Sebelum Menyesal, Perhatikan Hal Berikut Saat Beli Mobil Bekas di Situs Online

Membeli mobil bekas secara online memang mudah dan praktis. Namun jika tidak berhati-hati, risiko terburuk bakal mengikuti!


Berburu mobil bekas lewat media online kini semakin banyak dilakukan, sebab, selain lebih fleksibel dan tidak terikat oleh ruang dan waktu, mobil-mobil bekas yang menjadi bahan perburuan kerapkali tidak bisa dijumpai di dealer.

Dibalik kelebihan yang dimiliki media online,  tentunya ada konsekuensi tertentu yang bisa merugikan pembeli dikemudian hari jika tidak berhati-hati saat melakukan transaksi jual-beli di dunia maya. Untuk itu, beberapa hal berikut ini harus dicermati saat melakukan hunting mobil bekas:

Buat Daftar Prioritas

Sebelum memulai perburuan, buatlah terlebih daftar prioritas spesifikasi dari mobil yang Anda cari. Jangan lupa memasukkan BPKB dn STNK sebagai prioritas utama, sebelum beranjak ke jenis mobil, kondisi mobil, tahun pembuatan, dan sebagainya.

Pelajari Rekam Jejak Penjual

Kontak person saja tidak cukup jadi alasan bagi Anda untuk percaya begitu saja kepada penjual. Anda harus juga mempelajari rekam jejak penjual, dan hal tersebut tidak sulit dilakukan karena sejumlah situs komunitas menyediakan rekam jejak para penjual yang bisa diakses oleh calon konsumen.

Rekam jejak tersebut bisa meliputi lamanya keanggotaan dan sudah berapa lama berjualan mobil, testimonial dari para pembeli yang pernah melakukan transaksi dengan penjual tersebut, dan sebagainya.

Perhatikan dengan Teliti Foto Mobil

Foto yang disertakan penjual memang tidak menggambarkan secara persis kondisi asli dari mobil yang dijual. Bahkan tidak sedikit penjual yang sengaja menyembunyikan sisi minus dari barang dagangannya, seperti warna cat yang mulai pudar, goresan pada body mobil, serta yang lainnya.

Karena itu sebaiknya memperhatikan dengan teliti foto mobil yang akan Anda beli, bila perlu meminta kepada penjual untuk menyertakan foto berukuran besar dengan resolusi yang tinggi.

Tentukan Budget dan Pelajari Kondisi Mobil 

Meski kondisi mobil sebagaimana informasi dari penjual sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda harus tetap berasumsi bahwa setelah terjadi proses jual-beli, Anda masih akan mengeluarkan sejumlah uang untuk kebutuhan maintenance karena mobil yang Anda beli bukan mobil baru.

Itu sebabnya, dari budget yang ada, sisakan sebagian untuk kemungkinan perbaikan. Jangan lupa untuk mempelajari dengan seksama mobil yang akan dibeli, mulai dari tahun pembuatan, konsumsi bahan bakar, kondisi mesin, fitur-fitur tambahan, dan sebagainya.

Semakin Anda berhati-hati, memang akan membuat Anda semakin cerewet. Tapi hanya dengan cara itu Anda akan merasa puas dengan mobil bekas yang Anda beli dari situs online. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

Legend

Pilih format
Artikel
Untuk membuat post artikel.
GAG
Gambar, meme atau GIF.