Parenting   

Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki – Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar


Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar 1

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, salah satu hobi atau kegiatan anak – anak adalah bermain game khususnya untuk anak laki – laki. Namun, jika memang diarahkan dengan baik maka bermain game sebenarnya bisa menjadi salah satu wadah untuk anak bisa lebih berkembang dengan baik dan benar. Salah satu caranya adalah dengan memilih permainan yang mempunyai nilai edukatif tetapi masih bisa terhibur dengan permainan – permainan yang disediakan. Tetapi, dalam memilih permainan yang memiliki nilai edukatif juga tidak boleh asal – asalan. Karena itu, barikut ini ada beberapa tips memilih permainan untuk anak laki – laki agar tidak salah langkah dan tumbuh dengan baik dan benar. Yuk simak di bawah ini.

Tidak Adanya Unsur Kekerasan

Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar 3

Dalam memilih sebuah permainan atau game, sebaiknya para orang tua untuk memperhatikan apakah dalam permainan tersebut ada unsur kekerasannya atau tidak. Memang benar, bahwa permainan untuk anak laki – laki tidak akan jauh dari unsur – unsur kekerasan seperti adanya perkelahian, membully dan lain sebagainya. Karena itu, pilihlah permainan yang tidak ada unsur tersebut seperti bola atau balap mobil.

Baca juga  5 Tips Cara Mendidik Anak Bagi Sosok Ayah

Mempunyai Nilai Edukasi

Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar 4

Perlu diingat dan harus selalu ada nilai edukasi disetiap apa yang anak – anak mainkan atau menemukan sesuatu yang baru. Salah satunya dengan memilih permainan yang masih memiliki nilai edukasi. Jadi, selain bermain, sang anak juga tetap belajar melatih imajinasinya dengan permainan yang ia mainkan. Misalnya para orang tua bisa memilih permainan seperti mengajarkan anak untuk berhitung, menebak nama binatang dan lain sebagainya.

Baca juga  5 Tips Mengelola & Mengajari Anak Yang Posesif

Sesuai Dengan Usianya

Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar 5

Memilih permainan untuk anak laki – laki juga sering diabaikan khususnya untuk usianya. Hal ini sebenarnya juga harus diperhatikan dan sangat penting untuk tumbuh kembang sang anak. Jika anak anda memasuki usia 1 tahun, sebaiknya memberikan dia dengan permainan dengan warna – warni, seperti mewarnai dan menggambar agar dapat merangsang indra penglihatannya dan juga imajinasinya. Hal ini juga akan menarik baginya, karena permainan tersebut memiliki visual dengan warna warni sehingga tidak membuat dia cepat bosan.

Jangan Sampai Membuat Kecanduan

Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar 6

Memang benar adanya bahwa game akan membuat anak terus menghabiskan waktu didepan layar gadget atau kecanduan untuk terus memainkan permainan yang ia senangi. Jika hal ini sudah terjadi maka sang anak akan lebih malas untuk bergerak dan menghabiskan waktu hanya untuk bermain game saja. Kondisi seperti tentunya bukanlah hal yang baik untuk masa tumbuh kembangnya, apalagi saat memasuki usia yang masih harus terus belajar, mengkesplor dan mengenali lingkungannya dengan baik.

Baca juga  5 Makanan Untuk Ibu Hamil Agar Bayinya Lahir Sehat dan Pintar

Karena itu, para orang tua bisa memilih permainan untuk sang anak dengan durasi waktu yang cukup singkat atau dapat menyelesaikan game tersebut dengan cepat. Dengan begitu, para orang tua bisa mengajaknya untuk melakukan kegiatan lain seperti membaca buku, berolahraga atau bermain di luar agar sang anak dapat melatih motorik serta ototnya untuk terus bergerak dan tidak malas – malasan saja di rumah.

Itulah beberapa tips yang bisa para orang tua lakukan saat memilih permainan untuk anak laki – laki agar dia bisa tumbuh kembang dengan baik dan benar. Dengan begitu, dia akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kuat. Semoga bermanfaat ya !

Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar 7

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng