Parenting   

Pakai Cara Mendidik Ini Biar Anak Mandiri


anak mandiri

Apakah kalian yang pada baca ini calon orang tua baru atau baru menikah dan sedang dalam proses memiliki anak? Jika iya, maka kalian wajib baca artikel ini. Siapa sih yang nggak pengen anak-anak mereka mandiri? Kayaknya semua orang tua pengen anaknya mandiri kan? Nih cara mendidik anak biar mandiri. Ogut kasih!

Mulai Ajari Tanggung Jawab Dari Hal Kecil

Cara pertama yang menurut ogut bisa kalian lakukan adalah membuat anak kalian bertanggung jawab pada hal-hal kecil yang berhubungan langsung dengan mereka. Misalnya, membereskan mainan mereka sendiri setelah selesai bermain. Tentu tidak perlu dipaksa. Di awal orang tua boleh ikut membantu agar anaknya juga tergerak. Selain itu kalian bisa menyuruh anak kalian untuk mencuci tangan mereka sendiri setelah makan, mencuci piring mereka sendiri setelah makan, dan buat seperti sedang bermain. Dengan cara itu mereka akan belajar bertanggung jawab pada diri mereka sendiri.

Baca juga  5 Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Menghisap Jempol

Selain itu, kalian juga bisa membuat anak kalian memilih dan memakai pakaiannya sendiri. Kalian bisa menuntun mereka terlebih dahulu. Misalnya pada percobaan pertama kalian mengambilkan celana, sementara dia harus memilih bajunya sendiri, lalu pada percobaan berikutnya, mereka yang memilih celana, kalian yang memilih baju, dan pada percobaan selanjutnya biarkan mereka memilih bajunya sendiri. Dengan cara ini bukan hanya kemandirian anak yang terlatih, tapi juga hubungan orang tua dan anak jadi lebih baik.

Baca juga  6 Tips Makanan Sehat Disaat Anak Sakit & Susah Makan

Biarkan Mereka Bermain Dengan Anak Lain

Tentu jangan larang anak kalian bermain dengan siapapun. Ketika si anak terus-terus bermain dalam rumah dan sendirian, mereka akan punya kemampuan bersosial yang tidak baik. Jadi, ajak mereka bermain di luar, bertemu dengan teman-temannya, dan kalian cukup mengawasinya dari jauh saja. Tapi jangan biarkan mereka bermain tanpa memikirkan soal waktu. Selalu berikan batas waktu. Ini membuat mereka bertanggung jawab terhadap waktu. Dimana nantinya mereka akan menjadi pribadi yang selalu tepat waktu. Bagus sekali untuk seseorang yang memiliki sifat mandiri.

Baca juga  Hal Yang Perlu Diperhatikan dan Dipertimbangkan Saat Memilih Taman Bermain Untuk Anak

Dua hal itu sebenarnya sudah menjadi kunci untuk membuat anak kalian jadi lebih mandiri. Bicara soal tanggung jawab itu ada banyak lagi bentuk lainnya. Kalian bisa memberikan mereka tugas sederhana, mengajarkan mereka untuk ke toilet sendiri, membuat mereka belajar menentukan pilihan, dan lain sebagainya. Jadi, ogut rasa itu cukup. Lakuin 2 hal itu dan kalian akan memiliki anak yang mandiri.

Pakai Cara Mendidik Ini Biar Anak Mandiri 1

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.