5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial

2 menit


39
39 upvote
5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 1

Media sosial sudah menjadi gaya hidup pada saat ini. Tak terkecuali anak-anak. Kehidupan anak masa kini tak terlepas dari media sosial. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui media sosial. Mulai dari menjalin pertemanan, wadah ekspresi dan juga sebagai alat komunikasi.

Tak dipungkiri, saat ini anak-anak sangat akrab dengan media sosial. Media sosial memiliki dua sisi, sisi yang pertama memang banyak memberikan manfaat, namun pada sisi yang kedua ada bahaya mengintai bagi anak-anak yang mungkin bisa merugikan anak-anak.

Oleh karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan saat anak-anak sudah akrab dengan media sosial. Berikut 5 tips yang bisa diterapkan orangtua agar anak aman bermain media sosial.

Baca juga  5 Tips Mengehemat Kuota Internet Kamu Saat WFH, Biar Gak Boros

 

1. Manfaatkan momen saat pertama memberikan smartphone pada anak

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 3

Saat pertama kali Anda memberikan smartphone pada anak, ada baiknya Anda memanfaatkan momen tersebut untuk menerapkan sejumlah aturan menggunakan smartphone yang baik dan benar. Manfaatkan pula momen saat anak pertama kali membuat akun media sosial. Berikanlah perjanjian kecil antara Anda dan anak terkait penggunaan media sosial, untuk mengatur kegiatan mereka di media sosial.

 

2. Beritahu aturan main dunia maya

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 4

Seperti layaknya dunia nyata, dunia maya juga memiliki aturan sendiri. Beritahu kepada anak untuk mentaati sejumlah norma dan aturan saat menggunakan media sosial. Selain itu, berikan pengertian kepada anak agar selalu menghormati orang lain dan berpikir terlebih sebelum melakukan apapun di media sosial. Tekankan kepada anak bahwa segala perbuatan yang dilakukan di media sosial harus dengan tanggungjawab.

Baca juga  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa VPN

 

3. Bangun interaksi di media sosial

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 5

Setelah menjelaskan norma dan aturan berperilaku dimedia sosial, anak-anak harus tau dampak positif dan negatif bermain media sosial. Bangunlah interaksi dengan baik dimedia sosial dengan anak. Orangtua harus berteman dimedia sosial. Dengan begitu, interaksi akan terlihat lebih cair dan tidak formal. Selain itu, dengan berteman dimedia sosial juga bisa memantau kegiatan anak dimedia sosial.

 

4. Dekati kegiatan anak dimedia sosial

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 6

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 7

Bagi pemula dimedia sosial, apalagi anak-anak tentu media sosial adalah tempat untuk menemukan hal-hal baru. Rasa keingintahuan yang tinggi pada anak, akan mendorong mereka menemukan hal baru di media sosial. Biarkan anak mengeksplore media sosial, namun harus dengan pengawasan Anda.

Terkadang pengetahuan anak tentang media sosial juga melebihi pengetahuan orangtuanya. Jika itu terjadi pada Anda mintalah anak untuk mengajarkan anak tentang kegiatan dimedia sosial yang orangtua tidak ketahui. Dengan begitu orangtua akan lebih dekat dengan kegiatan anak dimedia sosial.

 

Baca juga  5 Pemanfaatan Virtual Reality Paling Kreatif di Dunia

5. Jadilah teladan yang baik menggunakan smartphone dan media sosial

5 Tips Anak Aman Bermain Media Sosial 8

Orangtua tentunya menjadi teladan bagi anak-anaknya. Bukan hanya didunia nyata, tetapi juga di dunia maya. Berikanlah contoh yang baik kepada anak terkait penggunaan smartphone dan media sosial. Jika anda menerapkan batasan waktu penggunaan smartphone dan media sosial, maka mereka juga harus mengikutinya.

 


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

39
39 upvote
Asih Kurniaty

Legend