Parenting   

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja


5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 1

Dengan adanya virus corona atau covid-19 ini membuat para orang tua harus lebih bekerja ekstra untuk mengerjakan pekerjaan kantor, rumah dan mengajarkan anak di rumah. Namun, terkadang para orang tua bingung kegiatan apa yang bisa dilkakukan bersama anak untuk tetap membuat dia tidak merasa jenuh dan bosan serta tetap melatih perkembangan otaknya saat di rumah.

Selain itu, orang tua juga harus lebih memperhatikan sang buah hati untuk tidak terlalu menghabiskan waktu dengan bermain gadget, menonton televisi dan kegiatan lainnya yang membuat dia untuk malas bergerak. Karena itu, berikut ini ada 5 kegiatan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak yang menyenangkan dan bisa melatih tumbuh kembang si anak. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga  5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

1. Bermain Dengan Aktif

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 3

Coba ajaklah sang anak untuk bermain permainan yang membuat dia untuk bergerak lebih aktif agar melatih motorik serta kemampuan ototnya. Misalnya dengan bermain lempar tangkap bola atau bermain petak umpet. Dengan begitu, sang anak akan lebih enjoy dan nyaman serta tidak mudah merasa jenuh dan bosan saat di rumah.

2. Melakukan Pekerjaan Rumah Yang Sederhana

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 4

Dengan melakukan kegiatan sederhana di rumah dapat membuat si kecil lebih mandiri serta mengerti bagaimana dan apa pekerjaan orang tuanya saat bekerja di rumah. Misalnya ajaklah dia untuk membantu mengocok telur saat masak, menaruh peralatan makan dan minum di rak, atau membantu memasukkan pakaian ke dalam lemari. Dengan melakukan kegiatan sederhana ini secara rutin, maka akan menjadi kebiasaan untuk dia dan bisa menjadi lebih mandiri.

Baca juga  7 Situs Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Merasa Jenuh dan Bosan Ketika #DiRumahAja

3. Mendaur Ulang Barang – barang Bekas Yang Tidak Terpakai

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 5

Dengan mengajak sang anak untuk mendaur ulang barang – barang bekas di rumah yang tidak terpakai lagi seperti kardus, makanan, tas, sepatu dan barang – barang lainnya yang bisa di daur ulang akan melatih kemampuan dia untuk lebih kreatif dan mau berusaha dalam membuat atau melakukan sesuatu sampai selesai.

4. Mengeksplor Hobinya

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 6

Para orang tua juga bisa mengeksplor hobinya dengan memberikan tantangan pada sang buah hati untuk tampil di depan keluarganya dan menunjukkan bakat yang dia miliki. Misalnya seperti bernyanyi, menggambar, mewarnai menari dan hobi lainnya yang dia gemari. Dengan begitu, dia bisa jadi lebih percaya diri untuk tampil di depan banyak orang dan mengetahui hobi dan bakat apa yang dia miliki.

Baca juga  8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

5. Melakukan Olahraga Bersama

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 7

Dan yang terakhir adalah dengan mengajaknya berolahraga di rumah. Para orang tua bisa mengajaknya melakukan olahraga ringan seperti berjemur atau senam untuk setidaknya mengeluarkan keringat yang ada dalam tubuh. Hal ini agar anak tetap selalu terjaga kesehatannya saat dirumah.

Itulah ke – 5 kegiatan yang bisa dilakukan orang tua bersama anaknya saat #DiRumahAja. Dengan begitu, anak tidak akan mudah jenuh dan bosan serta selalu dapat belajar dan melatih kemampuannya walau sedang di rumah. Semoga bermanfaat ya !

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak Saat #DiRumahAja 8

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng