendara

 

Cuci Motor

Terlebih untuk iklim negara +62 yang cenderung lembab dengan kondisi cuaca yang sering bergonta-ganti suasana : panas lalu tiba-tiba hujan, maka mencuci motor rutin bukan pilihan, melainkan kewajiban.

Debu-debu yang menempel di rantai hanyalah salah satu contoh dari hal yang sepele namun sangat berdampak bagi motor.

 

Gaya Berkendara

Last but not least, adalah gaya para riders dalam berkendara. Perhatikan kapan harus melakukan manuver, jangan memaksakan bergaya sok jadi pebalap Moto GP.

Kurang-kurangi mengerem mendadak. Boros kampas rem juga boros bensin. Tidak perlu ngebut, awas jalan berlubang yang bisa bikin skok hancur dan velg kesayangan penyok.

Itu tips sederhana seputar berkendara sepeda motor. Apa Anda setuju? Semoga bisa membantu Anda dalam meningkatkan performa motor Anda. Ingat, motor adalah teman, sayangi dan rawat dengan sepenuh hat. Cieee.

Panduan Sederhana Cara Merawat Motor Dengan Benar 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments