Parenting   

Jangan Sampai Salah, Lakukan Hal Ini Saat Anak Ingin Menonton TV


Jangan Sampai Salah, Lakukan Hal Ini Saat Anak Ingin Menonton TV 1

Di jaman teknologi yang sudah semakin canggih saat ini, banyak media hiburan yang siap meghibur para penonton dengan berbagai macam film yang dibuat dengan genre – genre berbeda sesuai dengan selera para penonton, termasuk anak – anak. Jika para orang tua sudah memperbolehkan anak – anaknya untuk menonton acara tv atau film, sebaiknya coba dipertimbangkan kembali. Karena masih ada beberapa acara tv atau film yang masih memiliki unsur kekerasan dan hal negatif lainnya yang tidak baik untuk ditonton oleh anak – anak kita. Tetapi, para orang tua bisa melakukan beberapa cara dibawah ini sebelum mengizinkan anak – anak untuk menonton tv. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga  Penyebab Bayi Gumoh Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya, Para Orang Tua Wajib Baca ya

Pilihlah Tontonan Sesuai Dengan Usia Anak

Jangan Sampai Salah, Lakukan Hal Ini Saat Anak Ingin Menonton TV 3

Sebelum mengizinkan anak – anak untuk menonton, sebaiknya para orang tua mengetahui terlebih dahulu usia anak untuk saat ini. Karena hal ini sangat berpengaruh akan masa depannya nanti dan apa yang akan dia tonton nanti dapat mempengaruhi perilaku sang anak. Jika anak – anak masih berusia balita, para orang tua bisa memberikan tontonan seperti film edukasi yang memang dikhususkan untuk balita. Selain sang anak dapat terhibur, sekaligus dia bisa belajar dari film yang ia tonton.

Selalu Dampingi Sang Anak Ketika Menonton

Jangan Sampai Salah, Lakukan Hal Ini Saat Anak Ingin Menonton TV 4

Walaupun tontonan sang anak sudah sesuai dengan usianya, tetapi para orang tua juga harus selalu mendampinginya saat dia sedang menonton. Hal ini karena ketika sang anak bingung dengan apa yang dia tonton, para orang tua bisa menjelaskannya secara sederahana dan mudah dia pahami agar dia mengerti dengan apa yang ia tonton saat itu. Selain itu, adanya para orang tua disamping anak saat menonton acara tv atau film untuk menghindari adanya tontonan yang belum siap untuk sang buah hati lihat atau konten negatif.

Baca juga  5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan dan Pilih - pilih Makanan

Ajaklah Sang Anak Untuk Berdiskusi

Jangan Sampai Salah, Lakukan Hal Ini Saat Anak Ingin Menonton TV 5

Jika sang anak telah selesa menonton acara tv atau film kesukaannya, para orang tua bisa mengajaknya untuk berdiskusi dengannya. Hal ini agar membantu sang anak untuk memahami apa yang dia nonton tadi, lalu apa yang sang anak rasakan pada saat menontonnya serta kenapa sampai dia bisa merasakan hal tersebut. Dengan begitu, para orang tua juga bisa tahu bahwa hal – hal apa saja yang bisa menarik perhatiannya serta dapat mendidiknya lebih baik lagi kedepannya.

Baca juga  5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua sebelum mengizinkan sang anak untuk menonton acara tv atau film. Dengan begitu sang anak tidak salah dalam mengambil langkah dalam proses pertumbuhannya karena beberapa acara tv atau film yang dapat mempengaruhi dia kedepannya. Semoga bermanfaat ya !

Jangan Sampai Salah, Lakukan Hal Ini Saat Anak Ingin Menonton TV 6


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng