Parenting    , Woman   

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda


5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 1

Menjadi seorang ibu adalah anugerah yang diberikan Tuhan. Lahirnya buah hati tentu membuat para orang tua bahagia. Apalagi bagi pasangan baru. Kehadiran anak adalah hal yang di tunggu-tunggu.

Namun, selain mengurus anak, seorang ibu juga tak lupa akan kewajibannya mengurus rumah. Pekerjaan ini seringkali membuat ibu menjadi stress, apalagi saat melihat anak, banyak ibu yang mengalami babyblouse.

Jika tidak mampu menanganinya hal ini bisa berakibat buruk pada kesehatan mental dan fisik ibu. Apalagi bagi ibu baru yang notabene belum memiliki pengalaman mengurus rumah sambil mengasuh anak.

Agar bisa mengendalikan stress, ikuti 5 tips anti stress mengurus rumah sambil mengasuh anak berikut ini, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan waktu tidur anak untuk bekerja

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 3

Manfaatkan ketika anak tidur pada siang hari untuk melakukan pekerjaan rumah. Anda bisa mulai menanfaatkan waktu tidur anak dengan mencuci piring, mencuci baju, atau kegiatan lainnya yang belum sempat Anda lakukan.

Manfaatkan waktu semaksimal mungkin, sehingga pekerjaan akan cepat terselesaikan.

2. Bersihkan rumah sebisa mungkin

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 4

Lakukanlah kegiatan rumah tangga Anda, yang mungkin bisa Anda lakukan tanpa ada gangguan. Misalnya saat Anda sedang memasak Anda bisa sambil mencuci piring. Atau ketika anak sedang bermain sendiri dengan tenang, Anda bisa sambil membersihkan rumah yang belum sempat dibersihkan.

3. Kerjakan pekerjaan rumah secara bertahap

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 5

Tak perlu mengerjakan pekerjaan rumah dengan maraton tanpa memperhatikan anak Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan mengerjakan secara bertahap. Misalnya berikan jeda 10 sampai 30 menit agar Anda tidak kehilangan energi. Gunakan waktu tersebut untuk bermain dengan anak sambil mengistirahatkan tubuh.

4.Buatlah jadwal kegiatan

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 6

Membuat jadwal kegiatan adalah salah satu cara agar perkerjaan rumah dapat terselesaikan tepat waktu. Selain itu jadwal kegiatan juga dapat Anda gunakan sebagai pengingat jika ada pekerjaan rumah yang belum Anda kerjakan.

Dengan menjadwal kegiatan hal bisa lebih efisien, tertata dan rapih.

5. Ganti kegiatan agar tidak bosan

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 7

Usahakan untuk mengganti kegiatan Anda agar tidak mudah bosan. Anda bisa menggantinya dengan berjalan-jalan bersama anak keliling komplek misalnya. Dengan mengganti jadwal Anda tidak akan mudah jenuh dengan rutinitas yang selalu menjadi agenda keseharian Anda.

5 Tips Agar Tidak Stress Saat Mengurus Rumah Sambil Mengasuh Anak, Bagi Ibu Muda 8

Baca juga  Bukan Salah Mama

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments