Parenting   

Penyebab Bayi Gumoh Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya, Para Orang Tua Wajib Baca ya


Penyebab Bayi Gumoh Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya, Para Orang Tua Wajib Baca ya 1

Memang menjadi orang tua adalah hal yang sulit dan tentunya butuh kerja keras ekstra untuk melakukan semua demi sang buah hati. Terkadang ada hal yang membuat kita bahagia dan senang melihat anak kita tertawa senyum bahagia, namun kadang juga kita mengalami hal yang mengkhawatirkan, salah satunya seperti bayi kita sering mengalami gumoh.

Gumoh sendiri merupakan gejala keluarnya cairan susu atau makanan yang baru saja ditelan oleh seorang bayi. Gumoh bisa terjadi karena cincin otot di dasar kerongkongan (esophagus) bayi belum begitu berkembang dengan baik, sehingga makanan yang telah dia telan akan sering keluar kembali naik ke kerongkongan. Selain itu, untuk usia bayi yang baru lahir, ukuran lambungnya juga masih sangat kecil, sehingga masih kesulitan dalam menampung asupan susu yang dia konsumsi. Tetapi, hal ini tidak perlu para orang tua khawatirkan karena gumoh sebenarnya bukanlah sebuah penyakit atau hal yang berbahaya dan sangat umum terjadi pada bayi yang baru lahir. Karena itu, para orang tua juga harus selalu memperhatikan gejalanya serta mencari tahu bagaimana cara menangani bayi gumoh agar hal – hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Baca juga  Mau Kasih Pujian Ke Anak Kalian? Ini Tipsnya Biar Sesuai!

Penyebab Bayi Gumoh Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya, Para Orang Tua Wajib Baca ya 3

Penyebab Bayi Gumoh

Penyebab bayi sering gumoh bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena pada saat minum asi terlalu cepat. Jika hal ini terjadi, maka ASI yang masuk ke dalam kerongkongan bayi akan menjadi penuh sehingga bayi bisa akan gumoh. Selain itu, bayi gumoh juga sering dialami oleh bayi yang akan tumbuh gigi. Hal ini karena bayi akan lebih sering memasukkan tangan, mainan atau benda – benda yang dipegangnya ke dalam mulut untuk mengurangi rasa gatal pada gusi yang akan tumbuh gigi. Saat si bayi mulai menggigit benda atau semacamnya maka otomatis dia akan lebih sering menelan ludah sehingga hal ini akan sering membuatnya menjadi gumoh. Terlepas dari itu, bayi yang sering memasukan mainan atau tangan ke mulutnya juga akan memicu reaksi muntah dan itu juga bisa membuatnya gumoh.

Walaupun gumoh sebenarnya adalah hal yang umum terjadi pada bayi, tetapi bisa saja bayi gumoh juga menjadi tanda dari alergi atau gejala sebuah penyakit. Jika si bayi sering mengalami gumoh yang berlebihan setelah mengkonsumsi asi, hal ini bisa menjadi tanda bahwa dia terkena alergi makanan yang sebelumnya dikonsumsi oleh ibunya. Sedangkan jika si bayi mengalami banyak gumoh sejak baru dilahirkan, maka ini menjadi pertanda bahwa sang bayi terkena penyakit yang serius. Bisa saja si bayi mengalami Gastroesophageal Reflux (GERD) atau Stenosis Pilorus.

Baca juga  Yuk Kenali Tahapan Pertumbuhan Kembang Anak Dari Usia 2 - 3 Tahun

Cara Mengatasi Gumoh

Bayi yang sering mengalami gumoh bisa diatasi dengan cara menjaga posisi sang buah hati agar tetap tegak saat minum asi. Dengan begitu, jika dia mengalami gumoh maka air susu tidak mudah naik kembali ke kerongkongan. Atau bisa juga para orang tua mengganjal kepala sang bayi dengan bantal saat meminumkan dia susu yang dimana ini juga membuat posisi kepalanya lebih tinggi dari perut sehingga mengurangi terjadinya gumoh.

Selain itu, para ibu juga harus tau bahwa memberikan asi memang paling bagus jika sering diberikan pada sang bayi, tapi dalam jumlah porsi yang sedikit. Hal ini agar perut sang bayi tidak terlalu penuh dan menyebabkan gumoh. Cara ini bisa para ibu lakukan di rumah agar sang bayi tetap dapat asupan nutrisi asi dengan baik tetapi terhindar juga dari masalah gumoh. Lalu setelah memberikan asi pada sang bayi, para ibu bisa menggendong si buah hati sambil menepuk – nepuk punggungnya guna untuk membantunya bersendawa. Hal ini kenapa harus dilakukan, karena sendawa dapat mengeluarkan udara yang terdapat dalam perut sehingga tidak meembuat susu naik kembali ke kerongkongan. Dan para orang tua perlu ingat bahwa hindari dan jangan biarkan bayi terlalu sering tengkurap setelah mengkonsumsi susu atau makanan, karena hal ini juga dapat mengurangi tekanan pada organ perut dan kerongkongannya.

Baca juga  Anak Susah Makan? Cobalah Lakukan 5 Tips Ini, Agar Anak Mudah Makan

Itulah penyebab dan cara mengatasi bayi gumoh yang perlu para orang tua ketahui. Walaupun bayi gumoh adalah hal yang wajar dan umum terjadi, tetapi para orang tua bisa mencegahnya dengan cara memberikan susu atau makanan dengan benar. Tetapi, jika sang bayi masih saja terus mengalami gumoh, maka sebaiknya segera diperiksan ke dokter untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan. Baca lagi informasi menarik dan artikel lainnya dari saya ya !

Penyebab Bayi Gumoh Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya, Para Orang Tua Wajib Baca ya 4

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Haroro