Sejauh Mana Kendaraan Listrik Dunia Berkembang?

Semakin menipisnya cadangan BBM membuat pabrikan otomotif berlomba-lomba menciptakan kendaraan listrik. Lantas sejauhmana perkembangan teknologi Electric Vehicle?1 menit


49
49 upvote
Sejauh Mana Kendaraan Listrik Dunia Berkembang? 1

Perlahan tapi pasti, keberadaan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik terus mengalami perkembangan dan bisa dipastikan kelak akan menggantikan kendaraan konvensional dengan  mesin yang digerakkan BBM. Mengingat BBM sendiri semakin lama akan semakin habis, sementara EV menggunakan energi terbarukan yang tidak pernah ada habisnya.

Selain penggunaan energi terbarukan, nilai plus lainnya yang menjadi kelebihan EV adalah tingkat emisinya yang lebih rendah, torsi maksimum bisa dicapai pada saat awal berjalan, saat meningkatkan akselerasi dan pengereman, serta beberapa kelebihan yang lain.

Baca juga  5 Mobil Paling Irit BBM Yang Harus Kamu Miliki

Namun jarak tempuh dari EV lebih pendek jika tidak dikolaborasikan dengan mesin konvensional, ditambah harga materialnya yang relatif lebih tinggi sehingga harga jualnyapun lebih mahal dibandingkan unit mobil konvensional.

Sejauh Mana Kendaraan Listrik Dunia Berkembang? 3

Persoalan tersebut masih ditambah lagi dengan bobot kendaraan yang lebih berat serta dukungan infrastruktur yang masih minim. Tidak heran, jika di sejumlah Negara yang mendukung peningkatan populasi EV, memberlakukan kebijakan yang mensuport penggunaan EV dengan cara mendirikan fasilitas pengisian listrik, memberi subsidi, dan kebijakan lainnya.

Jenis-jenis Electric Vehicle

Sejauh ini ada 4 jenis EV yang telah diproduksi secara massal meski prosentase produksinya tidak sebanyak kendaraan konvensional. Keempat jenis EV tersebut adalah: pertama, Hybrid Electric Vehicle (HEV), yakni mobil yang memadukan teknologi konvensional dengan motor berpenggerak listrik. Salah satu contoh dari mobil HEV ini adalah Toyota Prius.

Baca juga  5 Tips Menghindari Kecelakaan Mobil

Kedua, BEV, yakni mobil yang menggunakan baterei sebagai sumber untuk menggerakkan motor listrik, dan baterei tersebut dapat discharge dengan menggunakan sumber eksternal. Salah satu mobil yang menggunakan tekhnologi BEV adalah Tesla.

Baca juga  5 Manfaat Cuka untuk Membersihkan Mobil

Sejauh Mana Kendaraan Listrik Dunia Berkembang? 4

Ketiga, PHEV, yakni mobil yang memadukan mesin konvensional dengan tekhnologi HEV. Contoh mobil yang menggunakan tekhnologi ini salah satunya adalah Mitsubishi Outlander PHEV.

Keempat, EREV, yakni mobil yang menggabungkan motor listrik dengan plug-in baterei serta mesin konvensional untuk meningkatkan daya jelajah. Contoh dari mobil bertekhnologi EREV adalah Chevrolete Volt.

Mengingat teknologi terus berkembang termasuk teknologi otomotif, jenis Electric Vehicle yang ada saat ini tidak menutup kemungkinan akan mengalami penyempurnaan ditambah munculnya teknologi kendaraan listrik jenis baru. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

49
49 upvote
aguskurniawan

Legend