Parenting   

Tips dan Cara Menjelaskan Pada Anak Mengapa Cuci Tangan Itu Sangat Penting

2 menit


Tips dan Cara Menjelaskan Pada Anak Mengapa Cuci Tangan Itu Sangat Penting 1

Anak – anak pada seusianya memang sudah seharusnya untuk tidak melarang dan membatasi mereka untuk tetap bisa bermain dan mengkesplor banyak hal disekitarnya demi proses tumbuh kembangnya. Karena dengan bermain dan mengkesplor lingkungannya, mereka akan banyak menemukan hal baru dan belajar banyak hal dari apa yang mereka temukan.

Untuk usia dini, seperti memasuki 1 tahun, biasanya sang anak masih terus memasukkan benda atau sesuatu yang dia temukan untuk mengenali benda tersebut. Karena itu, penting bagi semua orang tua untuk selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungannya. Para orang tua juga sudah harus mulai mengenali dan mengajarkan sang anak untuk selalu melakukan kegiatan rutin seperti mencuci tangan demi menjaga kebersihan serta kesehatannya.

Tips dan Cara Menjelaskan Pada Anak Mengapa Cuci Tangan Itu Sangat Penting 3

Mencuci dan mengeringkan tanganya sendiri secara mandiri merupakan salah satu tindakan yang menunjukkan bahwa anak tersebut sudah tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Karena itu, sejak usia dini para orang tua sudah harus membiasakan sang anak untuk melakukan kegiatan rutin tersebut. Terutama untuk saat ini, wabah virus yang masih saja terus ada membuat kita semua khawatir akan kesehatan dan lingkungan kita yang tidak bisa menjamin untuk tidak bisa terjangkit virus covid-19 tersebut.

Baca juga  Membuat Pembersih Tangan Alami

Oleh karena itu, cara pertama yang bisa dilakukan oleh semua orang tua adalah dengan memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak – anak. Jelaskan bagaimana bahwa kuman dan kotoran yang menempel di tangan bisa saja masuk ke dalam mulut tanpa disadari karena malasnya kita untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sehingga kuman dan kotoran tersebut akan menyerang ke dalam tubuh kita dan membuat kita sakit dan harus ke dokter untuk di suntik. Buatlah penjelasan seperti itu yang mudah dan bisa dipahami oleh anak agar dia mengerti dan mau untuk melakukan kegiatan rutin tersebut.

Baca juga  Anak Balita Mengamuk? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Atau bisa saja para orang tua menggunakan cara seperti melakukan percobaan dan perlihatkan pada si kecil. Dengan melihatnya sendiri, dia akan mengerti dan paham bahwa mencuci tangan itu sangat penting untuk kesehatannya sendiri. Misalnya seperti gunakan piring kotor yang terdapat sisa makanan yang menempel, kemudian rendamlah pakai air sabun dan bilas sampai bersih. Kemudian jelaskan kepadanya bahwa piring itu ibarat tangan kita, jika sudah dicuci dengan air dan sabun, maka kotoran dan kuman yang menempel akan hilang dan tubuh kita menjadi lebih bersih dan terjaga dari berbagai macam penyakit.

Tips dan Cara Menjelaskan Pada Anak Mengapa Cuci Tangan Itu Sangat Penting 4

Dan yang terkahir, para orang tua bisa memberikan contoh perilaku bawah mencuci tangan itu harus dijadikan sebagai kegiatan rutinitas yang harus dilakukan setiap harinya. Misalnya dengan membuat kegiatan tersebut menjadi lebih menyenangkan seperti mencuci tangan sambil bernyanyi dengan sang buah hati. Dengan begitu, dia akan lebih semangat untuk melakukan kegiatan tersebut dan perlu juga dijadikan sebagai kebiasaan agar saat anak beranjak dewasa nanti dia akan mengerti dan bisa hidup mandiri dengan baik.

Baca juga  Tips Mengatur Penggunaan Gadget Pada Anak

Itulah beberapa tips dan cara menjelaskan kepada anak bahwa mencuci tangan itu sangat penting dan harus dilakukan sebagai kegiatan rutinitas setiap harinya. Dengan begitu, tubuh akan selalu terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun perlu diingat, menjelaskan dan mengajarkan sang anak juga harus diperlukan kesabaran dan tidak ada unsur pemaksaan agar sang buah hati dapat mudah mengerti dan mau untuk melakukannya. Semoga bermanfaat ya !

Tips dan Cara Menjelaskan Pada Anak Mengapa Cuci Tangan Itu Sangat Penting 5

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng