Parenting   

Mau Kasih Pujian Ke Anak Kalian? Ini Tipsnya Biar Sesuai!

ni artikel ogut bikin emang khusus untuk para orang tua baru atau orang tua lama. Maksudnya orang tua lama itu ya orang tua yang udah berusia lanjut dan udah lama2 menit


Mau Kasih Pujian Ke Anak Kalian? Ini Tipsnya Biar Sesuai! 1

Ini artikel ogut bikin emang khusus untuk para orang tua baru atau orang tua lama. Maksudnya orang tua lama itu ya orang tua yang udah berusia lanjut dan udah lama punya anak. Tapi, artikel ini juga bisa dibaca sama siapapun yang berhadapan dengan anak kecil.

Memuji anak kecil itu terkadang agak tricky. Tidak semua orang tua mau dan bisa melakukannya. Ada beberapa orang tua yang malah meremehkan si anak kecil itu atas capaiannya. Padahal, untuk anak seumuran dia, capaian itu udah bagus banget. Orang-orang macam ini nih yang harus diajari caranya menghargai capaian siapapun. Nah, kalau dalam artikel ini ogut mau khusus bahas soal bagaimana kasih pujian ke anak-anak. Nih tipsnya!

Baca juga  Cara Mengatasi Anak yang Suka Iri Hati

Puji Di Waktu yang Tepat

Kalau kalian mau muji si anak, pastikan kalian melakukan itu di momen yang tepat. Momen yang tepat ini artinya kalian harusnya memberikan pujian ketika anak-anak itu mencapai hal baik dalam hidupnya. Kalian harus melihat bagaimana si anak sudah berusaha keras mengerjakan sesuatu dan akhirnya berhasil melakukannya, entah bagaimanapun hasilnya. Karena yang terpenting untuk tumbuh kembang anak itu bukan hasilnya, tapi bagaimana usaha dan kerja keras mereka. Jadi, berikan pujian atas usaha dan kerja keras mereka. Ketika ngasih pujian, jangan yang berlebihan ya. Pastikan berikan pujian yang sesuai dengan perjuangan mereka. Pertama, setidaknya mereka tahu bahwa mereka sudah berani melakukan sesuatu dan yang kedua, mereka jadi tidak gampang puas.

Pakai Suara yang Rendah dan Tatapan Hangat

Ketika kalian mau memuji anak kecil, entah itu anak kalian sendiri atau anak orang lain, misalnya kalian ngajar, pastikan kalian memuji mereka dengan menggunakan suara yang rendah, menenangkan, dan tatapan yang hangat. Dengan memilih nada suara dan cara memuji yang macam itu, anak akan merasa lebih dihargai dan ketika selesai dipuji, mereka akan lebih bersemangat lagi.

Baca juga  Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Jangan Bandingin Sama Anak Laen!

Ini kayaknya masalah banyak orang tua nih. Kayaknya gampang banget gitu membandingkan anak sendiri sama anak lain. Entah orang tua atau guru. Jangan gitulah. Tiap anak itu punya gaya dan jalan mereka tumbuh. Kalau kalian bandingin terus, mereka jadi kurang bersyukur atas apa yang mereka punya. Karena bisa jadi potensi mereka tak sama seperti potensi anak yang sedang kalian jadi objek perbandingan Gedeg banget ogut kalau ketemu orang tua kayak gini. Jangan suka bandingin anak sendiri yak!

Baca juga  Anak Balita Mengamuk? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Selalu Perhatikan Hal Terkecil

Ini adalah hal yang juga sangat penting. Ketika kalian mau memuji anak kalian, pujilah juga hal-hal kecil yang dilakukannya. Apapun itu. Misalnya mereka mau merapikan kamar mereka, mereka mau meletakkan sandal di tempatnya, dan hal kecil lainnya. Tapi pujiannya jangan sampai terlalu berlebihan. Sesuai porsinya saja. Jangan juga gengsi buat muji anak kalian. Jangan muji kalau mereka melakukan hal besar saja. Perhatikan juga hal kecil ya orang-orang tua.

Itulah tips kalau mau memuji anak kecil, entah itu anak kalian atau anak orang lain kalau misalnya kalian adalah pengajar. Intinya, jangan suka bandingin anak kecil sama kalian dan kalian orang dewasa jadi gengsian gak jelas gitu kalau anak-anak berhasil mencapai sesuatu. Mereka punya porsinya sendiri. Jadi, mari dihargai.

Mau Kasih Pujian Ke Anak Kalian? Ini Tipsnya Biar Sesuai! 3

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

Emperor   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.