Parenting   

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya


5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 1

Ketika lahir maka si buah hati ini akan dilindungi dengan daya tahan tubuh alami yang didapat dari sang ibu. Namun, daya tahan ini tidak bisa bertahan lama dan akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia sang bayi. Karena itu, untuk menghindari sang bayi tidak mudah terserang penyakit menular dan berbahaya, maka bayi perlu mendapatkan imunisasi. Bagi beberapa orang tua mungkin belum tau dan wajib untuk mengetahui pentingnya imunisasi dan berbagai jenis imunisasi apa saja yang wajib diberikan untuk sang bayi. Apa saja ? Yuk simak 5 jenis imunisasi dasar yang wajib untuk bayi.

1. Imunisasi Hepatitis B

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 3

Imunisasi Hepatitis B harus diberikan pada saat usia bayi masih di bawah 12 jam untuk mencegah penularan virus Hepatitis B dari sang ibu ke anaknya. Setelah itu, para orang tua masih tetap perlu untuk memberikan imunisasi Hepatitis B dosis kedua, ketiga, dan keempat dengan jarak waktu 4 minggu dari dosis masing – masing yang sebelumnya sudah diberikan.

Baca juga  Tips Memandikan Bayi Dengan Benar, Gampang Banget loh

2. Imunisasi BGC

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 4

 Jenis Imunisasi BCG ini sangat baik untuk mencegah penyakit tuberkulosis yang bisa menyerang area paru Рparu dan selaput otak pada bayi. Imunisasi BCG ini diberikan sebanyak 1 kali, yaitu pada saat si buah hati berusia 0 Р2 bulan.

3. Imunisasi Polio

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 5

Seperti yang diketahui bahwa Polio adalah penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan bayi dalam keadaan lumpuh dan cacat seumur hidup. Karena itu, memberikan jenis imunisasi polio oral wajib diberikan untuk bayi di bawah usia 1 tahun sebanyak 4 dosis dengan jangka waktu minimal 4 minggu. Kemudian untuk imunisasi polio suntik atau disebut juga sebagai IPV perlu diberikan minimal 1 kali dan biasa diberikan bersama dengan imunisasi polio oral yang ketiga.

Baca juga  5 Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol

4. Imunisasi DPT (Diptheria, Pertusis, dan Tetanus)

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 6

DPT atau yang dikenal Diptheria, Pertusis, dan Tetanus ini merupakan jenis penyakit yang bisa menyebabkan kematian bagi sang anak. Untuk itu, para orang tua harus memberikan imunisasi DPT sebanyak 3 kali sebagai imunisasi dasar dan dilanjutkan dengan memberikan booster sebanyak 2 kali saat si bayi berusia 18 bulan dan 5 tahun. Lalu, para orang tua bisa melanjutkan dengan pemberian booster yang hanya mengandung dosis kecil difteri dan tetanus yaitu Td atau dosis kecil difteri dan pertussis yaitu Tdap pada usia antara 10 sampai 12 tahun dan booster Td diberikan setiap 10 tahun sekali.

5. Imunisasi Campak

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 7

Campak adalah jenis penyakit yang sangat mudah menyerang anak – anak. Efek dari penyakit ini mungkin tidak terlalu parah jika sang anak sudah mendapatkan imunisasi sebelumnya. Tetapi lain cerita kalau sang anak yang belum pernah mendapatkan imunisasi campak maka campak ini bisa menjadi penyakit yang mematikan. Karena itu, para orang tua harus memastikan untuk memberikan imunisasi campak saat bayi berusia 9 bulan. Jenis imunisasi ini bisa diulang sebagai langkah penguatan saat anak berusia 15 bulan dan sebelum anak mulai masuk dalam usia sekolah dasar atau pada usia 5 tahun dalam bentuk vaksin MMR/MR.

Baca juga  5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

Itulah ke Р5  jenis imunisasi dasar yang wajib para orang tua berikan untuk si bayi. Memberikan imunisasi secara lengkap dan tepat waktu sama dengan para orang tua memberikan perlindungan seumur hidup untuk sang buah hato. Jadi, jangan sampai lupa untuk memberikan imunisasi bayi dan selalu perhatikan jadwalnya ya. Semoga bermanfaat !

5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng