Parenting   

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah


5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 1

Menjadi sosok ayah memang bukanlah hal yang mudah dan penuh tantangan, tetapi peran ayah dalam proses tumbuh kembang si anak sangatlah penting untuk ke depan nantinya. bukan berarti tidak bisa dilakukan dengan baik. Sebagian besar apa yang dilakukan oleh seorang ayah dapat memengaruhi karakter anak di masa depan. Karena itu, sangatlah penting untuk selalu melibatkan sosok ayah dalam mendidik anak kita. Berikut ini ada 5 tips cara mendidik anak dengan peran seorang ayah dalam mendidik.

 

1. Mengerti dan Pahami Bahwa Ayah Juga Berperan Dalam Mendidik Anak

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 3

Mendidik seorang anak seringkali dianggap sebagai tugas dari sosok ibu, padahal sosok ayah juga mempunyai peran penting dalam mendidik si anak. Jangan hanya karena si ibu memiliki waktu yang lebih banyak dengan anak, maka sosok ayah harus melepas tanggung jawab untuk tidak mendidik anak. Karena itu, para ibu bisa membuat alternatif lain seperti membagi tugas dengan ayah untuk mendidik anak. Misalnya saat weekend, si ibu bisa membiarkan ayah untuk memandikan si buah hati. Lalu sesekali biarkan si anak dan ayah menghabiskan waktu berdua saja.

Baca juga  4 Manfaat Buah Pepaya Untuk Anak Balita

 

2. Tegas Tetapi Tetap Menunjukkan Rasa Sayang

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 4

Seorang ayah juga perlu menunjukkan sikap tegas dalam keluarga. Walaupun begitu, bukan berarti ayah tidak boleh menunjukkan rasa kasih sayangnya. Justru dengan perpaduan sikap antara tegas tetapi tetap menunjukkan rasa sayang, maka ayah akan bisa menjadi sosok yang lebih dihormati sebagai kepala keluarga khususnya si buah hati.

 

3. Luangkan Waktu Untuk Anak

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 5

Walaupun memang seorang ayah memiliki kesibukan paling banyak dibanding seorang ibu, tetapi sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk keluarga apalagi untuk si buah hati. Sang ayah bisa mengajak si anak bermain sebentar sebelum berangkat ke kantor atau sekadar melakukan video call di sela – sela jam kerja. Walaupun seperti itu, tetapi dengan melakukan hal itu peran ayah akan lebih dirasakan dan juga bisa lebih memantau pertumbuhan si buah hati.

Baca juga  Hal Yang Perlu Diperhatikan dan Dipertimbangkan Saat Memilih Taman Bermain Untuk Anak

 

4. Menjadi Contoh dan Sosok Yang Baik

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 6

Seorang ayah wajib memiliki contoh dan sosok yang baik untuk anak Рanaknya. Untuk anak laki Рlaki, karakter seorang ayah biasanya akan menjadi sosok yang dia contoh ke depannya. Sementara bagi anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Peran seorang ayah bagi anak perempuan akan mempengaruhi cara pandangnya terhadap laki Рlaki ke depanna. Karena itu, menjadi contoh dan sosok yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh seorang ayah. Selain itu sang ayah juga perlu menunjukkan sikap yang lembut terhadap  sang ibu dan anggota keluarga lainnya agar si buah memiliki panutan bagaimana cara memperlakukan pasangan dan juga orang lain, sehingga dia dapat menjalin hubungan sosial dengan baik.

Baca juga  Menjelang Bulan Puasa, Inilah Tips Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

 

5. Menjadi Pelindung Bagi Keluarga

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 7

Selain memiliki kewajiban untuk memberi contoh yang baik serta memfasilitasi keluarga, seorang ayah juga perlu menjadi pelindung bagi keluarganya. Peran ayah dalam melindungi keluarga bisa dilakukan dengan hal yang simpel dan sederhana, misalnya seperti dengan menggandeng tangan si buah hati saat sedang pergi jalan – jalan. Selain itu tugas dan peran ayah dalam melindungi si anak dengan mengajarkan dia bagaimana caranya melindungi dirinya sendiri agar tetap merasa aman dimana pun dia berada.

Itulah ke Р5  tips cara mendidik anak bagi seorang ayah. Dalam menjalani peran ayah untuk mengasuh dan mendidik anak memang sangat diperlukan, karena itu, untuk para ibu, jangan menyepelekan hal kecil seperti ini ya. Semoga bermanfaat !

5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah 8


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments